Sunscreens Terbaik untuk Kulit Gelap pada Tahun 2023

Jika melanin melindungi Anda dari sinar matahari, mengapa orang dengan kulit gelap masih membutuhkan tabir surya? Dr. Ife Rodney, seorang dokter kulit bersertifikat dan pemilik Eternal Dermatology di Maryland, menjelaskan ilmu melanin untuk menjelaskan mengapa orang berkulit gelap tidak kebal terhadap masalah kulit terkait sinar matahari.

Melanin adalah “mekanisme pertahanan kulit terhadap sinar ultraviolet yang keras,” kata Rodney. “Ketika kulit terpapar sinar matahari dalam waktu lama, melanosit yang terletak di epidermis meningkatkan produksi melanin. Namun, produksi melanin membutuhkan waktu. Jika Anda terlalu lama berada di bawah sinar matahari, Anda dapat mengalami luka bakar matahari dan kerusakan kulit sebelum melanin sepenuhnya melindungi kulit Anda.”

Dia menambahkan, “Sebenarnya, kita semua memiliki jumlah melanosit yang sama, tetapi produksi melanin lebih cepat pada warna kulit yang lebih gelap. Namun, itu tidak sepenuhnya membebaskan kita. Orang berkulit berwarna masih bisa mengalami luka bakar matahari, hiperpigmentasi, dan bahkan kanker kulit.”

Bahkan, orang dengan kulit gelap bahkan dapat menghadapi tingkat kematian yang lebih tinggi akibat kanker kulit, karena “deteksi dapat terlambat,” menurut Rodney. “Alasan-alasan ini sudah cukup untuk memastikan bahwa semua warna kulit dan jenis kulit menggunakan tabir surya sesering mungkin.”

MEMBACA  Amerika Serikat Melancarkan Serangan pada Target Houthi Lebih Banyak di Yaman.