Semua Fitur Baru yang Akan Hadir di Ponsel Android, Jam Tangan, dan Televisi Tahun Ini

Google’s hari kedua konferensi pengembang I/O berfokus pada pembaruan ekosistem Android-nya. Perusahaan baru-baru ini menggabungkan semua tim hardware-nya—Perangkat Pixel—dengan platform Android-nya, yang mencakup segala hal yang didukung oleh Android (ditambah Chrome OS). Secara alami, pengumuman hari ini menyentuh setiap bagian dari ekosistem tersebut, mulai dari Android 15 hingga Wear OS 5.

Inilah fitur-fitur baru kunci yang perlu diketahui.

Fitur Baru Android Teratas

Ada campuran fitur baru Android yang eksklusif untuk Android 15—versi terbaru dari sistem operasi mobile Google—tapi banyak fitur ini akan dirilis ke perangkat yang sudah ada melalui pembaruan Play Store dan aplikasi tanpa perlu upgrade OS secara langsung. (Akan saya tunjukkan yang mana yang eksklusif Android 15.) Rekan saya, Simon Hill, telah mengumpulkan semua fitur teratas Android 15 dalam cerita ini dengan detail tentang cara mendownload beta, tapi berikut beberapa fitur unggulan.

Ruang Pribadi

Berbagai produsen Android telah lama menawarkan cara untuk mengunci dan menyembunyikan aplikasi tertentu di balik otentikasi biometrik, tapi Google sekarang membangun ini ke dalam Android dengan fitur bernama Ruang Pribadi. Ini adalah fitur khusus Android 15 karena Dave Burke, VP teknik Android Google, mengatakan ada banyak cara bagi informasi aplikasi untuk bocor ke seluruh sistem operasi. Tim harus melakukan “operasi di Android 15” agar ini berfungsi, tapi ini berarti aplikasi-aplikasi ini sekarang benar-benar tersembunyi dan pribadi di seluruh Android.

Ruang Pribadi secara visual terpisah dari aplikasi Anda di laci aplikasi. Anda bahkan bisa menetapkan kata sandi untuk mengakses aplikasi pribadi yang berbeda dengan yang Anda gunakan untuk membuka kunci ponsel Anda. Begitu Anda menambahkan aplikasi ke Ruang Pribadi, pemberitahuan-pemberitahuan nya akan tersembunyi, dan tidak akan dapat diakses bahkan jika seseorang mengorek di pengaturan ponsel Anda. Anda juga bisa menghapus ruang pribadi Anda seketika.

MEMBACA  Kapal Kargo yang Bertabrakan dengan Jembatan Baltimore Terlibat dalam Tabrakan Sebelumnya

Kunci Deteksi Pencurian

Fitur ini bukan spesifik Android 15 dan akan datang nanti tahun ini. Google mengatakan menggunakan “AI Google” untuk mengidentifikasi ketika seseorang mencuri ponsel Anda saat Anda menggunakannya—dan ya, itu tahu perbedaan antara Anda pergi berlari dengan smartphone Anda dan seseorang mencurinya dan pergi berlari, bersepeda, atau berkendara dengannya. Begitu Android mendeteksi pencurian, itu akan memastikan ponsel terkunci untuk mencegah seseorang mengakses aplikasi dan informasi pribadi Anda.

Ini bahkan akan terkunci saat perangkat offline, artinya seseorang yang mencoba mereset pabrik ponsel Anda akan memerlukan kode sandi untuk mengaktifkan kembali perangkat, yang dapat mencegah mereka menjual kembali handset tersebut. Dan ada fitur tambahan bernama “Kunci Jarak Jauh” yang memungkinkan Anda mengunci layar ponsel dari jarak jauh. Jika Anda menambahkan nomor telepon Anda, Anda bisa menelepon ponsel itu di perangkat lain (seperti ponsel teman) dan memasukkan tantangan keamanan untuk mengotentikasi tindakan.

Berbicara tentang perlindungan pencurian, Google mengatakan nanti tahun ini, Google Play Protect akan bisa menggunakan kecerdasan buatan di perangkat untuk mendeteksi aplikasi yang melakukan tindakan penipuan atau phishing. Play Protect sudah melakukannya di cloud, tapi beberapa bagian perangkat lunak jahat bisa menyamarkan aktivitas mereka di sana. Dengan bekerja di perangkat, layanan ini dapat mendeteksi bagaimana aplikasi menggunakan izin sensitif dan mengidentifikasi perilaku mencurigakan—tanpa mengumpulkan data pribadi.

Google Wallet Menjadi Kurang Pembatas

Google Wallet tidak hanya menangani pembayaran. Saat ini, Anda bisa menambahkan kartu loyalitas, keanggotaan gym, kartu transit, tiket konser, dan boarding pass, selain kartu kredit. Namun, pembaruan yang akan datang nanti tahun ini akan segera memungkinkan Anda membuat versi digital dari kartu dengan hanya memotretnya. Unggah gambar ke Google Wallet—pikirkan kartu parkir, kartu perpustakaan, kartu asuransi otomatis—and Google akan membuat versi digital untuk akses cepat. Sekarang apakah versi digital ini akan diterima adalah masalah yang berbeda.

MEMBACA  Jerman Menahan Tiga Orang yang Dicurigai Spionase untuk Cina | Berita Spionase

Google Teases Headset Realitas Campuran yang Akan Datang

Anda mungkin tidak ingat ini, tapi Samsung dan Google sedang bekerja sama dalam membuat headset realitas campuran dengan Qualcomm. Kemitraan ini diumumkan tahun lalu bersama dengan harapan bahwa akan debut pada akhir 2024. Google mengkonfirmasi kepada saya bahwa tidak ada yang bisa dibagikan di I/O tentang pengembangan headset tersebut, tapi perusahaan memperkenalkan pengalaman realitas tambahan dengan Google Maps yang mungkin bisa Anda alami di perangkat saat tiba.

Di Google Maps, Anda segera bisa mengakses konten AR saat mencari lokasi spesifik. Ketuk tombol “Pengalaman AR” dan arahkan ponsel Anda untuk melihat konten tambahan muncul di atas dunia nyata. Ini bahkan berfungsi dari jarak jauh melalui Street View, jadi Anda tidak perlu pergi separuh dunia untuk mencobanya.