Sebuah Macintosh Mini berukuran seperti kepalan tangan yang Menggemaskan sekaligus Biasa

Biasanya, saya tidak peduli dengan tampilan mini PC saya. Mengapa harus peduli? Itu hanya kotak yang saya tempelkan di sebelah monitor untuk kebutuhan komputasi saat bepergian. Ia tidak membutuhkan semua lampu berkedip dan LED dari rig gaming ultimate, ia hanya perlu berfungsi. Setidaknya, begitulah yang saya awalnya rasakan tentang NUC rata-rata. Kemudian saya membuka kotak Mini PC AM01 dari Ayaneo untuk pertama kalinya, dan saya tidak bisa tidak bertanya-tanya mengapa saya berpikir produsen lain bisa lolos dengan desain yang sama lama seperti ini.

Praktis: Lenovo Legion GoDari gambar-gambar saja, Anda sudah bisa melihat bahwa AM01 terlihat seperti Macintosh tua. Tidak, tidak ada layar bawaan (saya membayangkan modder sudah sangat ingin memasangkannya), tetapi selain dari kumpulan port USB dan HDMI yang biasa Anda temui di NUC rata-rata, kotak ini juga dilengkapi dengan sejumlah stiker untuk mempersonalisasi mini PC kecil yang tampak seperti Macintosh palsu di atas meja Anda. Lambang pelangi kecil ini magnetik dan Anda bisa menukarnya dengan ikon lain yang ada dalam kotak.

AM01 dari Ayaneo memang menarik, tetapi juga mampu berjalan dengan baik dalam hal spesifikasi dasarnya (asalkan Anda memilih PC dengan kapasitas memori 16GB atau lebih dan CPU kelas atas). Ini cukup ringan dan mudah dibawa dalam ransel atau koper, asalkan Anda tahu ada tata letak monitor, keyboard, dan mouse yang menunggu Anda begitu tiba di tempat tujuan. Ini bukan model terkecil atau terbesar di pasaran. Ini bukan yang memiliki spesifikasi terbaik, juga bukan yang termahal. Tetapi menurut saya, ini adalah versi NUC yang paling lucu yang pernah saya lihat.

Saya belum menguji Mini PC secara menyeluruh, tetapi dengan Indiegogo untuk AM01 yang akan berakhir, saya ingin membagikan beberapa pemikiran saya setelah menggunakan perangkat ini saat liburan. Saya menghubungkannya ke monitor, keyboard, dan mouse acak yang saya temukan di kantor ayah saya dan merasa seperti di rumah, meskipun Anda tidak boleh mengharapkan kinerja yang mulus seperti laptop kerja khusus atau kekuatan video dari PC gaming lengkap—atau bahkan konsol genggam.

MEMBACA  Coca-Cola İçecek Turki mendapatkan empat pinjaman yang berfokus pada keberlanjutan

Desain dan Spesifikasi Ayaneo Mini PC AM01Desain Retro adalah Kelebihan Terbesar Mini PCIni dilengkapi dengan berbagai stiker untuk mempersonalisasi layar plastik hitam palsu di bagian depan NUC bersama dengan penyangga untuk SSD 2,5 inci.Foto: Kyle Barr / GizmodoBiasanya, saya tidak tersenyum melihat perangkat teknologi yang ada di meja saya, tetapi entah mengapa, saya tidak bisa menahan diri ketika melihat bataan plastik berwarna coklat yang merupakan Ayaneo Mini PC AM01. Saya harus bertanya: mengapa? Perangkat ini menyerupai Macintosh tahun 1984, meskipun jika Anda melihat keduanya sebelah-menyebelah, mereka tidak memiliki siluet yang sama. Ia memiliki layar plastik palsu berwarna hitam dan ikon pelangi yang melekat dengan magnet yang mengingatkan pada perangkat keras Apple awal. Saya lahir satu dekade setelah Steve Jobs dan perusahaannya pertama kali memasarkan Macintosh 128K. Namun, setiap kali saya melihatnya, saya tidak bisa tidak berpikir “sial, itu adalah PC kecil yang lucu.” Saya terus memanggilnya “Little Mac” dan saya tidak akan berhenti melakukannya dalam waktu dekat.

Bataan berukuran 5×5 inci ini memiliki tinggi sedikit lebih dari 2 inci, yang berarti ia membutuhkan ruang yang cukup dalam tas saya. Ia juga memiliki berat sedikit lebih dari 1 pon, jadi tidak terlalu merepotkan jika Anda mengabaikan bagaimana Anda harus membawa kabel daya atau aksesori lainnya. Ini hampir standar untuk desain seperti ini, dan sejauh yang bisa saya katakan, kualitas bangunannya cukup bagus. Saya juga menghargai bagaimana sebagian besar port terletak di satu sisi kotak. Ada input HDMI 2.0, DisplayPort 1.4, tiga USB-A 3.2 Gen2, dan satu USB-A 2.0. Ada juga port ethernet biasa dan konektor daya, ditambah dengan port USB-C (hanya untuk transfer data) dan jack headphone 3,5mm yang terletak di ujung lainnya. Jika Anda ingin Mini PC Anda terlihat seperti Macintosh yang sebenarnya berdiri secara vertikal, Anda akan kehilangan konektivitas headphone kabel.

MEMBACA  Trailer Baru Apokaliptik Fallout Membawa Keanehan Tanah Tua yang Retro

Bagian bawah perangkat ini adalah tempat masuk kipas, dan udara panas keluar dari lubang di sebelah kanan. Kipasnya bisa berputar cukup keras, terutama jika Anda memutuskan untuk menjalankan permainan Steam atau perangkat lunak yang intensif lainnya. Saya tidak memiliki banyak masalah dengan desingan kipas, tetapi suaranya bisa mengganggu beberapa orang jika Anda meletakkannya langsung di depan monitor. Jika Anda ingin mengubah kipas, Anda harus masuk ke BIOS dan mengatur kontrol kipas secara manual. Akan lebih baik jika beberapa pengaturan perangkat keras lainnya juga bisa dikontrol melalui AYASpace. Saya tidak pernah merasa perangkat ini terlalu panas untuk ditangani bahkan setelah menjalankan beberapa tes benchmark secara berurutan.

Ada bagian dari saya yang berharap slot disk palsu di bagian depan AM01 dapat menerima kartu SD sebagai penghormatan kepada era media fisik yang dulu, tetapi kita hanya bisa berharap begitu banyak dari PC berukuran lima inci. Misalnya, Mac Mini yang ditenagai M2 memiliki lebar dan panjang sekitar 2 inci lebih besar, meskipun lebih pendek. Versi Ayaneo juga lebih ringan sekitar 1 pon dibandingkan mini PC Apple yang bertenaga tinggi. Anda bisa menemukan NUC lain yang sedikit lebih kecil dari Ayaneo, tetapi tidak ada yang memiliki daya tarik yang sama seperti “Little Mac” ini.

Performa Ayaneo Mini PC AM01Daya Cukup untuk Tugas Dasar, dengan Opsi PeningkatanIni adalah NUC. Itu saja yang perlu Anda tahu.Foto: Kyle Barr / GizmodoKetika Anda pertama kali menghidupkan AM01, Anda akan dibawa ke antarmuka AYASpace Ayaneo. Ini tidak lebih dari sekadar cara untuk dengan cepat mengakses permainan dan beberapa pengaturan perangkat. Anda tidak perlu menggunakannya saat startup, dan setelah pembaruan awal, cukup mudah untuk mematikannya sehingga Anda hanya memiliki PC yang menjalankan Windows 11 Home, setidaknya bagi mereka yang memilih versi standar daripada sistem kosong. Wallpaper Windows defaultnya mengingatkan pada desktop asli Apple, dan saya cukup suka sehingga saya bahkan tidak repot-repot menggantinya.

MEMBACA  25 produk paling populer yang dibeli oleh pembaca ZDNET bulan lalu

Juga penting untuk dicatat apa yang Anda dapatkan dengan spesifikasi yang berbeda. Saya mendapatkan AM01 yang dilengkapi dengan AMD Ryzen 7 5700U, SSD 1 TB, dan RAM 32 GB, yang mendukung WiFi 6 dan Bluetooth 5.2. Versi yang kurang bertenaga yang menggunakan Ryzen 3 3200U hanya mendukung hingga WiFi 5 dan Bluetooth 4.2. Bagaimanapun juga, Mini PC ini seharusnya mendukung monitor dengan refresh rate 60Hz pada resolusi 4K.

Jika Anda pernah memiliki pengalaman dengan CPU mobile AMD, maka Anda akan mendapatkan impresi yang sangat baik tentang performa yang akan Anda dapatkan dari AM01. Ayaneo Mini PC dilengkapi dengan AMD Ryzen 3 3200U atau Ryzen 7 5700U, dengan pilihan RAM 8, 16 GB, dan 32 GB pada edisi yang lebih mahal.

Setelah menjalankan beberapa benchmark, jelas bahwa Mini PC ini cukup mampu untuk ukurannya dan harganya, tetapi tidak ada yang istimewa. Ryzen 7 5700U adalah prosesor 8 inti dan 16 thread dengan frekuensi maksimum 4.3Ghz. Ini mendukung grafis terintegrasi Vega 8, yang secara keseluruhan cukup baik untuk tugas komputer sehari-hari. Ia mencetak skor cukup baik dalam Cinebench untuk rendering grafis, tetapi Anda tidak akan dapat melakukan rendering video berat yang sebenarnya dengan AM01.

Untuk bermain game, AM01 sudah cukup untuk emulasi atau beberapa game mainstream. Ia dapat mengatasi game indie seperti Hades tanpa masalah, tetapi game 3D akan kesulitan berjalan pada resolusi dan refresh rate yang lebih tinggi. Saya harus bekerja keras untuk menjalankan Halo: Infinite pada 30 FPS dengan monitor 27 inci 60 Hz, tetapi masih ada penurunan performa terutama di arena yang lebih besar. Cyberpunk: 2077 tidak dapat mencapai lebih dari 20 FPS pada pengaturan rendah atau pengaturan “Steam Deck” yang dioptimalkan untuk perangkat mobile. Anda akan kesulitan memainkan beberapa game multiplayer populer seperti The Finals pada pengaturan terendah dan bahkan beberapa game seperti Fortnite