Salah satu smartwatch yang paling tahan lama yang pernah saya uji seharusnya tidak seharga ini

Oukitel BT20 adalah jam tangan yang besar, besar.

Jack Wallen/ZDNET

Hal-hal penting dari ZDNET
Oukitel BT20 sudah tersedia sekarang di Amazon dengan harga $49.99.
Daya tahan baterai luar biasa dan berbagai data yang akurat seperti jam tangan yang jauh lebih mahal.
Jam tangan ini besar, fitur wake on raise-nya agak kurang responsif, dan tampilannya tidak seinteraktif jam tangan lainnya.


Jam tangan pilihan saya adalah Pixel Watch 2. Menurut saya, jam tangan ini adalah perpaduan terbaik antara bentuk dan fungsi, dengan semua fitur yang saya butuhkan dan antarmuka pengguna yang elegan dan efisien. Tapi ada satu masalah yang saya temui dengan smartwatch dari Google ini – daya tahan baterai. Sebagai adilnya, masalah daya tahan baterai juga dialami oleh kebanyakan smartwatch. Saya hanya bisa menggunakan jam tangan ini selama 24 jam sebelum harus mengisi ulang baterainya. Pada hari-hari ketika saya melakukan lari jarak jauh, daya tahan baterai ini menjadi lebih pendek.

Mengingat ini adalah hal yang umum, kita terima saja.

Hingga pada saat kami menemukan jam tangan dengan daya tahan baterai yang luar biasa.

Berkenalanlah dengan Oukitel BT20. Ketika saya menerima jam tangan ini, saya mengisi baterainya sepenuhnya tetapi harus menaruhnya di samping karena saya sedang sibuk menguji perangkat lain. Ketika tiba waktunya untuk mulai menguji jam tangan seharga $49.99 ini (terima kasih kepada diskon 29% di Amazon sekarang), saya mengisi ulang baterainya dan mulai menggunakannya. Saya memakai BT20 di pergelangan tangan kanan dengan Pixel Watch 2 di pergelangan tangan kiri. Saya ingin membandingkan pemantau detak jantung dan langkah pada kedua perangkat tersebut.

Lihat di Amazon

Yang paling mengejutkan bagi saya adalah baterai BT20 yang terus bertahan dan bertahan. Setelah seminggu menggunakan jam tangan ini, tingkat baterainya masih sekitar 75%.

MEMBACA  Super Micro Computer Melonjak Hari Ini -- Apakah Sudah Terlambat untuk Membeli Saham Pertumbuhan Kecerdasan Buatan (AI) yang Sangat Populer?

Anda membacanya dengan benar: 75% setelah seminggu pemakaian. Oukitel mengklaim bahwa jam tangan ini dapat bertahan selama 15 hari (standby), 10 hari (penggunaan sehari-hari), dan 7 hari (penggunaan berat) sebelum harus diisi ulang. Saya yakin angka-angka tersebut akurat.

Juga: Jam tangan pintar Android terbaik yang dapat Anda beli, menurut pengujian kami

Sebelum saya memberikan pengalaman saya dengan jam tangan ini, izinkan saya menyebutkan spesifikasinya.

Spesifikasi

Sertifikasi U.S.MIL-STD
1 ATM & IP69K Tahan Air
Layar AMOLED 1,96″ tahan ledakan dan jatuh, dengan resolusi 410×502
Asisten Suara AI/Panggilan Bluetooth HIFI
Monitor kesehatan 24 jam
Ratusan mode olahraga
Pengisian magnetik 2 Pin dengan baterai kobalt murni 350mAh
Bluetooth 5.2
Dimensi – 12,3mm x 50mm x 265mm

Pengalaman saya

Ini adalah kesan pertama saya tentang BT20: Jam tangan ini besar. Pahami, saya termasuk orang yang kecil, jadi jam tangan ini terlihat dan terasa sangat besar di pergelangan tangan saya. Jam tangan ini juga jauh lebih berat daripada Pixel Watch 2 saya, sehingga saya selalu merasakannya di pergelangan tangan saya. Terkadang, rasanya bahkan tidak nyaman. Hal ini sangat bersifat pribadi karena saya tidak terbiasa memakai apa pun di pergelangan tangan. Mengingat seberapa banyak saya mengetik setiap hari, jika sebuah jam tangan terasa, itu bisa membuat terganggu. Tapi itu tidak berarti itu akan mengganggu semua orang. Jika Anda terbiasa memakai jam tangan yang lebih berat atau perhiasan yang besar, Anda tidak akan memiliki masalah dengan jam tangan ini.

BT20 terlihat sangat besar di pergelangan tangan kecil saya.

Jack Wallen/ZDNET

Masalah berikutnya yang saya temui adalah antarmuka utama BT20 yang tidak seinteraktif seperti yang saya biasa. Dengan Pixel Watch 2 saya, saya bisa mengetuk gelembung detak jantung dan secara otomatis diarahkan ke aplikasi detak jantung. Dengan BT20, tampilannya tidak menawarkan tingkat interaksi seperti itu. Untuk mengakses berbagai aplikasi, Anda harus menggeser-geser layar. Gerakan geser tersebut adalah:

MEMBACA  Ledakan mematikan di pasar di kota yang dianeksasi Rusia, kata pejabat setempat.

Kanan – aplikasi favorit
Kiri – data kesehatan
Bawah – tampilan pemberitahuan (mirip dengan Android)
Atas – pesan

Juga: Jam tangan pengukur tekanan darah terbaik yang dapat Anda beli, menurut penelitian medis

Setelah Anda terbiasa menggeser-geser layar, semuanya baik-baik saja, tetapi saya lebih suka metode Google dalam interaksi jam tangan.

Kritik terakhir yang akan saya sampaikan adalah bahwa fitur pengaktifan dengan mengangkat tangan sepertinya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Meskipun fitur ini diaktifkan (dan diatur ke waktu maksimum), apa yang diperlukan untuk mengaktifkannya dengan gerakan tampaknya agak acak. Kadang-kadang jam tangan akan menyala dengan gerakan yang sangat kecil, dan kadang-kadang terasa seperti Anda harus mengalami gempa bumi agar jam tangan terbangun dengan gerakan.

Keluar dengan hal yang buruk dan masuk dengan hal yang baik.

Sekali lagi – daya tahan baterai. Baterai pada jam tangan ini benar-benar mengesankan. Salah satu cara mereka menghasilkan daya tahan baterai yang luar biasa adalah dengan pengaturan default yang membatasi waktu tampilan aktif. Secara default, waktu tampilan aktif diatur selama 5 detik, yang mungkin sudah cukup lama untuk kebanyakan orang. Tetapi jika Anda ingin melihat jam tangan lebih lama dari itu, perlu diketahui bahwa daya tahan baterainya tidak akan sebaik itu.

Juga: Smartwatch hibrida favorit saya semakin cerdas, dan daya tahannya masih luar biasa

Berbicara tentang tampilan, melalui aplikasi FitCloudPro, ada ratusan tampilan jam tangan yang dapat dipilih. Awalnya, saya mencoba tanpa aplikasi tersebut (karena saya tidak terlalu suka menginstal aplikasi untuk setiap hal yang saya gunakan), tetapi akhirnya saya menyerah. Aplikasi FitCloudPro ini cukup bagus. Saya berani mengatakan bahwa Google bisa belajar banyak tentang cara membuat aplikasi jam tangan di sini.

MEMBACA  Halaman Tidak Ditemukan | WIRED

Aplikasi FitCloudPro sangat mudah digunakan dan menawarkan banyak data.

Tangkapan layar oleh Jack Wallen/ZDNET

Dari aplikasi tersebut, Anda dapat menyesuaikan pengaturan (beberapa di antaranya tidak tersedia melalui aplikasi Pengaturan di jam tangan), dan menggunakan berbagai sensor pada jam tangan untuk memeriksa tekanan darah dan tingkat oksigen darah, serta mengatur pengingat aktivitas/minum, mengatur pemantau kesehatan otomatis, dan lainnya.

Aplikasi FitCloudPro sebaiknya dianggap wajib jika Anda berencana untuk mendapatkan yang terbaik dari jam tangan BT20.

Sejauh keakuratan, saya memakai BT20 dan Pixel Watch 2 saya dan menemukan bahwa keduanya memberikan informasi yang hampir identik. Detak jantung, langkah, dan data olahraga lainnya semuanya serupa. Satu-satunya hal yang tidak saya uji adalah informasi tidur karena BT20 terlalu besar untuk saya kenakan saat tidur. Saya mencoba tetapi harus melepas jam tangan karena tidak nyaman saat dikenakan di pergelangan tangan saat tidur.

Saran pembelian ZDNET

Pada akhirnya, saya sangat terkejut dengan seberapa bagusnya jam tangan yang harganya di bawah $50 ini. Jika Anda memiliki anggaran terbatas tetapi ingin menikmati manfaat dari smartwatch, Oukitel BT20 adalah pilihan yang tepat. Selain Pixel Watch saya (baik yang seri 1 maupun 2), saya tidak bisa memikirkan smartwatch lain yang membuat saya lebih terkesan daripada ini.