Microsoft sedang mengembangkan pemperbesar resolusi serupa DLSS miliknya untuk Windows 11.

Microsoft Tengah Menyiapkan Fitur Peningkatan Kualitas AI Seperti DLSS untuk Game PC

Microsoft dikabarkan sedang mempersiapkan fitur peningkatan kualitas AI, mirip dengan DLSS, untuk game PC. Pengguna bernama PhantomOcean3 menemukan fitur ini dalam versi uji coba terbaru Windows 11 pada akhir pekan lalu, dan Microsoft menggambarkan resolusi super otomatis ini sebagai cara untuk “menggunakan AI agar game yang didukung dapat dimainkan dengan lebih lancar dan detail yang lebih baik.”

Hal ini sangat mirip dengan teknologi Nvidia Deep Learning Super Sampling (DLSS), yang menggunakan AI untuk meningkatkan resolusi dan meningkatkan frame rate serta kualitas gambar. AMD dan Intel juga menawarkan varian mereka sendiri, dengan FSR dan XeSS yang semakin populer dalam perilisan game PC terbaru.

Microsoft belum secara resmi mengumumkan fitur peningkatan kualitas AI baru ini, sehingga belum jelas bagaimana cara kerjanya atau apakah membutuhkan perangkat keras tertentu. DLSS Nvidia menggunakan tensor cores yang terdapat pada seri kartu grafis RTX mereka, sementara FSR AMD dan XeSS Intel masing-masing didukung oleh perangkat keras GPU mereka.

Selain itu, Microsoft juga sedang mengembangkan fitur pengelolaan warna yang lebih baik untuk Windows 11, yang akan sangat berguna untuk monitor OLED terbaru yang menggunakan HDR. Windows telah kekurangan sistem pengelolaan warna tingkat OS yang baik selama bertahun-tahun, sehingga para pemain game PC harus menambahkan profil warna kustom dalam kotak dialog yang terlihat seperti berasal dari Windows 95.

Dengan perubahan yang akan datang, pengelolaan warna akan terintegrasi ke dalam area pengaturan tampilan utama Windows 11, memungkinkan pengguna PC untuk mengatur profil warna untuk sRGB dan DCI-P3. Ada juga fitur baru yang akan secara otomatis mengontrol berbagai profil warna tersebut.

MEMBACA  Honor Magic V2: Salah Satu Foldable yang Paling Menggugah Hati yang Pernah Saya Gunakan

“Manajemen warna otomatis memastikan aplikasi dan konten lain memiliki warna yang akurat pada tampilan ini,” kata Microsoft tentang fitur pengelolaan warna ini. Belum jelas apakah ini akan memungkinkan pengguna Windows 11 dengan mudah mengubah kurva gamma. Semoga ini berarti Microsoft lebih berinvestasi dalam dukungan HDR di Windows, yang dapat menghasilkan pengalaman desktop yang pucat jika diaktifkan secara sistemik.