Membayar Langganan Aplikasi yang Tidak Digunakan Lagi? Batalkan dengan Cepat dan Mudah

Jika Anda mencoba mengurangi beberapa biaya untuk mengimbangi pengeluaran liburan, Anda dapat memulainya dengan berbagai langganan yang mungkin Anda miliki. Misalnya, jika Anda membayar langganan aplikasi streaming seperti Amazon Prime, Netflix, Spotify, Hulu, dan Disney Plus, atau hal-hal yang lebih praktis seperti AppleCare, saatnya untuk melacak hal-hal yang Anda gunakan secara aktif.

Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara menemukan semua layanan bulanan yang Anda bayar di perangkat seluler Anda, baik melalui Apple Store di iPhone Anda atau melalui Google Play di Android, dan bagaimana membatalkan yang tidak Anda inginkan lagi.

Cerita ini adalah bagian dari 12 Hari Tips, membantu Anda memaksimalkan teknologi, rumah, dan kesehatan Anda selama musim liburan.

Jika Anda ingin menghemat uang dengan cara lain, lihat 10 cara menghemat biaya langganan streaming dan cara menghemat biaya streaming TV dengan trik sederhana ini.

Temukan dan batalkan langganan Anda di iPhone Anda

Anda dapat menemukan semua langganan bulanan Anda dari Apple Store di beberapa tempat di iPhone Anda, tetapi yang paling mudah adalah melalui pengaturan Anda. Untuk melakukannya, buka aplikasi Pengaturan, ketuk nama Anda di atas dan kemudian ketuk Langganan di bagian pertama. Di sini Anda akan melihat daftar semua langganan aktif (dan tidak aktif) yang Anda daftar dari aplikasi yang Anda unduh dari App Store.

Anda juga dapat menemukan langganan Anda di aplikasi App Store.

Di bawah Aktif, Anda akan melihat semua langganan yang sedang Anda bayar saat ini, dengan informasi berikut: nama aplikasi atau layanan, deskripsi singkat, tanggal tagihan berikutnya, dan biaya. Untuk membatalkan langganan aktif, ketuk langganan tersebut, tekan tombol Batalkan Langganan merah di bagian bawah halaman, lalu ketuk Konfirmasi pada pop-up yang muncul.

MEMBACA  Cara membuat desktop Xfce lebih ramah pengguna

Anda akan diberi tahu berapa lama Anda akan memiliki akses ke layanan berbayar jika Anda membatalkannya.

Untuk sebagian besar langganan, Anda masih akan dapat mengakses layanan berbayar hingga akhir periode penagihan Anda. Namun, beberapa aplikasi mungkin tidak membiarkan Anda terus menggunakan layanan tersebut, jadi Anda harus membaca syarat dan ketentuan untuk melihat apa yang terjadi jika Anda membatalkannya. Setelah dibatalkan, langganan akan tetap ada di bagian aktif tetapi akan ditampilkan dengan teks merah ketika masa berlakunya habis.

Temukan dan batalkan langganan Anda di Android

Berbeda dengan iOS, Android berjalan di perangkat dari berbagai merek, seperti Samsung, Google, dan Motorola, tetapi untungnya semua versi Android ini memiliki Google Play Store, jadi menemukan dan membatalkan langganan bulanan Anda serupa tidak peduli apa jenis ponsel yang Anda gunakan.

Untuk menemukan semua langganan Anda, buka aplikasi Play Store, ketuk foto profil atau huruf inisial nama depan Anda yang muncul di bagian kanan atas, dan pergi ke Pembayaran & langganan > Langganan. Di sini Anda akan melihat daftar langganan aktif dan tidak aktif Anda.

Setiap langganan akan menampilkan tanggal pembayaran berikutnya.

Jika Anda ingin membatalkan langganan, ketuk langganan tersebut dan kemudian tekan tombol Batalkan langganan hijau. Play Store mungkin meminta Anda untuk mempertimbangkan langganan yang lebih murah dan juga memberikan alasan mengapa Anda membatalkan. Terima semua peringatan untuk melanjutkan hingga Anda melihat tombol Batalkan langganan yang sepenuhnya hijau. Tekan itu dan langganan Anda akan dibatalkan, tetapi Anda masih harus memiliki akses ke langganan tersebut hingga akhir periode penagihan Anda.

Lewati setiap peringatan yang mencoba menghentikan Anda dari pembatalan.

MEMBACA  Apa yang Terjadi Saat Seorang Penulis Romansa Terkunci dari Google Docs