Hydro Flask, yang Tidak Lagi Menggunakan Timbal, Mengejek Stanley karena Menggunakan Timbal

Minggu lalu, Stanley mendapat masalah besar setelah seorang advokat keselamatan menjadi viral karena menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan timbal beracun dalam cangkir, gelas, dan produk lainnya. Internet yang selama beberapa bulan terakhir merayakan Stanleys sebagai produk hot girl yang harus dimiliki, menjadi marah. Cerita tentang cangkir Stanley yang mengandung timbal muncul di mana-mana, mulai dari New York Times hingga acara TODAY, dan Hydro Flask — pesaing utama Stanley — memanfaatkan kesempatan ini. Hydro Flask memposting di media sosial, membanggakan proses manufaktur bebas timbal mereka. Ini adalah ironi: Hydro Flask juga menggunakan timbal dalam cangkir mereka, sampai perusahaan itu sendiri ditegur oleh advokat keselamatan yang sama.

Samsung Galaxy S24 Ultra: 3 Hal yang Kami Suka dan Benci

Timbal sangat berbahaya bagi kesehatan. Sejumlah kecil logam berat itu bisa beracun, terutama bagi anak-anak. Efek keracunan timbal pada anak-anak termasuk gangguan belajar dan perkembangan, IQ rendah, masalah perilaku dan emosional, dan lain-lain. Pada orang dewasa, paparan timbal dalam jangka panjang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan masalah otak dan ginjal. Minumlah!

“Selama lebih dari satu dekade, Hydro Flask TIDAK menggunakan timbal dalam proses penyegelan kami,” kata perusahaan tersebut di Instagram. “Kami berusaha untuk standar yang lebih tinggi.”

Hydro Flask memenuhi standar yang lebih tinggi tersebut, menurut Tamara Rubin, seorang aktivis dan ahli keselamatan timbal yang terkenal dan pengelola situs web Lead Safe Mama. Pengujian Rubin menunjukkan bahwa produk Hydro Flask bebas timbal. “Saya adalah alasan mengapa Hydro Flask bebas timbal,” kata Rubin kepada Gizmodo. Pada tahun 2011, pengujian Rubin menunjukkan jumlah timbal yang berbahaya dalam produk Hydro Flask, tetapi setelah dia menghubungi perusahaan tersebut, mereka mengubah proses manufaktur mereka dan menghilangkan timbal. Keselamatan patut dirayakan, tetapi mengingat sejarah Hydro Flask, ini sedikit seperti kuali memanggil panci hitam.

Hydro Flask tidak menanggapi permintaan komentar.

Pada bulan Januari, giliran Stanley untuk mendapatkan perhatian dari Lead Safe Mama. Rubin menguji produk Stanley dan melaporkan bahwa lapisan segel di dalam cangkir Stanley mengandung 300.000 hingga 400.000 bagian per juta timbal. “Semua produk stainless steel yang terisolasi dari Stanley ditutup dengan titik timbal,” kata Rubin.

MEMBACA  Masalah Sudah Menanti Odysseus di Kutub Selatan Bulan

Pada titik ini, itu bukan rahasia lagi. Seorang juru bicara Stanley mengarahkan Gizmodo ke pernyataan di situs web perusahaan yang mengakui penggunaan timbal, tetapi tidak menjawab pertanyaan konkret. Stanley mengatakan bahwa mereka menggunakan racun dalam bentuk “pellet standar industri” yang digunakan untuk menjahit lapisan isolasi vakum di bagian bawah produk mereka. Pellet beracun ini kemudian ditutup dengan cakram logam kecil yang menampilkan logo perusahaan. “Setelah disegel, area ini ditutupi dengan lapisan stainless steel yang tahan lama, sehingga tidak dapat diakses oleh konsumen. Jangan khawatir, tidak ada timbal yang ada di permukaan produk Stanley yang bersentuhan dengan konsumen atau isi produk,” kata Stanley.

Rubin mengkonfirmasi bahwa tidak ada timbal di lapisan luar Stanley, tetapi dia tidak merasa itu menenangkan. “Dalam beberapa hari terakhir saja, sekitar 300 orang menghubungi saya dan mengatakan bahwa cakram di bagian bawah Stanley mereka lepas dalam seminggu atau sebulan penggunaan normal,” kata Rubin. Jika Anda menyentuh pellet di dalamnya dan kemudian mengambil makanan, Anda dapat terpapar timbal, kata Rubin.

Kita sudah mengetahui tentang keracunan timbal selama lebih dari 2.000 tahun, jadi Anda mungkin bertanya-tanya mengapa sebuah perusahaan yang membuat produk minum menggunakan bahan itu. Ada jawaban yang sederhana: dengan beberapa pengecualian, penggunaan timbal dalam produk minum secara hukum diizinkan dan menghemat uang.

“Ini adalah alternatif yang murah, yang sangat menjengkelkan ketika Anda mempertimbangkan bahwa kita berbicara tentang produk yang mahal,” kata Rubin. Quencher mug andalan Stanley dijual seharga $35.

Sayangnya bagi Anda dan tubuh Anda, penggunaan timbal dalam produk minum secara hukum diizinkan. Menurut Komisi Keselamatan Produk Konsumen, timbal tidak boleh ada di permukaan eksternal produk anak-anak dalam konsentrasi lebih tinggi dari 100 bagian per juta, tetapi aturan untuk orang dewasa jauh lebih longgar. CPSC mengatakan batasan tersebut tidak berlaku untuk bagian produk anak-anak yang tidak dapat diakses melalui penggunaan normal. Stanley memiliki lini produk anak-anak yang lengkap, tetapi perusahaan tersebut bersikeras produknya aman dan memenuhi semua persyaratan regulasi AS, yang telah mereka verifikasi menggunakan laboratorium pihak ketiga. Rubin tidak setuju; dia mengatakan telah mengajukan keluhan kepada CPSC. “Stanley mengatakan cakram yang menutupi segel timbal ini tidak lepas, tetapi ternyata lepas,” kata Rubin. Jika itu semua belum cukup membingungkan bagi Anda, mari kita lihat rantai pasokan global. Hydro Flask mungkin menyerang pesaingnya, tetapi sebenarnya mereka hanya memilih pabrik yang sedikit berbeda di China untuk membuat produk mereka. Hal yang sama berlaku untuk sebagian besar merek-merek terkenal Amerika yang menjual cangkir terisolasi. Faktanya, mereka semua menggunakan pabrik yang berada di bagian yang sama dari kota yang sama di Zhejiang, China.

MEMBACA  Google Lumiere meningkatkan kecerdasan buatan video mendekati yang nyata daripada yang tidak nyata.

Sebuah situs web bernama ImportYeti memudahkan untuk mencari tahu manifestasi pengiriman, catatan terperinci tentang semua barang di kapal kargo atau kontainer, lengkap dengan detail tentang siapa yang mengirimnya dan kemana tujuannya. Ketikkan nama perusahaan, dan Anda akan mendapatkan indikasi pabrik mana yang mereka kerjakan. Jika Anda benar-benar ahli, Anda bahkan dapat mencari pabrik-pabrik tersebut di situs seperti AliExpress dan menemukan produk tiruan murah dari merek-merek terkenal.

Misalnya, perusahaan induk Stanley, PMI Worldwide, telah mengimpor banyak “Vacuum Flasks Vessels” dari perusahaan bernama Gint Vacuum Flask Technology, menurut ImportYeti. Hydro Flask sering bekerja dengan pabrik bernama Feijian Industrial Trade, kata situs web tersebut. Kedua perusahaan tersebut bermitra dengan produsen China yang sama bernama Haers Vacuum Containers, laporan ImportYeti. Kritik santimonius Hydro Flask sebenarnya hanya masalah memilih pabrik yang berada di seberang jalan.

Dengan beberapa pengecualian, “banyak perusahaan yang memproduksi produk-produk semacam ini tidak memperhatikan detail apa yang mereka buat dan bagaimana mereka membuatnya,” kata Rubin. “Ini masalah pengawasan, masalah dibuat di China, tetapi juga masalah industri secara keseluruhan karena saya pikir mereka mungkin masih menggunakan timbal jika mereka dibuat di Amerika karena secara hukum diperbolehkan.”

Tidak ada yang secara inheren tidak aman atau mengkhawatirkan tentang produk yang dibuat di China, kata Rubin. Bahkan, dia sering memberi tahu keluarga bahwa label “Made in China” sebenarnya bisa berarti produk tersebut lebih mungkin aman jika itu adalah produk massal yang dibuat oleh pengecer besar seperti Target, Walmart, atau Ikea. Pengecer besar sering memiliki terlalu banyak yang akan hilang ketika ada pelanggaran regulasi. Masalahnya, kata Rubin, adalah ketika perusahaan kecil bermitra dengan pabrik asing. Banyaknya perusahaan yang mengimpor barang dari China berarti petugas bea cukai tidak memiliki tenaga kerja untuk memeriksa dan menguji setiap batch barang untuk masalah keselamatan. Selama beberapa minggu terakhir, banyak orang yang khawatir tentang timbal telah memposting video tentang kit tes timbal rumah. Rubin menyarankan agar tidak menggunakan jenis tes seperti itu. “Kit tes timbal rumah tidak dapat diandalkan,” kata Rubin. Banyak “dirancang untuk menguji timbal di cat, bukan dirancang untuk menguji barang konsumen.”

MEMBACA  Bantuan yang Sangat Membantu Minimal 4-5 Hari Aman

Namun, ada sumber daya yang bisa Anda coba, berkat karya Rubin. Dia menggunakan proses pengujian XRF yang merupakan standar industri untuk mengevaluasi produk untuk timbal dan logam berat lainnya, dan telah mengumpulkan database dengan ribuan produk di situs webnya. Paparan timbal adalah masalah serius yang dapat mengancam nyawa, dan pengujian harus dilakukan oleh para profesional jika ada pertanyaan tentang keamanan produk dalam kehidupan Anda. Pembaruan 10/02/2024, pukul 3:51 sore ET: Cerita ini telah diperbarui dengan komentar tambahan dari Tamara Rubin.