GIF ‘Jam Matahari’ yang Mengagumkan Diposting oleh Mars Rover NASA

NASA secara rutin memposting GIF yang sangat mengesankan tentang pandangan di luar atmosfer kita sendiri, dan minggu ini, ada lagi keindahan dari Mars.

Pada hari Kamis, rover milik badan antariksa tersebut, Curiosity, memposting dua gambar bergerak yang menunjukkan pandangan kendaraan beroda enam terhadap lanskap Mars selama 12 jam. Ini pada dasarnya adalah representasi dari satu hari Mars, dari matahari terbit hingga terbenam, dengan Curiosity menangkap bayangannya sendiri di latar depan.

\”Hei, lihat – Saya adalah jam matahari!\” twit akun resmi Curiosity. \”Oke, tidak persis, tetapi saya mendapatkan sol untuk menikmati sekitar saya. Selama perhubungan matahari, saya menggunakan kamera bahayaku untuk mempelajari cuaca dan debu Mars.\”

Tweet mungkin sudah dihapus

Anda dapat melihat set kedua gambar di situs web Mars milik NASA.

Foto-foto Curiosity diambil pada 8 November dari pukul 5:30 pagi hingga 5:30 sore waktu setempat. Pandangan ini menghadap ke tenggara (kamera depan) dan barat laut (kamera belakang) dari Gediz Vallis Ridge, tempat Curiosity baru-baru ini (dan dengan gemilang) tiba – sebuah perhentian utama dalam pendakian stabilnya ke Gunung Sharp di Gale Crater, yang telah berlangsung sejak 2014.

Mashable Light Speed

LIHAT JUGA:

Rover NASA melakukan perjalanan petualangan, kemudian mengambil gambar Mars yang menakjubkan

Gambar-gambar tersebut diambil menggunakan Kamera Penghindaran Bahaya depan dan belakang rover, yang dikenal sebagai hazcams (kamera yang tidak hanya membantu robot mengidentifikasi rintangan dan medan yang sulit tetapi juga telah memberikan berbagai gambaran mengagumkan tentang Mars). Menurut NASA, rover diperintahkan untuk merekamnya sebelum konjungsi matahari Mars, ketika Matahari dengan kasar berada di antara Mars dan Bumi dan mengganggu komunikasi – ini adalah periode selama sekitar dua minggu yang terjadi setiap dua tahun sekali.

MEMBACA  Microsoft Menggunakan AI untuk Menghentikan Penipu Telepon dari Menipu Anda

Para ilmuwan NASA berharap dapat mengambil gambar beberapa awan Mars atau pusaran debu, dan meskipun mereka tidak mendapatkan gambaran cuaca dalam foto-foto tersebut, potongan-potongan gambar yang disatukan tersebut adalah contoh indah dari satu hari Mars – dan kehadiran Curiosity selama itu.


Video Terpilih Untukmu


Rover Mars akhirnya tiba di lokasi Mars yang telah lama dinantikan


\”Saat langit terang saat matahari terbit, bayangan lengan robotik rover setinggi 7 kaki (2 meter) bergerak ke kiri, dan roda depan Curiosity muncul dari kegelapan di kedua sisi bingkai gambar. Juga menjadi terlihat di sebelah kiri adalah target kalibrasi yang berbentuk bulat yang dipasang di bahu lengan robotik,\” tulis pos blog NASA. \”Insinyur menggunakan target ini untuk menguji akurasi Alat Spektrometer Sinar-X Partikel Alfa, sebuah instrumen yang mendeteksi unsur-unsur kimia di permukaan Mars.

\”Pada tengah hari, algoritma penyesuaian otomatis Hazcam depan menetapkan waktu paparan sekitar sepertiga detik. Ketika malam tiba, waktu paparan itu menjadi lebih dari satu menit, menyebabkan gangguan sensor yang biasa dikenal sebagai \”pixel panas\” yang muncul sebagai salju putih di seluruh gambar akhir.\”

Tentang bintik-bintik di kamera? Nah, Anda tidak akan berkeliling Mars selama 11 tahun tanpa sedikit debu di lensa.