Gelombang Metana Melanda Pantai Bulan Aneh Saturnus Titan

Pada tahun 2006, sebuah pesawat ruang angkasa NASA terbang melewati bulan terbesar Saturnus dan menemukan bukti adanya tubuh besar cairan di permukaan dunia aneh tersebut. Penemuan mengejutkan ini berarti bahwa lanskap Titan sangat mirip dengan bumi; kedua dunia ini adalah satu-satunya yang diketahui memiliki sungai, danau, dan laut di permukaan.
Tim geolog dari Massachusetts Institute of Technology berusaha memecahkan misteri garis pantai Titan, dan apakah gelombang merusak pantai bulan ke bentuk saat ini. Dengan menggunakan model komputer, para peneliti mensimulasikan berbagai jenis erosi yang dapat menghasilkan garis pantai yang terlihat pada gambar yang diambil oleh misi Cassini hampir 20 tahun yang lalu.
Para peneliti mensimulasikan laut dengan lembah sungai yang tergenang di sekitar tepinya dan menjalankannya melalui tiga skenario: tanpa erosi pantai, erosi yang didorong oleh gelombang, dan erosi seragam di mana cairan secara pasif melarutkan material pantai dari waktu ke waktu saat secara perlahan lepas di bawah beratnya sendiri.
Para peneliti sekarang bersiap untuk menyelidiki angin Titan, memeriksa seberapa kuat angin harusnya untuk menghasilkan gelombang yang cukup kuat untuk mengikis pantai bulan tersebut.

MEMBACA  Ringkasan Teknologi Akhir Pekan 06 Januari 2024