Fitur formatting baru Google Sheets membuat para pengguna Excel beralih menjadi bersemangat

Google sekarang telah menambahkan cara untuk membuat tabel dengan mudah di Sheets dengan satu klik, sesuatu yang Excel sudah ada selama bertahun-tahun. Sekarang, jika Anda memiliki blok data yang ingin Anda ubah dengan cepat menjadi pulau kecil filter dan aturan pengurutan sendiri, itu sepenuhnya mungkin (atau akan segera, tergantung di mana Anda berada dalam antrian peluncuran Google). Hore!

Sebagai seseorang yang telah menjaga spreadsheet anggaran bersama di Google Sheets selama sekitar satu dekade dan yang akan sangat senang jika tidak harus membuat semua filter dan pengurutan saya satu per satu, saya sangat senang. Dan menurut pencarian sekilas, sepertinya saya tidak sendirian – orang telah meminta tabel mandiri seperti ini selama bertahun-tahun.

Lihatlah tabel yang keren itu. GIF: Google

Apa yang Google ciptakan di sini terlihat sedikit seperti tabel yang dihasilkan AI dari konferensi pengembang I/O-nya minggu ini tetapi mungkin sedikit lebih berfokus pada pengguna yang mahir, dan Anda tidak perlu integrasi Gemini-nya. Jika fitur baru sudah tersedia di akun Anda, Anda dapat mencobanya dengan memilih blok data dan mengklik Format> Konversi ke tabel.

Setelah Anda melakukannya, Sheets secara otomatis akan membuat filter untuk setiap kolom dan menambahkan pemisah visual untuk baris Anda, sehingga Anda tidak perlu secara manual memilih setiap baris lain dan mengubahnya menjadi abu-abu. Perubahan itu juga dilengkapi dengan tipe kolom yang diformat secara otomatis, filter, dan penciptaan menu drop-down yang lebih mudah.

Ini juga akan menambahkan menu tabel sehingga Anda dapat membuat kombinasi filter tertentu untuk seluruh tabel atau menyesuaikan rentang data yang dicakupnya. Google mengatakan pembaruan ini juga termasuk jenis opsi tampilan baru yang diberi label “Buat tampilan grup berdasarkan” yang memungkinkan Anda untuk menempatkan data dalam kelompok yang dipisahkan berdasarkan filter kolom mereka – jadi jika Anda memiliki filter untuk level prioritas, Anda dapat mengelompokkan catatan berdasarkan prioritas satu, prioritas dua, prioritas tiga, dan seterusnya. Ada juga template tabel yang disesuaikan untuk “tugas sehari-hari seperti manajemen proyek, manajemen inventaris, perencanaan acara, dan lainnya.”

MEMBACA  Penawaran terbaik untuk pemindai portabel dan editor PDF: Diskon 79% untuk iScanner

Fitur tabel baru ini belum mencapai semua orang. Seperti biasa untuk Google, itu akan diluncurkan secara bertahap. Beberapa akan mendapatkannya pada 30 Mei, dan yang lainnya seharusnya mendapatkannya pada 6 Juni.