Fitur AI yang halus (namun berguna) ini adalah pengumuman favorit saya di Google I/O 2024

Tangkapan layar oleh Sabrina Ortiz/ZDNET

Munculnya smartphone menempatkan kamera yang sangat kuat di saku pengguna, membuatnya mudah bagi kita untuk mengambil foto-foto segala sesuatu sepanjang waktu. Hasilnya? Album foto smartphone kita bisa berisi puluhan ribu gambar, dan menemukan foto yang Anda inginkan hampir tidak mungkin. Fitur AI baru dari Google menawarkan solusi.

Juga: Semua yang diumumkan di Google I/O 2024: Gemini, Pencarian, Proyek Astra, dan lainnya

Pada hari Selasa, di konferensi pengembang tahunan Google I/O, perusahaan tersebut memperkenalkan fitur baru “Ask Photos” di Google Photos. Dengan memanfaatkan AI Gemini, fitur ini memungkinkan pengguna untuk meminta chatbot untuk menemukan foto untuk mereka daripada harus melihat ribuan foto sendiri.

Sebagai contoh, Google mengatakan, daripada mengetik kata kunci “nomor plat nomor” dan menggulir melalui semua foto sendiri, pengguna sekarang dapat bertanya, “Berapa nomor plat saya?” Gemini akan menarik nomornya untuk mereka, menggunakan konteks untuk mengidentifikasi mobil mana yang dimiliki pengguna.

Dalam contoh lain, pengguna yang ingin melihat kemajuan putrinya sebagai perenang dari waktu ke waktu dapat meminta Google Photos untuk melakukannya, dan Gemini secara otomatis mengatur sorotan untuk mereka.

Juga: Pengguna Google Photos akan segera mendapatkan alat pengeditan AI terbaik di perangkat Pixel secara gratis

Google mengatakan bahwa fitur ini akan diluncurkan kepada pengguna Google Photo pada musim panas mendatang, dengan lebih banyak kemampuan yang akan datang. Meskipun fitur ini belum tersedia, Jika Anda bersemangat tentang itu, Anda dapat menyiapkan foto-foto Anda terlebih dahulu dengan mencadangkan semuanya ke Google Photos.

MEMBACA  Sebagian besar wilayah di Indonesia akan berawan hari ini: BMKG