Kepolisian harus mengambil tindakan tegas terhadap pelaku narkoba asing.

Badung, Bali (ANTARA) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, mendesak Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk bertindak tegas terhadap warga asing yang terlibat dalam perdagangan narkoba dan perjudian online di negara ini, karena mereka telah menjadi ancaman terhadap iklim investasi negara.

Pandjaitan mengatakan di Bali pada hari Selasa bahwa pihak berwenang terkait harus mengusir wisatawan asing yang terbukti menunjukkan perilaku melanggar di Indonesia, termasuk mereka yang terlibat dalam tindak pidana narkoba dan perjudian internet ilegal, serta menciptakan keributan di tempat umum.

Untuk tujuan ini, Pandjaitan mengatakan telah berkoordinasi dengan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly.

Kehadiran warga asing yang melanggar hukum tersebut telah mengganggu iklim investasi di Indonesia, katanya kepada wartawan setelah memberikan pidato kepada 159 perwira polisi dalam pertemuan kelompok kerja teknis di sini.

Pandjaitan lebih lanjut mengatakan bahwa dia akan mengadakan pertemuan khusus dengan Kepala Kepolisian Negara Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mempersiapkan langkah tegas terhadap pengedar narkoba asing yang didukung oleh regulasi baru.

“Wisatawan asing akan nyaman mengunjungi Indonesia jika mereka merasa nyaman dan terlindungi dari kejahatan, seperti narkoba. Minggu depan, saya akan mengadakan pertemuan untuk mempersiapkan regulasi baru,” katanya.

Dalam melindungi iklim investasi Indonesia yang katanya saat ini “baik” dari mereka yang berperilaku melanggar di negara ini, Polri memainkan peran penting dalam menjaga hal tersebut, katanya.

Pertemuan kelompok kerja yang diadakan oleh Kepolisian Negara dihadiri oleh 159 peserta offline dan 12 ribu peserta online. Selain Pandjaitan, beberapa anggota kabinet lainnya juga berbicara dalam acara tersebut.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga berbicara dalam pertemuan yang berlangsung di Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

MEMBACA  Mengunjungi Desa Wisata Candirejo Magelang, Alam Ganjar Menyaksikan Potensi Pariwisata yang Luar Biasa

Menurut situs web resmi Pernyataan Iklim Investasi 2023 Departemen Luar Negeri AS pada hari Rabu, iklim investasi Indonesia telah meningkat dalam dekade terakhir. Namun, beberapa investor AS menyoroti beberapa hal yang perlu dikembangkan, termasuk ketidakmampuan birokrasi, keterlambatan dalam akuisisi lahan dan proses penawaran untuk proyek infrastruktur, lemahnya penegakan kontrak, dan keterlambatan dalam menerima pengembalian pajak koperasi yang telah diadvance.

Berita terkait: Angkatan Laut Indonesia berhasil menggagalkan penyelundupan 13,43 kg ganja dari PNG

Translator: Rolandus N, Rahmad Nasution
Editor: Bayu Prasetyo
Hak cipta © ANTARA 2024