Discord Menambahkan Iklan, namun Dengan Sentuhan Gamer: Apa yang Kita Ketahui Sampai Sekarang

Discord, layanan obrolan suara dan video untuk para gamer yang baru-baru ini memperluas cakupannya, bergabung dalam daftar panjang layanan gratis yang menggunakan iklan untuk mendukung platform mereka. Perubahan ini merupakan kebalikan dari pandangan perusahaan yang selama ini menentang iklan.

Iklan diharapkan mulai muncul di Discord dalam waktu seminggu, seperti yang dilaporkan oleh The Wall Street Journal pada hari Selasa. Slot iklan akan ditawarkan kepada pengembang game sebagai cara bagi mereka untuk mendapatkan pengguna Discord dan teman-teman mereka untuk memainkan game mereka, sehingga menghasilkan uang bagi pengembang dari penjualan, pembelian dalam aplikasi, dan iklan dalam game.

Namun, bukan iklan standar, iklan Discord akan muncul dalam bentuk “sponsored quests,” kata Senior Vice President Discord Peter Sellis dalam sebuah pos blog bulan lalu. Ketika seseorang melakukan streaming melalui Discord dan sedang memainkan game dengan sponsored quest, mereka akan memiliki kesempatan untuk menyelesaikan quest sementara yang lain menonton. Penonton kemudian dapat bergabung ke dalam game dan juga menyelesaikan quest untuk mendapatkan hadiah.

Discord dilaporkan mengatakan bahwa mereka akan menargetkan iklan berdasarkan permainan pengguna, usia, dan lokasi geografis, namun Anda dapat mematikan personalisasi Anda di pengaturan aplikasi. Berikut adalah informasi yang kita ketahui sejauh ini tentang sponsored quests.

Sponsored quests bukan sesuatu yang baru. Chat service ini sebelumnya telah bekerja sama dengan Epic Games dan Lucasfilm Games untuk sebuah sponsored quest pada Mei 2023. Pemain dapat berbagi gameplay Fortnite dengan teman-teman mereka dalam streaming Discord, menyelesaikan quest, dan mendapatkan skin inspirasi Star Wars yang eksklusif untuk acara tersebut. Kemungkinan besar, sponsored quests baru akan berfungsi dengan cara yang sama.

MEMBACA  Sony Dilaporkan Melakukan Investigasi Terhadap Bocornya Spesifikasi PS5 Pro

Saat ini, Anda dapat menonaktifkan quest dalam pengaturan privasi aplikasi. Namun, pengaturan tersebut mungkin akan diubah atau dihapus ketika sponsored quests resmi diluncurkan.

Selain menambahkan iklan, Discord juga akan meningkatkan upaya mereka untuk menjual hal-hal seperti sponsored profile flair di toko mereka. Inisiatif ini dimulai minggu lalu dengan rilis koleksi Valorant, yang mencakup dekorasi avatar dan efek profil yang terinspirasi dari game tersebut. Koleksi yang disponsori tersebut akan bergabung dengan flair profil yang sudah tersedia di toko.

Langkah ke arah iklan ini datang di tengah upaya untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan bagi layanan obrolan ini. Discord telah melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap 17% dari karyawannya pada bulan Januari. Perusahaan ini telah menarik banyak investor, namun belum pernah mencatatkan keuntungan, meskipun pendapatan yang besar selama beberapa tahun terakhir dan ratusan juta pengguna terdaftar.

Selama wawancara dengan Bloomberg, CEO Discord James Citron mengatakan bahwa Discord berharap “setiap game akan menawarkan quest di Discord.” Dia juga mengatakan kepada Bloomberg bahwa Discord kemungkinan akan mendaftar untuk penawaran saham perdana suatu saat nanti dan menjadi perusahaan yang diperdagangkan secara publik.

Saat ini, Discord kemungkinan berharap bahwa sponsored quests dan koleksi di toko mereka lebih berhasil daripada toko game perusahaan, yang berlangsung selama dua tahun sebelum dihentikan pada tahun 2021.

Bagaimana cara kerja sponsored quests?
Pengembang yang membayar untuk sponsored quest dari Discord berharap dapat mendorong teman pengguna yang sedang menonton streaming untuk juga bermain game mereka. Sebuah sponsored quest akan muncul, pengguna yang sedang bermain game akan dapat terlibat dalam quest melalui antarmuka Discord, dan setelah mereka menyelesaikan quest, pengguna lain dalam streaming akan memiliki kesempatan untuk menyelesaikan tantangan tersebut. Setelah mereka menyelesaikan quest, pengguna dapat mengklaim hadiah untuk ditukar dalam game.

MEMBACA  Warga Israel-Amerika yang Diduga sebagai Sandera Hamas Tewas pada 7 Oktober, Ungkap Keluarga

Kapan sponsored quests akan diluncurkan?
Discord tidak memberikan tanggal rilis yang pasti, namun mereka mengatakan kepada The Wall Street Journal bahwa akan diluncurkan pada waktu yang belum ditentukan selama minggu pertama April.

Apakah saya akan melihat iklan jika saya tidak melakukan streaming?
Kita belum tahu sampai pembaruan diluncurkan sepenuhnya. Namun, tampaknya sebagian besar iklan hanya akan ditampilkan kepada orang yang menggunakan fitur streaming Discord. Namun, jika Anda tidak melakukan streaming, Anda mungkin tetap melihat pop-up, karena Discord memang melakukan promosi acara melalui pemberitahuan mereka.