Dengan Gemini di Android, Google Menunjukkan Masa Depan dan Masa Lalu Komputasi Mobile

Hampir satu dekade yang lalu, Google memperlihatkan fitur bernama Now on Tap di Android Marshmallow—tekan dan tahan tombol home dan Google akan menampilkan informasi kontekstual yang berguna terkait dengan apa yang ada di layar. Sedang membicarakan film dengan teman lewat pesan teks? Now on Tap bisa memberikan detail tentang judul tersebut tanpa harus meninggalkan aplikasi pesan. Melihat restoran di Yelp? Ponsel bisa menampilkan rekomendasi OpenTable hanya dengan sekali ketuk.

Saya baru lulus dari perguruan tinggi, dan perbaikan-perbaikan ini terasa menarik dan ajaib—kemampuannya untuk memahami apa yang ada di layar dan memprediksi tindakan yang mungkin ingin Anda ambil terasa futuristik. Itu adalah salah satu fitur Android favorit saya. Lambat laun, fitur ini berubah menjadi Google Assistant, yang juga bagus, tapi tidak sepenuhnya sama.

Hari ini, di konferensi pengembang Google I/O di Mountain View, California, fitur-fitur baru yang ditonjolkan oleh Google dalam sistem operasi Android terasa seperti Now on Tap yang dulu—memungkinkan Anda menggunakan informasi kontekstual di sekitar Anda untuk membuat penggunaan ponsel Anda sedikit lebih mudah. Kali ini, fitur-fitur ini didukung oleh perkembangan selama satu dekade dalam model bahasa besar.

“Menurut saya yang menarik adalah sekarang kita memiliki teknologi untuk membangun asisten yang benar-benar menarik,” kata Dave Burke, wakil presiden teknik di Android, saat berbicara dengan saya lewat panggilan video Google Meet. “Kita perlu memiliki sistem komputer yang memahami apa yang dilihatnya dan menurut saya kita tidak memiliki teknologi untuk melakukannya dengan baik pada masa lalu. Sekarang kita memiliki.”

Saya berkesempatan berbicara dengan Burke dan Sameer Samat, presiden ekosistem Android di Google, tentang hal-hal baru dalam dunia Android, asisten AI baru perusahaan bernama Gemini, dan apa yang semuanya berarti untuk masa depan OS tersebut. Samat mengacu pada pembaruan-pembaruan ini sebagai “kesempatan sekali seumur hidup untuk membayangkan ulang apa yang bisa dilakukan ponsel, dan untuk memikir ulang seluruh Android.”

MEMBACA  Gambar Pemakaman Navalny Mengungkapkan Tekstur Kepercayaan dan Negara di Rusia

Lingkari untuk Mencari… Tugas Anda
Circle to Search yang ditingkatkan dalam aksi.
Dipinjam dari Google
Semuanya dimulai dengan Circle to Search, yang merupakan cara baru Google dalam menghadapi Pencarian di ponsel. Seperti pengalaman Now on Tap, Circle to Search—yang perusahaan ini perkenalkan beberapa bulan yang lalu—lebih interaktif daripada hanya mengetik ke dalam kotak pencarian. (Anda benar-benar mengelilingi apa yang ingin Anda cari di layar.) Burke mengatakan, “Ini cara mencari yang sangat visual, menyenangkan, dan modern… Ini cenderung lebih digemari oleh generasi muda karena begitu menyenangkan digunakan.”

Samat mengklaim Google telah menerima umpan balik positif dari konsumen, namun fitur terbaru Circle to Search berasal khususnya dari umpan balik mahasiswa. Circle to Search sekarang dapat digunakan untuk masalah fisika dan matematika ketika pengguna mengelilinginya—Google akan menampilkan petunjuk langkah demi langkah tentang cara menyelesaikan masalah tanpa pengguna meninggalkan aplikasi silabus.

Samat menegaskan bahwa Gemini tidak hanya memberikan jawaban tetapi juga menunjukkan kepada siswa cara menyelesaikan masalah tersebut. Nanti tahun ini, Circle to Search akan bisa menyelesaikan masalah yang lebih kompleks seperti diagram dan grafik. Semua ini didukung oleh model LearnLM Google, yang disesuaikan untuk pendidikan.

Gemini Menjadi Lebih Kontekstual di Android
Gemini adalah asisten AI Google yang dalam banyak hal melampaui Google Assistant. Sungguh—ketika Anda membuka Google Assistant di sebagian besar ponsel Android saat ini, ada opsi untuk menggantinya dengan Gemini. Jadi, tentu saja, saya bertanya kepada Burke dan Samat apakah ini berarti Assistant menuju ke Kebun Kubur Google.

“Cara melihatnya adalah bahwa Gemini adalah pengalaman pilihan di ponsel,” kata Samat. “Menurut saya jelas seiring waktu Gemini menjadi lebih canggih dan berkembang. Kami tidak memiliki sesuatu untuk diumumkan hari ini, tapi ada pilihan bagi konsumen jika mereka ingin mencoba asisten baru berbasis AI ini. Mereka bisa mencobanya dan kami melihat bahwa orang-orang melakukannya dan kami mendapatkan banyak umpan balik yang bagus.”

MEMBACA  Siaran langsung MotoGP: Tonton Grand Prix Amerika 2024 secara gratis