CES 2024: 5 tren mobil yang kami harapkan akan terlihat

CES, mungkin konferensi utama untuk teknologi baru, telah menjadi konferensi utama untuk berita industri otomotif. Versi konferensi tahun 2024 ini akan membuktikan bahwa tren tersebut tetap berlanjut. Seperti yang dicatat oleh TechCrunch, “bagian besar dari perkembangan CES dalam beberapa tahun terakhir ini adalah posisinya sebagai pameran otomotif utama,” karena para produsen mobil telah berfokus pada fitur teknologi.

Acara mega di Vegas ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 9-12 Januari. Berita otomotif apa yang dapat Anda harapkan tahun ini? Nah, pertama-tama segalanya akan semakin mengarah ke mobil listrik. Mari kita bahas.

1. Elektrifikasi bukan otomatisasi

Pasar telah sulit bagi kendaraan otonom sementara mobil listrik semakin populer. Tech Radar memprediksi bahwa CES 2024 akan fokus secara besar-besaran pada mobil listrik sambil menghindari otomatisasi, terutama mengingat bahwa raksasa otomotif Ford mengumumkan tahun lalu bahwa mereka akan menjauh dari teknologi otonom sepenuhnya. Baik Ford maupun GM mengalami kerugian besar pada teknologi otomatisasi. Penjualan mobil listrik, sementara itu, meningkat dari sekitar 3 juta pada tahun 2020 menjadi lebih dari 10 juta pada tahun 2023, seperti yang dicatat oleh Tech Radar. Pasar telah berbicara dan CES 2024 kemungkinan akan mencerminkan fakta tersebut.

2. Teknologi yang benar-benar dapat Anda gunakan

Perusahaan mobil suka mengumumkan hal-hal yang masih jauh di masa depan. Seberapa sering Anda melihat, misalnya, mobil “konsep” yang tidak pernah menjadi kenyataan? Tahun lalu di CES, misalnya, BMW mengumumkan mobil konsep yang dapat mengubah warna tetapi belum ada di jalan-jalan.

Mungkin hal itu tidak terjadi pada tahun 2024. Dalam artikel yang sama, Jeremy Kaplan dari Tech Radar memprediksi bahwa “Akan ada banyak teknologi dunia nyata yang ditampilkan pada CES 2024, barang nyata yang benar-benar dapat Anda beli hari ini untuk mobil nyata Anda selanjutnya.”

MEMBACA  Kampanye Online Rusia untuk Menghancurkan Yulia Navalnaya

LIHAT JUGA:

CES 2024: Tanggal, harga tiket, dan segala yang perlu Anda ketahui

3. Honda memiliki mobil listrik baru yang akan datang

Tetap pada tema tersebut, Honda dikabarkan berencana untuk meluncurkan mobil listrik baru di CES. Raksasa otomotif Jepang ini mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan “model seri EV global baru dan beberapa teknologi kunci yang menggambarkan transformasi signifikan yang sedang dilakukan oleh Honda.” Rincian masih sedikit, tetapi dapat diasumsikan bahwa pengumuman pada hari Selasa, 9 Januari akan menjadi pengumuman yang besar.

4. Mobil konsep… ya, masih ada

Mendengarkan… Anda mungkin akan mendapatkan lebih banyak teknologi yang benar-benar dapat Anda gunakan, tetapi para produsen mobil masih suka membuat kendaraan konsep. Kita sudah mendapatkan sekilas tentang salah satunya. Hyundai telah mengungkapkan pratinjau mobil konsep Mobion mereka, yang memungkinkan semua roda berputar secara independen dan akan diperkenalkan di CES 2024.

5. Tidak terlalu banyak Kecerdasan Buatan (AI)

Meskipun CES 2024 mungkin memiliki fokus pada AI secara keseluruhan, industri otomotif mungkin menjadi pengecualian dari aturan tersebut. Bagaimanapun juga, Anda tidak dapat mengambil risiko dengan teknologi yang tidak dapat diandalkan – seperti AI – dalam sesuatu yang berbahaya seperti mobil. Jangan berharap kendaraan bertenaga AI sekarang. “Para ahli memprediksi perusahaan akan memamerkan AI otomotif dalam aplikasi yang memiliki risiko lebih rendah seperti personalisasi kendaraan,” tulis Automotive News.