Cara Mengetahui Jika Kacamata Gerhana Matahari Anda Aman atau Palsu

Gerhana matahari total tinggal beberapa hari lagi – 8 April 2024. Jika Anda tinggal di jalur totalitas atau bepergian ke sana, Anda akan memerlukan kacamata gerhana matahari untuk melindungi mata Anda saat menatap matahari.

Kacamata gerhana matahari adalah kacamata khusus yang memblokir bagian paling berbahaya dari spektrum matahari untuk mata manusia. Ketika Anda melihat melalui mereka, matahari seharusnya terlihat sebagai lingkaran kuning-orange yang mudah dilihat. Perhatikan bahwa kacamata ini akan memblokir semua cahaya – jadi Anda tidak akan menggunakan kacamata ini saat berjalan, mengemudi, atau melakukan apapun selain melihat gerhana.

Namun, pelaku jahat akan menjual kacamata gerhana yang sebenarnya tidak melindungi mata Anda dari matahari. Jadi, jika Anda akan melihat gerhana secara langsung tahun ini, Anda akan ingin memastikan bahwa mata Anda benar-benar dilindungi. Lanjutkan untuk mengetahui langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan kacamata gerhana matahari Anda benar.

Untuk informasi lebih lanjut, berikut adalah cara Solar Snap dapat membantu Anda mengambil foto gerhana yang hebat dan mengapa Anda harus mengunduh rute Google Maps Anda sebelum bepergian untuk melihat gerhana.

Periksa nomor ISO kacamata gerhana Anda

Menurut American Astronomical Society, pasangan kacamata gerhana matahari yang asli dan aman harus diberi label ISO 12312-2 (kadang-kadang ditulis dengan lebih detail sebagai ISO 12312-2:2015), yang merupakan standar keamanan internasional yang menunjukkan bahwa kacamata tersebut mengurangi sinar matahari yang terlihat ke tingkat aman dan memblokir radiasi UV dan IR.

Periksa daftar vendor kacamata gerhana yang terpercaya

Namun, kacamata palsu juga dapat diberi label yang mematuhi ISO 12312-2 karena, sebagai aturan umum, orang-orang tamak, egois, dan tidak dapat dipercaya. Untuk memastikan klaim ISO kacamata gerhana Anda, Anda dapat mengecek apakah vendor tempat Anda membeli kacamata tersebut dapat dipercaya di mata AAS. Lihat daftarnya Reputable Vendors of Solar Filters and Viewers. Sebenarnya, hal teraman yang dapat Anda lakukan adalah memilih vendor dari daftar di atas dan membeli kacamata Anda dari sana, sehingga tidak ada kekhawatiran tentang barang palsu atau palsu ketika menyangkut keselamatan mata Anda.

MEMBACA  Google menjelaskan gambar AI 'memalukan' Gemini tentang Nazi yang beragam

Daftar juga mencakup pengecer besar dan toko rantai di mana Anda dapat mendapatkan kacamata gerhana yang disetujui AAS, termasuk Warby Parker, yang memberikan kacamata secara gratis mulai 1 April. Secara pribadi, saya mendapatkan kacamata saya dari museum lokal yang terpercaya, tetapi saya masih akan memeriksanya untuk memastikan bahwa saya akan dilindungi.

Dalam menyusun daftarnya, AAS memeriksa apakah produsen mendapatkan peringkat ISO mereka dengan pengujian yang benar berbasis laboratorium. Ini juga meminta produsen untuk reseller yang sah dan reseller untuk produsen mereka. Jika vendor kacamata gerhana Anda terdaftar, maka Anda aman. Tetapi sebaliknya tidak selalu benar. Jika vendor Anda tidak terdaftar, itu tidak selalu berarti bahwa mereka menjual barang palsu. Hanya berarti AAS belum memeriksanya atau belum bisa melacak semuanya.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan jika vendor Anda tidak ada dalam daftar? Lakukan tes mata.

Cara menguji kacamata gerhana matahari Anda

Jika pasangan misteri kacamata gerhana Anda terlihat cukup gelap, itu adalah tempat yang baik untuk memulai. Anda seharusnya tidak dapat melihat apa pun melalui mereka kecuali matahari itu sendiri atau sesuatu yang sama-sama terang.

Apa yang sama terangnya dengan matahari yang bisa Anda gunakan sebagai tes? AAS menyarankan Anda memeriksa cahaya matahari yang dipantulkan dari cermin atau objek logam berkilauan. Jika matahari berada di balik awan atau di sisi lain bumi ketika Anda ingin menguji kacamata Anda, Anda dapat menggunakan LED putih terang seperti senter di ponsel Anda atau bola lampu telanjang. Cahaya matahari yang dipantulkan atau cahaya buatan yang terang dan putih seharusnya terlihat sangat redup melalui pasangan kacamata gerhana yang aman. Jika Anda dapat melihat cahaya di belakang lampu tidur atau bola lampu yang berlapiskan lembut melalui kacamata Anda, maka Anda tahu bahwa kacamata ini tidak cukup kuat untuk menatap matahari dengan aman.

MEMBACA  Badan statistik Korea Selatan menolak posting palsu tentang 'perbedaan usia pasangan baru menikah' di distrik kaya Seoul.

Saat menatap matahari melalui kacamata gerhana matahari yang aman, matahari seharusnya terlihat nyaman terang seperti bulan purnama, menurut AAS. Jika kacamata gerhana Anda tidak nyaman digunakan, itu juga merupakan tanda baik bahwa mereka mungkin tidak sah.