Anda sekarang dapat menjalankan Copilot yang didukung AI oleh Microsoft sebagai aplikasi Android gratis.

Screenshot oleh Lance Whitney/ZDNET

Pengguna Android kini memiliki aplikasi AI yang ditenagai yang dapat dijalankan pada perangkat mereka. Berkat Microsoft, aplikasi Copilot baru ini bekerja dengan cara yang mirip dengan aplikasi ChatGPT dari OpenAI dan aplikasi AI Bing milik Microsoft sendiri, serta menggunakan model terbaru dari GPT-4 dan DALL-E 3.

Menurut laporan dari Neowin, aplikasi ini baru saja diluncurkan sekitar seminggu yang lalu dan tersedia secara gratis di Google Play. Setelah meluncurkan aplikasi, Anda akan menemukan fitur dan kemampuan AI yang biasa. Anda dapat menggunakannya tanpa akun. Namun, jika Anda masuk dengan akun Microsoft Anda, Anda akan mendapatkan pertanyaan lebih banyak dan percakapan yang lebih panjang.

Mulailah dengan pertanyaan sampel atau langsung ajukan pertanyaan Anda sendiri. Anda dapat mengetik pertanyaan Anda pada kolom atau mengucapkannya dengan mengetuk ikon mikrofon. Anda juga dapat mengunggah foto atau gambar lainnya dan meminta aplikasi untuk menganalisanya. Anda dapat mengaktifkan GPT-4 untuk mendapatkan jawaban yang lebih dapat diandalkan dan akurat. Selain itu, Anda dapat beralih antara mode Terang dan Gelap sesuai dengan preferensi Anda.

“Haluan adalah asisten obrolan yang inovatif dari Microsoft yang ditenagai oleh model OpenAI terbaru, GPT-4 dan DALL-E 3,” demikian bunyi halaman produk aplikasi ini. “Teknologi AI canggih ini memberikan respons yang cepat, kompleks, dan akurat, serta kemampuan untuk menciptakan visual yang menakjubkan dari deskripsi teks sederhana.”

Lalu, mengapa Microsoft merilis aplikasi AI lainnya ketika mereka sudah memiliki Bing? Jawabannya mungkin terletak pada penggunaan kata Copilot.

Microsoft telah berusaha keras untuk menyuntikkan istilah dan teknologi tersebut ke banyak produknya, yang menghasilkan Copilot untuk Windows, Copilot untuk Microsoft 365, Copilot untuk Azure, GitHub Copilot, dan lainnya. Perusahaan bahkan mengubah nama platform obrolan Bing menjadi Copilot. Meluncurkan aplikasi khusus dengan nama Copilot adalah cara lain untuk memperkuat merek dan konsep tersebut.

MEMBACA  Kalender Bali Hari Sabtu 20 April 2024: Dikendalikan oleh Pengaruh Kesehatan, Membuat Lelaki Lebih Baik

Untuk saat ini, aplikasi ini hanya tersedia untuk Android. Maaf, pengguna iPhone. Namun, dapat dipastikan bahwa Microsoft akan memperluasnya ke iOS. Sampai saat itu, pemilik iPhone selalu dapat menggunakan aplikasi AI Bing.