Video menunjukkan keluarga di Australia selamat dari badai hebat pada waktu Natal

GOLD COAST, Queensland – Sebuah keluarga di pantai timur Australia menghadapi beberapa luka ringan setelah mereka mengalami badai yang parah di sebuah taman karavan selama liburan Natal.

Badai petir yang parah melanda beberapa komunitas di negara ini, menewaskan setidaknya sepuluh orang selama serangkaian cuaca buruk yang berkepanjangan.

Kayne Morrison mengatakan badai datang tiba-tiba, dan reaksinya pertama kali adalah mencoba menahan tenda karavannya dari angin kencang.

“Semuanya terjadi begitu cepat,” Morrison memposting di media sosial. “Dari beberapa tetes hujan menjadi seperti ini hanya dalam waktu 2 menit! Badai berlangsung hampir 45 menit.”

Saat badai semakin dekat dengan Helensvale, Morrison meminta semua orang masuk ke dalam karavan sambil mencoba menahan tenda. Ketika intensitas badai dengan cepat meningkat, penduduk Australia ini menyadari bahwa keluarganya perlu mencari perlindungan yang lebih kokoh.

SETIDAKNYA 10 ORANG TELAH MENINGGAL DI AUSTRALIA AKIBAT BADAI PETIR YANG PARAH SELAMA MINGGU NATAL

Morrison mengatakan ketika pohon-pohon besar mulai tumbang, dia memerintahkan semua orang mencari perlindungan di sebuah struktur di taman tersebut.

Tenda yang baru berusia tiga hari dan pohon-pohon di dekatnya tidak bisa menahan angin yang diperkirakan mencapai kekuatan badai hampir seperti angin topan.

Layanan cuaca nasional negara ini mengatakan bahwa hujan es seukuran telur ayam dan setidaknya satu tornado dikonfirmasi di negara bagian Queensland.

Negara bagian Queensland dan New South Wales tampaknya menjadi yang paling parah terkena dampak badai selama minggu liburan tersebut.

“Hati saya tergerak untuk keluarga-keluarga orang Australia yang telah kehilangan nyawa mereka – dan untuk masyarakat yang merawat mereka,” kata Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese.

LIHAT: PENYELAMATAN DRAMATIS 2 ORANG DARI PERAHU YANG TENGELAM SELAMA BADAI MEMATIKAN DI AUSTRALIA

MEMBACA  Badai menghadirkan angin yang merusak dan memicu kebakaran hutan di negara bagian Victoria, Australia.

Badai petir parah dapat terjadi kapan saja dalam setahun tetapi paling umum terjadi dari bulan September hingga Maret, selama musim panas di Belahan Bumi Selatan.

Ratusan ribu rumah dan bisnis kehilangan pasokan listrik selama peristiwa ini, dan penyedia utilitas terbesar di wilayah tersebut mengatakan mereka berharap dapat mengembalikan pasokan listrik ke 90% pelanggan yang terdampak menjelang Malam Tahun Baru.

Pelayanan pemerintah telah menyediakan bantuan bencana bagi korban badai, karena kerusakan ini digambarkan sebagai “menghancurkan” dan “belum pernah terjadi sebelumnya” oleh para pejabat.

Sumber artikel asli: Video menunjukkan keluarga di Australia selamat dari badai dahsyat saat Natal