Tragedi tenggelam Junior Pope memaksa Nollywood untuk memperhatikan keselamatan film

6 jam yang lalu

Oleh Hannah Gelbart, BBC What in World, Lagos

Junior Pope/Instagram

Video terakhir yang dibuat oleh aktor Nigeria Junior Pope untuk lebih dari dua juta pengikutnya di Instagram dengan anehnya meramalkan kematiannya.

“Anda lihat risiko, orang, yang kami ambil untuk menghibur Anda,” kata pria berusia 42 tahun itu di atas suara perahu motor kecil saat melaju di Sungai Niger.

Dia tertawa – tidak jelas apakah itu karena kebahagiaan atau ketegangan – dan meminta pengemudi untuk melambat.

“Saya memohon kepada kapten, bahwa saya anak tunggal dan memiliki tiga anak laki-laki,” teriak aktor – yang nama aslinya adalah John Paul Odonwodo – saat ia melihat dengan cemas beberapa air masuk ke perahu.

Keesokan harinya bintang Nollywood itu meninggal. Dia tenggelam di sungai yang sama, setelah perahu yang dia tumpangi bertabrakan dengan perahu pancing.

Empat orang lainnya, termasuk anggota kru film, juga tewas.

Kematian pada bulan April salah satu nama terbesar dalam bisnis film terkenal Nigeria – dia memiliki lebih dari 100 film di bawah ikat pinggangnya – membuat industri itu terkejut.

Para aktor sejak itu mulai berbicara tentang catatan keselamatan yang buruk Nollywood dan menuntut perubahan.

Nollywood adalah industri film terbesar ketiga di dunia – setelah Hollywood dan Bollywood India.

Industri film ini menghasilkan lebih dari 2.500 film setiap tahun: beberapa oleh rumah produksi besar dan mapan, tetapi ada puluhan perusahaan kecil yang mengikuti jejak kesuksesan besar negara itu.

Setelah kecelakaan fatal itu, Actors Guild of Nigeria segera merespons, mengatakan bahwa semua syuting di sekitar sungai akan dihentikan untuk waktu yang tidak ditentukan.

MEMBACA  Menjaga Kesehatan Lambung Sensitif: Tips dari Sophia Latjuba untuk Tetap Sehat dan Awet Muda

Mereka kemudian meminta standar keselamatan diimplementasikan dan dipatuhi.

NSIB

Junior Pope sedang naik perahu ini pada hari dia meninggal, menurut penyelidikan resmi

Laporan awal tentang terbaliknya dari Biro Penyelidikan Keselamatan Nigeria yang dirilis bulan lalu menemukan beberapa kegagalan:

pengemudi tidak bersertifikat untuk mengoperasikan perahuperahu tidak terdaftarhanya satu orang yang mengenakan jaket pelampungorang tersebut, salah satu dari delapan korban selamat, membawa jaket pelampung sendiri ke perahu.

Dalam video Instagram yang sekarang dihapus yang diposting segera setelah insiden itu, produser film, Adanma Luke, mengatakan bahwa dia telah diberitahu ada jaket pelampung dan Junior Pope ditawari satu tetapi tidak mengambilnya.

“Saya sangat traumatis. Saya sangat kedinginan. Semua ini masih terasa seperti mimpi bagi saya. Saya berharap saya masih bisa terbangun dari mimpi ini,” katanya dalam video.

Dia kemudian menulis: “Hati saya remuk berkeping-keping saat saya menulis ini… Saya merasa terus berdoa, bagaimana kita bisa memutar kembali waktu?”

Ruth Kadiri, seorang aktor, produser, dan penulis naskah top yang mengenal Junior Pope dengan baik, mengatakan bahwa dia cenderung bahagia dan \”sangat hiperaktif\”.

“Dia selalu membawa energi positif… dan saya pikir dia sangat dicintai oleh semua orang,” katanya kepada podcast BBC What in the World tentang temannya.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa kejadian seperti yang menewaskan Junior Pope sangat umum di Nollywood.

Kadiri mengingat sebuah insiden ketika hampir tenggelam selama syuting – membuatnya memikirkan ketakutan aktor “pasti merasakan di menit terakhir hidupnya”.

“Saya harus syuting film sehingga kami tidak bisa menggunakan jaket pelampung,\” katanya.

“Saya bertanya kepada tim apakah semuanya baik-baik saja dan mereka mengatakan perahu kano itu baik. Jadi saya naik ke perahu, mereka mulai mendayung, dan perahu itu tiba-tiba terbalik ke sungai.\”

MEMBACA  Ledakan dilaporkan terjadi di gedung pencakar langit di Kyiv, satu orang dilaporkan meninggal, ratusan dievakuasi

Dia diselamatkan oleh seorang rekan yang menangkapnya di air.

Bintang yang memiliki lebih dari enam juta pengikut di Instagram sekarang menyerukan perubahan.

Namun, dia mengatakan dia memahami godaan bagi aktor yang ingin melakukan sesuatu yang berpotensi tidak aman.

“Kita semua melakukan hal-hal gila untuk cinta akan pekerjaan ini. Kita melakukan hal-hal yang seharusnya tidak kita lakukan.

“Saat Anda tumbuh, Anda belajar untuk menempatkan kebutuhan Anda terlebih dahulu. Bukan karena Anda tidak suka produksi, tetapi karena jika terjadi sesuatu yang salah, itu akhir dari semuanya.”

Kadiri mengatakan bahwa keselamatan adalah masalah seluruh industri tetapi sedangkan produksi yang lebih besar dan didanai dengan baik dapat mengambil tindakan, banyak operasi kecil tidak mampu membayar biaya tambahan.

Untuk memperbaiki hal-hal, dia menyarankan bahwa badan regulasi keselamatan harus didirikan yang dapat memiliki orang di lokasi syuting film.

“Sutradara sedang memikirkan menciptakan konten, aktor sedang berpikir tentang menjadi karakter, jadi mari kita ciptakan badan tambahan. Itu mungkin dapat menghemat banyak stres.”

Aktor Chidi Dike mengatakan kematian Junior Pope adalah “pembangunan bagi semua”.

Dia setuju bahwa “keselamatan belum dianggap serius”, tetapi mencatat bahwa telah terjadi beberapa perbaikan.

Dia telah melihat bahwa sutradara dan produser sekarang berusaha untuk memastikan syuting tidak berlangsung hingga larut malam, yang di masa lalu berarti perjalanan malam berbahaya pulang.

“Semua hal berisiko… mengemudi dengan sangat cepat. Ada satu waktu saya pulang sangat larut malam dan hampir mengalami kecelakaan,\” katanya kepada BBC.

\”Tetapi sekarang lebih baik.\”

Ini adalah warisan yang tak terduga bagi aktor yang bersemangat dengan katalog film yang besar, tetapi video terakhir Junior Pope mungkin akan membuat Nollywood menjadi tempat yang lebih aman untuk bekerja.

MEMBACA  Miliarder 'raja obligasi' Bill Gross menyarankan investor untuk menghindari teknologi dan tetap berinvestasi di saham nilai

Pelaporan tambahan oleh Emily Horler, Alex Rhodes, dan Chimezie UcheAgbo.

Lebih banyak cerita BBC tentang Nollywood:

What in the World adalah podcast harian dari BBC World Service yang membantu Anda memahami apa yang terjadi di dunia, disajikan oleh Hannah Gelbart.

Getty Images/BBC\”