Seorang agen Rusia berusia 18 tahun ditahan oleh SBU di Oblast Kyiv, menghadapi hukuman penjara seumur hidup.

Title in Indonesian: Agen Rusia berusia 18 tahun ditangkap oleh SBU di Oblast Kyiv, menghadapi hukuman penjara seumur hidup.

Seorang agen Rusia telah ditahan di Oblast Kyiv oleh Layanan Keamanan Ukraina (SBU) yang sedang mengumpulkan intelijen tentang Pasukan Pertahanan dan infrastruktur kritis di wilayah tersebut, SBU melaporkan pada 13 Februari.

Tersangka tersebut mencoba menentukan lokasi aviasi Pasukan Bersenjata dan menunjukkan minat pada rute dan frekuensi penerbangan pesawat Ukraina.

Untuk mengumpulkan informasi, agen Rusia tersebut menyewa apartemen dekat lapangan terbang setempat selama beberapa hari.

Baca juga: SBU menangkap agen Rusia di wilayah Zaporizhzhia karena membantu menargetkan serangan misil

Selain itu, dia juga mengamati geolokasi sistem pertahanan udara Pasukan Bersenjata dan menilai akurasi serangan terhadap fasilitas listrik.

Para petugas SBU menangkap tersangka ketika dia sedang melakukan pengintaian lebih lanjut di dekat fasilitas pembangkit listrik di Kyiv.

Menurut penyelidikan, agen Rusia tersebut, seorang penduduk Kyiv berusia 18 tahun, direkrut secara jarak jauh beberapa bulan yang lalu oleh seorang perwira FSB Rusia.

Penduduk Kyiv tersebut menarik perhatian layanan khusus musuh karena aktivitasnya di saluran Telegram pro-Kremlin, di mana dia memperjuangkan perang Rusia melawan Ukraina.

Baca juga: Otoritas Ukraina menangkap kolaborator yang diduga memfasilitasi serangan Rusia di Vuhledar

Untuk melaksanakan “tugas”nya, tersangka menerima dana dari FSB yang disetorkan ke rekening banknya.

Saat melakukan penggeledahan di apartemen tersangka, SBU menyita telepon seluler dan komputer yang berisi bukti korespondensinya dengan layanan khusus Rusia, serta kartu bank dengan dana dari FSB.

Penyidik SBU secara resmi telah memberi tahu tersangka tentang dugaan pengkhianatan tinggi, yang dilakukan dalam keadaan perang.

Layanan Keamanan Ukraina

Layanan Keamanan Ukraina

Kami membawa suara Ukraina ke dunia. Dukung kami dengan sumbangan satu kali, atau menjadi Patron!

MEMBACA  Amerika Serikat dan Britania Raya Serang 18 Target Houthi di Yaman

Baca artikel asli di The New Voice of Ukraine