Rusia menggelar serangan udara yang mungkin menjadi salah satu yang terbesar terhadap Ukraina, kata Zelenskyy.

KIEV, Ukraina (AP) — Rusia meluncurkan sekitar 110 peluru kendali serta drone terhadap target-target Ukraina selama malam, kata Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, Jumat. Serangan itu menewaskan setidaknya tujuh warga sipil dan tampaknya menjadi salah satu serangan udara terbesar dalam 22 bulan perang ini.

Sebagian besar peluru kendali dan drone yang datang berhasil ditembak jatuh selama serangan sekitar 18 jam, menurut Zelenskyy. Namun, puluhan orang terluka dan sejumlah orang tidak diketahui berada di bawah reruntuhan, kata pejabat Ukraina. Beberapa bangunan yang rusak di Ukraina termasuk rumah sakit bersalin, blok apartemen, dan sekolah.

Zelenskyy mengatakan pasukan Kremlin menggunakan berbagai jenis senjata, termasuk peluru kendali balistik dan jelajah.

“Hari ini, Rusia menggunakan hampir setiap jenis senjata dalam arsenalnya,” kata Zelenskyy di platform media sosial X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Juru bicara Angkatan Udara Ukraina, Yurii Ihnat, mengatakan Rusia “sepertinya meluncurkan semua yang mereka miliki” dalam serangan itu.

Jika jumlah yang disebutkan oleh Zelenskyy terkonfirmasi, ini akan menjadi serangan udara terbesar oleh pasukan Kremlin sejak invasi penuh mereka pada Februari 2022. Menurut Angkatan Udara Ukraina, serangan terbesar sebelumnya terjadi pada November 2022 ketika Rusia meluncurkan 96 peluru kendali terhadap Ukraina.

Serangan itu terjadi ketika pertempuran di garis depan terhenti akibat cuaca musim dingin dan setelah serangan balik musim panas Ukraina gagal mencapai terobosan signifikan di sepanjang garis kontak sepanjang sekitar 1.000 kilometer.

Serangan selama sekitar 18 jam yang dimulai pada Kamis dan berlanjut hingga malam hari itu menghantam enam kota, termasuk ibu kota Kiev, dan daerah-daerah lain dari timur hingga barat Ukraine, menurut otoritas.

MEMBACA  Pemungutan suara dimulai untuk Parlemen Maladewa, diamati oleh India dan China yang bersaing untuk mengendalikan Samudra Hindia.

___

Ikuti liputan AP tentang perang di Ukraina di https://apnews.com/hub/russia-ukraine