Rusia Meminta Bukti Sebelum Memberikan Penjelasan tentang Benda yang Memasuki Ruang Udara Polandia

WARSAW, Poland (AP) — Rusia tidak akan memberikan penjelasan apa pun tentang objek yang tidak teridentifikasi yang sebentar memasuki wilayah udara Polandia sampai menerima bukti yang menunjukkan bahwa objek tersebut adalah rudal Rusia, kata diplomat Rusia teratas di Polandia pada hari Sabtu.

Angkatan bersenjata Polandia mengatakan sebuah objek tidak dikenal melakukan perjalanan sejauh 40 kilometer (24 mil) ke dalam wilayah udara negara itu pada hari Jumat dari arah Ukraina sebelum kemudian pergi beberapa menit kemudian dan menghilang dari radar. Kepala angkatan bersenjata Polandia, Jenderal Wiesław Kukuła, mengatakan “semuanya menunjukkan” itu adalah rudal Rusia.

Kementerian Luar Negeri Polandia menuntut penjelasan dari Moskow. Charge d’affaires Rusia di Warsawa, Andrei Ordash, mengatakan kepada kantor berita negara Rusia RIA Novosti pada hari Sabtu bahwa klaim Polandia tersebut “tidak berdasar.”

“Kami tidak akan memberikan penjelasan apa pun sampai kami diberikan bukti konkret, karena tuduhan ini tidak berdasar,” kata Ordash kepada RIA Novosti.

Sekitar 500 pasukan Pertahanan Teritorial Polandia sedang menyisir wilayah antara kota Zamosc dan perbatasan dengan Ukraina untuk mencari jejak objek tersebut.

Perbatasan Polandia dengan Ukraina juga merupakan perbatasan Uni Eropa dan NATO dengan Ukraina.

MEMBACA  Kunjungan Rishi Sunak dari Inggris ke Irlandia Utara untuk Merayakan Kesepakatan