Peredaran Narkotika yang Meningkat menjelang Tahun Baru 2024

loading…

Slamet Pribadi. Foto/Istimewa

Slamet Pribadi
Pakar Hukum Narkotika, Mantan Humas BNN

MENJELANG dan saat malam pergantian tahun, masyarakat banyak melakukan party bersama keluarga ataupun bersama komunitas. Party atau pesta tersebut dilakukan di tempat tertutup maupun terbuka.

Bagi pecandu dan penyalahguna narkotika, momen ini menjadi kesempatan untuk ber-party, untuk bersenang-senang, termasuk dengan menggunakan miras dan narkotika. Di sisi lain, bagi para pengedar dan pelaku kejahatan narkotika, ini adalah potensi pasar yang cukup menggiurkan. Maka, pasar semakin digencarkan dan dimasifkan. Sesuai hukum ekonomi, semakin tinggi permintaan, maka semakin tinggi pula penawaran/penyelundupan

Saya berharap dengan sisa waktu tinggal beberapa jam lagi dalam kegiatan masyarakat menyambut tahun baru , sebaiknya aparat meningkatkan operasi besar-besaran penyelidikan dan penyidikan untuk meniadakan atau minimalkan/mengurangi gerakan-gerakan peredaran. Caranya dengan meningkatkan operasi tertutup maupun terbuka, operasi perbatasan di jalan-jalan tikus, di jalan-jalan raya, terutama pada malam hari.

Aparat juga harus mengingatkan tempat party yang kerap dikunjungi masyarakat agar tidak menggunakan miras dan narkotika Aparatur negara harus tampil melindungi masyarakat atas kejahatan terhadap kemanusiaan ini. Untuk melindungi anak-anak dan remaja, peredaran gelap narkotika harus ditekan sekeras-kerasnya.

Harus diingat, dampak jangka pendek dan jangka panjang penggunaan dan penyalahgunaan narkotika sangat dahsyat. Manusia berpikiran lemot, absolut kecanduan, malas, dan sensitif. Pembangunan pun lamban karena Sumber Daya Manusia (SDM)-nya ogah berpikir dan bekerja keras.

Aparatur negara wajib hadir mewakili negara dan melindungi masyarakat dari bahaya penyalahgunaan narkotika.

(zik)

memuat…

Slamet Pribadi. Foto/Istimewa

Slamet Pribadi
Pakar Hukum Narkotika, Mantan Humas BNN

MENJELANG dan saat malam pergantian tahun, masyarakat banyak melakukan pesta bersama keluarga atau komunitas. Pesta-pesta ini diadakan di tempat terbuka maupun tertutup.

MEMBACA  Sukhdev Singh Mengarahkan Seri Kartu Keluarga, Langsung Terjun Setelah 35 Tahun Berkarir!

Bagi pecandu dan penyalahguna narkotika, momen ini menjadi kesempatan untuk berpesta dan bersenang-senang, termasuk dengan menggunakan minuman keras dan narkotika. Namun, bagi para pengedar dan pelaku kejahatan narkotika, ini adalah peluang pasar yang menjanjikan. Oleh karena itu, peredaran narkotika semakin diperluas dan diperbanyak. Sesuai dengan hukum ekonomi, semakin tinggi permintaan, maka semakin tinggi juga penawarannya.

Saya berharap dengan waktu yang tersisa hanya beberapa jam lagi sebelum masyarakat menyambut tahun baru, aparat meningkatkan operasi penyelidikan dan penyidikan secara besar-besaran untuk menghentikan atau meminimalkan peredaran narkotika. Caranya adalah dengan meningkatkan operasi yang dilakukan secara terbuka maupun tertutup, termasuk operasi di perbatasan, jalan tikus, dan jalan raya, terutama pada malam hari.

Aparat juga harus mengingatkan tempat-tempat yang sering dikunjungi masyarakat untuk berpesta agar tidak menggunakan minuman keras dan narkotika. Aparatur negara harus hadir untuk melindungi masyarakat dari kejahatan terhadap kemanusiaan ini. Untuk melindungi anak-anak dan remaja, peredaran gelap narkotika harus ditekan dengan sekuat mungkin.

Harus diingat, dampak jangka pendek dan jangka panjang penggunaan dan penyalahgunaan narkotika sangat berbahaya. Pengguna narkotika akan mengalami gangguan pikiran, ketergantungan yang mutlak, kelesuan, dan kepekaan yang berlebihan. Pembangunan juga akan terhambat karena Sumber Daya Manusia (SDM) yang malas dan enggan berpikir serta bekerja keras.

Aparatur negara wajib hadir untuk mewakili negara dan melindungi masyarakat dari bahaya penyalahgunaan narkotika.

(zik)