Perusahaan raksasa pisang Chiquita dihukum oleh pengadilan AS karena mendanai paramiliter

15 menit yang lalu

Oleh Vanessa Buschschlüter, Berita BBC

Getty Images

Sebuah pengadilan di Amerika Serikat telah menemukan perusahaan buah multinasional Chiquita Brands International bertanggung jawab atas pembiayaan kelompok paramiliter Kolombia.

Kelompok itu, United Self-Defence Forces of Colombia (AUC), ditetapkan oleh AS sebagai organisasi teroris pada saat itu.

Setelah kasus perdata yang diajukan oleh delapan keluarga Kolombia yang kerabatnya dibunuh oleh AUC, Chiquita diperintahkan untuk membayar $38.3 juta (£30 juta) sebagai ganti rugi kepada keluarga-keluarga tersebut.

Chiquita mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka bermaksud untuk mengajukan banding terhadap putusan juri, dengan argumen bahwa tidak ada dasar hukum untuk klaim-klaim tersebut.

Juri dalam kasus tersebut, yang didengar di pengadilan federal di Florida Selatan, menemukan Chiquita bertanggung jawab atas kematian delapan pria yang dibunuh oleh AUC.

AUC terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia yang meluas di Kolombia, termasuk membunuh orang yang dicurigai memiliki hubungan dengan pemberontak kiri.

Korban-korban tersebut bervariasi mulai dari buruh serikat hingga pekerja pisang.

Kasus ini diajukan oleh keluarga-keluarga setelah Chiquita mengakui bersalah pada tahun 2007 atas pembayaran kepada AUC.

Selama persidangan tahun 2007, terungkap bahwa Chiquita telah melakukan pembayaran sebesar lebih dari $1.7 juta kepada AUC dalam enam tahun dari 1997 hingga 2004.

Raksasa pisang tersebut mengatakan bahwa mereka mulai melakukan pembayaran setelah pemimpin AUC saat itu, Carlos Castaño, menyiratkan bahwa staf dan properti yang dimiliki oleh anak perusahaan Chiquita di Kolombia bisa terancam jika uang tersebut tidak diberikan.

Pengacara untuk Chiquita berargumen bahwa perusahaan tidak punya pilihan selain membayar AUC untuk melindungi karyawan-karyawan Kolombianya dari kekerasan.

Namun para penggugat berargumen bahwa perusahaan membentuk \”aliansi terlarang dengan AUC\” pada saat Chiquita sedang memperluas kehadirannya di wilayah yang dikuasai oleh AUC.

MEMBACA  4 Negara Bergabung dengan Amerika Serikat dalam Menangguhkan Pendanaan untuk Badan Bantuan PBB di Gaza: Pembaruan Langsung

Pembayaran reguler berlanjut bahkan setelah AUC ditetapkan oleh AS sebagai organisasi teroris asing pada tahun 2001.

Saat puncaknya, diperkirakan memiliki 30.000 anggota yang terlibat dalam intimidasi, perdagangan narkoba, ekstorsi, pengusiran paksa, dan pembunuhan.

Mereka juga melancarkan serangan brutal terhadap warga desa yang dicurigai mendukung pemberontak kiri.

Kelompok itu membubarkan diri pada tahun 2006 setelah mencapai kesepakatan perdamaian dengan pemerintah, tetapi beberapa anggotanya kemudian membentuk kelompok-kelompok pecahan baru yang tetap aktif.

Gugatan kelompok terhadap Chiquita yang berakhir pada hari Senin berfokus pada sembilan kasus, yang dipilih dari ratusan klaim terhadap perusahaan pisang tersebut.

Juri menemukan bahwa AUC bertanggung jawab atas delapan dari sembilan pembunuhan yang diteliti sebagai bagian dari gugatan hukum.

Juri juga memutuskan bahwa Chiquita dengan sengaja memberikan bantuan substansial kepada AUC, dalam tingkat yang cukup untuk menciptakan risiko kerugian yang dapat diprediksi.

Chiquita mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dirilis setelah putusan bahwa situasinya di Kolombia \”tragis bagi begitu banyak orang, termasuk mereka yang terkena langsung oleh kekerasan di sana, dan pikiran kami tetap bersama mereka dan keluarga mereka\”.

\”Namun, itu tidak mengubah keyakinan kami bahwa tidak ada dasar hukum untuk klaim-klaim ini,\” tambahnya.

Perusahaan mengatakan tetap yakin bahwa posisi hukumnya akhirnya akan menang.

Agnieszka Fryszman, salah satu pengacara utama bagi para penggugat, sementara itu memuji keluarga-keluarga yang ia wakili, mengatakan bahwa mereka telah \”mengorbankan nyawa mereka untuk maju untuk menuntut Chiquita bertanggung jawab, menempatkan kepercayaan mereka pada sistem keadilan Amerika Serikat\”.

Dia menambahkan bahwa \”putusan tersebut tidak mengembalikan suami dan anak laki-laki yang telah terbunuh, tetapi itu membuat catatan menjadi jelas dan menempatkan pertanggungjawaban atas pembiayaan terorisme di mana itu seharusnya: di depan pintu Chiquita\”.

MEMBACA  Bintang TV Afrika Selatan Dikeluarkan dari Pesawat CemAir karena Perilaku 'Tidak Terkendali'

Pengacara lain untuk keluarga-keluarga Kolombia, Leslie Kroeger, mengatakan bahwa \”setelah 17 tahun yang panjang melawan pertahanan yang didanai dengan baik, keadilan akhirnya dilayani\”.

Kasus kedua terhadap Chiquita yang diajukan oleh kelompok penggugat lainnya dijadwalkan akan dimulai pada 15 Juli.

\”