Perang Rusia-Ukraina: Daftar peristiwa kunci, hari 838 | Berita Perang Rusia-Ukraina

Saat perang memasuki hari ke-838, ini adalah perkembangan utamanya. Berikut situasinya pada hari Rabu, 12 Juni 2024.

Pertempuran
Wali kota Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, mengatakan jumlah serangan Rusia terhadap kota tersebut telah menurun sejak pasukan Ukraina melancarkan serangan misil ke posisi peluncuran misil di Rusia. Meskipun serangan misil dan drone terus berlanjut, Terekhov mengatakan kepada agensi berita Reuters bahwa memungkinkan pasukan Ukraina untuk menargetkan situs di seberang perbatasan telah membantu membawa “ketenangan” relatif.
Rusia mengklaim telah merebut dua desa Ukraina lagi – Myasozharivka di wilayah Luhansk dan Tymkivka di wilayah Kharkiv timur laut – seperti yang dilaporkan oleh agensi berita TASS negara Rusia, mengutip Kementerian Pertahanan.
Kementerian Luar Negeri India mengatakan dua warga negara India yang direkrut oleh tentara Rusia tewas baru-baru ini di medan perang. Kementerian itu mendesak duta besar Rusia di New Delhi dan otoritas di Moskow untuk segera melepaskan dan mengembalikan semua warga negara India yang berada bersama tentara Rusia, dan menghentikan rekrutmen warga negara India lebih lanjut, tambahnya dalam sebuah pernyataan.

Politik dan diplomasi
Juru bicara Gedung Putih John Kirby mengatakan Amerika Serikat akan mengumumkan sanksi dan kontrol ekspor baru yang “berdampak” selama KTT G7 di Italia selatan akhir pekan ini, menargetkan entitas dan jaringan yang membantu Rusia melawan perangnya melawan Ukraina. “Kami akan terus meningkatkan biaya untuk mesin perang Rusia,” kata Kirby.
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jin mengatakan Beijing akan menentang semua sanksi unilateral setelah peringatan baru dari negara-negara G7 tentang bank-bank China kecil tentang keterkaitan mereka dengan Rusia.
Partai AfD sayap kanan Jerman dan partai BSW sayap kiri memboikot pidato parlementer Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, yang sebelumnya telah memperingatkan bahwa retorika pro-Rusia merupakan ancaman yang meningkat bagi Uni Eropa. AfD dan BSW, yang sama-sama menentang dukungan militer untuk Ukraina, membuat keuntungan besar dalam pemilihan parlemen UE.

MEMBACA  Leclerc mengakhiri kutukan Monaco dengan kemenangan F1 di kandang impian | Berita Motorsport

PBB melaporkan tahunan Children in Armed conflict mengatakan tentara Rusia dan “kelompok bersenjata yang berafiliasi” telah membunuh 80 anak di Ukraina pada tahun 2023 dan melukai 339. Laporan tersebut, yang akan diterbitkan pada hari Kamis namun dilihat oleh beberapa agensi berita, mengatakan kekerasan terhadap anak-anak dalam konflik bersenjata mencapai “tingkat ekstrem” pada tahun 2023.
Pengadilan Wilayah Moskow mempertahankan putusan bahwa Maksim Lypkan berusia 19 tahun, yang ditangkap pada Februari 2023 saat ia merencanakan protes menentang serangan Ukraina, harus tetap berada di rumah sakit jiwa dan menjalani perawatan psikiatri paksa, menurut media independen SOTA. Lypkan dituduh menyebarkan “palsu [informasi] tentang tentara Rusia”.
Presiden Rusia Vladimir Putin akan tetap mempertahankan sekutu yang diturunkan Nikolai Patrushev, seorang pejuang Perang Dingin yang merancang strategi keamanan nasional Kremlin, di Dewan Keamanan Nasional Rusia, menurut dekret. Dewan tersebut adalah badan konsultatif yang dipimpin oleh Putin.

Senjata
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy meminta sekutu untuk meningkatkan dukungan pertahanan udara mereka untuk membantu melindungi infrastruktur energi Ukraina, memberitahu delegasi pada konferensi internasional tentang membangun kembali Ukraina bahwa setidaknya tujuh sistem misil Patriot diperlukan.
Departemen Luar Negeri AS mengatakan telah melakukan “tinjauan menyeluruh” terhadap brigade Azov Ukraina dan tidak menemukan “bukti” pelanggaran hak asasi manusia, membuka jalan bagi unit tersebut untuk menerima pelatihan dan senjata dari AS. Washington mengatakan brigade saat ini berbeda dari “batalyon Azov” yang didirikan satu dekade yang lalu dan “dibubarkan pada tahun 2015” dan dicemari tuduhan bahwa beberapa anggotanya memiliki pandangan ekstrem kanan dan ekstrem.