Perang Rusia-Ukraina: Daftar peristiwa kunci, hari 837 | Berita Perang Rusia-Ukraina

Saat perang memasuki hari ke-837, inilah perkembangan utamanya.

Berikut adalah situasinya pada hari Selasa, 11 Juni 2024.

Pertempuran

Setidaknya enam orang terluka setelah Rusia melepaskan tiga bom pandu di kota Kharkiv di timur laut Ukraina. Wali Kota Ihor Terekhov mengatakan serangan terhadap kota terbesar kedua negara itu merusak setidaknya dua rumah dan beberapa mobil, serta menyebabkan kebakaran.
Empat orang, termasuk seorang kameramen dengan televisi Rossiya-24, terluka ketika ranjau meledak di Shebekino di wilayah Belgorod Rusia dekat perbatasan dengan Ukraina. Tiga orang lainnya terluka dalam penembakan Ukraina, menurut Gubernur regional Vyacheslav Gladkov.
Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya merebut desa Staromaiorske di bagian selatan wilayah Donetsk timur Ukraina. Militer Ukraina tidak mengakui hal tersebut dalam laporan yang dikeluarkan pada Senin malam. Ia mengatakan pasukan Rusia telah mencoba maju di dekat Staromaiorske dan desa terdekat, Vodiane, \”tetapi tidak berhasil. Pasukan pertahanan mengendalikan situasi\”.
Militer Ukraina mengatakan merusak tiga sistem pertahanan udara permukaan Rusia dalam serangan rudal di Semenanjung Crimea yang dikepung oleh Moskow di Ukraina. Serangan tersebut menghantam sistem S-400 di Dzhankoi dan dua sistem S-300 yang kurang canggih di dekat Yevpatoriya dan Chornomorske, menyebabkan \”kerugian besar\” bagi pertahanan udara Rusia, kata staf jenderal Ukraina. Tidak ada komentar resmi dari Rusia. Ledakan di daerah tersebut dilaporkan di saluran media sosial.
Militer Ukraina menunjuk Vadym Sukharevskyi sebagai komandan pasukan drone, menyoroti pentingnya perang drone dalam konflik tersebut.

Politik dan diplomasi

Swiss mengatakan telah mencatat peningkatan serangan cyber dan disinformasi menjelang pertemuan perdamaian akhir pekan ini tentang Ukraina. Sembilan puluh negara dan organisasi telah mendaftar untuk ikut serta dalam pembicaraan di dekat kota Lucerne pada 15-16 Juni. Rusia tidak diundang.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy tiba di Jerman untuk sebuah konferensi tentang rekonstruksi dan pemulihan pasca perang Ukraina dan diperkirakan juga akan melakukan pembicaraan dengan Kanselir Olaf Scholz.
Mustafa Nayyem, kepala Badan Negara Ukraina untuk Restorasi dan Pengembangan Infrastruktur, mengundurkan diri, dengan alasan pemotongan anggaran dan keterlambatan birokratis.
Surat kabar Rusia Vedomosti mengatakan Presiden Vladimir Putin akan mengunjungi Korea Utara dan Vietnam dalam beberapa minggu mendatang, dengan Duta Besar Rusia untuk Korea Utara Alexander Matsegora mengatakan kepada surat kabar tersebut bahwa kunjungan Putin ke Pyongyang sedang \”dipersiapkan dengan aktif\”. Hubungan antara Moskow dan Pyongyang telah memperdalam dalam beberapa bulan terakhir dengan pemimpin Kim Jong Un bertemu Putin di timur Rusia pada September tahun lalu. Monitor PBB mengatakan Rusia telah menggunakan senjata Korea Utara di Ukraina.
Sebuah pengadilan di kota Rusia Yekaterinburg menghukum seorang pria dengan tiga tahun di koloni hukuman karena mengejek seorang anak laki-laki berusia 11 tahun yang mengenakan topi dengan simbol “Z” pro-militer. Alexander Neustroyev dituduh melakukan hooliganisme setelah tertangkap kamera pengaman berteriak, “Pakailah topi itu di pantatmu, bodoh!” pada anak laki-laki tersebut saat berjalan melewati. Huruf “Z”, yang dicat di tank militer Rusia yang dikirim ke Ukraina pada Februari 2022, telah menjadi simbol dukungan yang sangat diperhatikan bagi invasi Rusia ke Ukraina.
Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan mencabut akreditasi Maria Knips-Witting, koresponden untuk penyiar publik ORF Austria, dan memerintahkannya untuk meninggalkan negara tersebut sebagai tanggapan atas pengusiran seorang jurnalis untuk agensi berita negara Rusia TASS.

MEMBACA  Warga Israel-Amerika yang Diduga sebagai Sandera Hamas Tewas pada 7 Oktober, Ungkap Keluarga

Senjata

Serhii Holubtsov, kepala penerbangan di komando angkatan udara angkatan bersenjata Ukraina, mengatakan kepada Radio Free Europe/Radio Liberty yang didanai oleh pemerintah AS bahwa Ukraina memiliki rencana untuk menempatkan beberapa F-16 yang diberikan oleh sekutu Eropa di pangkalan luar negeri karena alasan keamanan.