Pembicaraan buruh, arbitrase akan dilanjutkan di sektor penerbangan Jerman

Setelah serangkaian mogok kerja yang mengganggu di industri penerbangan Jerman, negosiasi gaji kunci akan dilanjutkan pada hari Kamis melibatkan serikat pekerja untuk puluhan ribu pekerja.

Maskapai Jerman Lufthansa akan kembali ke meja perundingan dengan serikat pekerja pramugari, UFO, atas tuntutan mereka untuk kenaikan gaji 15% dan bonus untuk sekitar 19.000 pramugari di Lufthansa dan anak perusahaannya, Lufthansa Cityline, kata sumber serikat kepada dpa.

Pada hari Jumat, serikat pekerja yang mewakili sekitar 25.000 pekerja keamanan penerbangan yang melakukan pemeriksaan penumpang dan bagasi di berbagai bandara di Jerman akan memulai proses arbitrase atas kontrak kolektif mereka dengan kontraktor keamanan swasta.

Para pihak telah menetapkan batas waktu awal hingga tengah malam pada hari Minggu (2200 GMT Sabtu) untuk mencapai kesepakatan. Serikat pekerja verdi telah setuju untuk tidak menggelar mogok lebih lanjut setidaknya sampai pembicaraan arbitrase selesai.

Pekerja keamanan penerbangan menuntut berbagai isu dalam perundingan, menurut negosiator verdi, Wolfgang Pieper, dan semua masalah tetap terbuka dan belum terselesaikan meskipun sudah ada enam putaran negosiasi dan beberapa mogok sebelumnya.

Namun, tuntutan serikat untuk perombakan besar-besaran dalam cara kerja lembur menjadi hambatan terbesar dalam perundingan dengan Asosiasi Perusahaan Keamanan Penerbangan (BDLS).

Rekomendasi arbitrator tidak mengikat.

Minggu lalu, Lufthansa berhasil mencapai kesepakatan dalam arbitrase dengan sekitar 25.000 karyawan lapangan yang diwakili oleh serikat verdi. Kesepakatan yang diusulkan, yang masih harus disahkan oleh anggota serikat, akan memberikan kenaikan gaji rata-rata 12,5% dan bonus €3.000 ($3.230).

Perdana Menteri sayap kiri dari negara bagian Jerman timur, Thuringia, Bodo Ramelow, membantu memimpin pembicaraan arbitrase. Karyawan lapangan Lufthansa sebelumnya telah melakukan beberapa mogok singkat dan memberikan suara untuk mengizinkan berhenti kerja tanpa batas.

MEMBACA  Penembak membunuh 60 orang di Gedung Konser di Luar Moskow, Laporan Media Negara