Otoritas Rusia Mengklaim Serangan Ukraina Terhadap Belgorod

Ledakan dan kebakaran tercatat di Belgorod, Rusia pada tanggal 30 Desember, menurut saluran Telegram Rusia. Pejabat Rusia menuduh Ukraina melakukan serangan terhadap kota tersebut. Kyiv tidak mengklaim tanggung jawab atas serangan tersebut.

Laporan ini datang hanya satu hari setelah Rusia melancarkan gelombang serangan massal terhadap Ukraina yang menewaskan setidaknya 39 orang dan melukai lebih dari 160 orang lainnya.

Gubernur Oblast Belgorod, Vyacheslav Gladkov, mengklaim sekitar pukul 3 sore waktu setempat bahwa pasukan Ukraina melancarkan serangan terhadap pusat Belgorod, sebuah kota yang berjarak sekitar 40 kilometer dari perbatasan Ukraina.

Hampir satu jam kemudian, Gladkov menulis di saluran Telegram-nya bahwa peringatan serangan misil telah diaktifkan dan mengimbau warga untuk menuju tempat perlindungan.

Kementerian Situasi Darurat Rusia mengklaim bahwa 14 orang tewas selama serangan tersebut, termasuk dua anak-anak. Sebanyak 108 orang, termasuk 15 anak-anak, diduga terluka.

Kyiv Independent tidak dapat memverifikasi klaim-klaim tersebut.

Otoritas Ukraina tidak mengklaim tanggung jawab, karena mereka umumnya tidak mengomentari laporan serangan dan ledakan di wilayah Rusia.

Ukrainska Pravda melaporkan bahwa menurut sumbernya di lembaga intelijen, pasukan Ukraina menargetkan fasilitas militer di Oblast Belgorod.

Kerusakan di kota tersebut disebabkan oleh kesalahan pertahanan udara Rusia, yang mengakibatkan puing-puing jatuh di pusat kota, klaim sumber tersebut.

Informasi serupa diberikan kepada RBC Ukraine oleh sumber intelijen yang tidak diungkapkan oleh agensi berita tersebut.

Pasukan Ukraina diduga menargetkan situs militer di kota tersebut, tetapi respons yang tidak efisien dari pertahanan Rusia mengakibatkan kerusakan di area sipil, menurut sumber RBC Ukraine.

“Langkah-langkah bersama ini adalah hasil dari serangan barbar terhadap Dnipro, Kharkiv, Odesa, dan pembunuhan warga sipil. Langkah-langkah ini masih berlangsung,” kata sumber tersebut.

MEMBACA  Melambat Seperti Scarlett - The New York Times

Kyiv Independent tidak dapat memverifikasi informasi ini.

Rekaman yang dipublikasikan di saluran Telegram Rusia menunjukkan beberapa kebakaran di kota tersebut, bangunan yang rusak, dan mobil yang terbakar.

Pejabat Rusia di Oblast Belgorod, yang berbatasan dengan Oblast Kharkiv dan Sumy Ukraina, secara rutin melaporkan serangan lintas batas oleh pasukan Ukraina.

Baca juga: Perang Ukraina terbaru: Serangan udara terbesar Rusia terhadap Ukraina menewaskan 30 orang, melukai lebih dari 160

Kami telah bekerja keras untuk menyajikan berita independen dari sumber lokal di Ukraina. Pertimbangkan untuk mendukung Kyiv Independent.