goY sNt 2Go aDD Mju djj EfP sb YkG RU

Mantan Anggota Parlemen Pashynskyi Dituduh Menjual Properti Negara Secara Ilegal

Mantan anggota parlemen Ukraina, Serhiy Pashynskyi, bersama dengan mitra bisnisnya dan empat tersangka lainnya, telah didakwa atas penggelapan dan penjualan 97.000 ton produk minyak yang disita oleh Ukraina dan seharusnya digunakan untuk kebutuhan militer, demikian diumumkan oleh penegak hukum Ukraina pada tanggal 12 Februari.

Baca juga: SBU membakar dua kilang minyak Rusia lagi

Hal ini mengakibatkan kerugian hampir UAH 1 miliar ($26 juta) bagi anggaran negara. Lima tersangka tersebut sekarang menghadapi hukuman penjara hingga 12 tahun.

Dakwaan ini diumumkan oleh layanan keamanan SBU Ukraina, Biro Anti-Korupsi Nasional (NABU), dan Kantor Jaksa Khusus Anti-Korupsi (SAPO).

Sumber-sumber NV mengkonfirmasi bahwa rumah Pashynskyi baru-baru ini diperiksa oleh petugas SBU dan NABU.

Pada tahun 2014, pengadilan menyita 100.000 ton bahan bakar dari perusahaan-perusahaan yang dekat dengan oligarki Ukraina, Serhiy Kurchenko. Ia dicurigai telah mencuri bensin dari perusahaan minyak dan gas negara Naftogaz.

Pada tahun 2015, dengan bantuan lobinya, Pashynskyi mentransfer produk-produk minyak ini untuk dijual kepada perusahaan negara khusus yang mengisi anggaran negara, sesuai dengan SBU. Saat itu, perusahaan tersebut dipimpin oleh pejabat yang dikendalikan oleh mitra bisnis Pashynskyi. Pejabat perusahaan memfasilitasi penjualan produk minyak dengan harga yang jauh lebih rendah kepada sekelompok perusahaan yang dimiliki oleh mitra bisnis Pashynskyi.

Baca juga: Pejabat Ukraina Tertinggi Dituduh Menggelapkan $1,8 juta Dana Negara – NABU

“Produk-produk minyak ini kemudian dijual di pompa bensin kelompok perusahaan ini dan pompa bensin jaringan lainnya, dan hasil penjualannya dikonsentrasikan di antara para penerima manfaat dari skema ini,” kata SBU.

Untuk membuatnya terlihat bahwa produk minyak yang disita tersebut ditransfer untuk keperluan Kementerian Pertahanan, perusahaan negara melakukan pengiriman yang relevan secara komersial, yang mana kementerian membayar penuh.

MEMBACA  Polisi Menginterogasi Mantan Mentan SYL dan 5 Saksi di Bareskrim Polri

Namun, Kementerian Pertahanan hanya menerima 1,6% dari produk minyak tersebut.

Baca juga: SBU menyebut mantan pejabat sebagai tersangka dalam cabang FSB Melitopol, yang mengawasi penyiksaan warga setempat

“Sementara itu, para terdakwa menjual produk yang sama kepada kelompok perusahaannya dengan harga separuh lebih murah daripada yang diberikan kepada Angkatan Bersenjata,” tambah pesan tersebut.

“Menurut penyelidikan, mantan anggota parlemen memberikan perlindungan politik untuk transaksi-transaksi ini dengan menggunakan pengaruhnya pada perusahaan negara, lembaga peradilan, dan penegak hukum yang terlibat dalam pengambilan produk minyak tersebut.”

Kami membawa suara Ukraina ke dunia. Dukung kami dengan sumbangan sekali waktu, atau menjadi Patron!

Baca artikel asli di The New Voice of Ukraine