Milei dari Argentina membawa gergajinya ke negara, memotong 15.000 pekerjaan dan memicu protes

BUENOS AIRES, Argentina (AP) – Argentina mengumumkan pada hari Rabu bahwa telah mengurangi 15.000 pekerjaan di sektor publik sebagai bagian dari kampanye agresif Presiden Javier Milei untuk mengurangi pengeluaran, langkah ekonomi yang menyakitkan yang telah membuat pemerintahan libertarian tersebut berhadapan dengan protes marah dan serikat dagang yang kuat.

Juru bicara presiden, Manuel Adorni, mengumumkan pemotongan pekerjaan dalam konferensi pers, menggambarkannya sebagai kunci untuk perombakan sektor publik yang gemuk di Argentina.

“Ini bagian dari pekerjaan yang kami lakukan untuk mengurangi pengeluaran negara,” katanya kepada wartawan.

Pekerja yang dipecat “mungkin tidak memiliki pekerjaan yang sangat terdefinisi,” tambahnya. “Gaji mereka didukung oleh pajak.”

Ratusan karyawan yang menentang – beberapa diberitahu tentang pemutusan hubungan kerja mereka minggu lalu dan yang lain sebelumnya – menyerbu tempat kerja mereka di Buenos Aires dan kota-kota terdekat pada hari Rabu, memukul drum, mengecam pemecatan mereka sebagai tidak adil, dan menuntut pemulihan jabatan mereka.

Meskipun hujan, kerumunan yang mengenakan kaos hijau serikat pekerja terbesar negara itu, Asosiasi Pekerja Negara, atau ATE, berkumpul di luar kementerian-kementerian nasional. Dalam beberapa kasus, bentrokan terjadi ketika polisi berjuang untuk mengusir para pengunjuk rasa dari gedung pemerintah.

Pekerja di kementerian-kementerian yang dijanjikan oleh Mileli untuk ditutup, seperti Institut Nasional Melawan Diskriminasi, bersama dengan sejumlah lembaga negara lainnya – termasuk kementerian ekonomi, energi, dan sosial – menerima pemberitahuan pemutusan hubungan kerja terbaru.

“Pemecatan ini memiliki wajah, mereka memiliki keluarga, mereka memiliki kebutuhan nyata dalam konteks perubahan besar dan kemiskinan besar di Argentina,” kata Mercedes Cabezas, sekretaris jenderal ATE, kepada Associated Press di luar Kementerian Tenaga Kerja sambil para demonstran mengangkat tinjunya dan menyanyikan lagu di sekelilingnya.

MEMBACA  Iran Menembakkan Baterai Pertahanan Udara di Provinsi-provinsi saat Ledakan Terdengar di Dekat IsfahanMenembakkan Baterai Pertahanan Udara Iran di Provinsi-provinsi saat Terdengar Ledakan di Dekat Isfahan

“Dampaknya sangat dalam karena dikombinasikan dengan pengurangan program-program sosial, sehingga akhirnya kita mendapat peningkatan kemiskinan,” katanya.

Milei berkampanye untuk presiden sambil mengayunkan gergaji mesin – berjanji untuk memperbaiki ekonomi yang selalu bermasalah di Argentina dengan memangkas ukuran negara. Bertekad untuk mengimbangi anggaran negara, dia telah memangkas subsidi energi dan transportasi, menghentikan proyek-proyek publik, memotong pembayaran kepada pemerintah provinsi, dan menurunkan nilai peso lebih dari 50% untuk menutup kesenjangan antara kurs resmi dan kurs pasar gelap.

Namun, hal tersebut telah meningkatkan inflasi, membuat lebih sulit bagi warga Argentina yang sedang berjuang untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Bahkan sebelum minggu lalu, ketika HernĂ¡n Silva berusia 41 tahun masih memiliki pekerjaan di Badan Keselamatan Jalan Nasional yang membayarnya dengan gaji bulanan dasar sebesar $250, dia merasa stres karena tidak memiliki cukup uang “untuk apa pun” ketika harga bahan bakar, daging, dan obat-obatan melonjak.

“Saya hanya bisa bertahan hingga akhir bulan,” katanya. Setelah 14 tahun di badan keselamatan jalan, bosnya menelepon pada hari Rabu lalu untuk memberitahunya – dan 20 rekan kerjanya – bahwa itu adalah hari terakhir mereka.

Silva dan rekan kerjanya mencoba untuk masuk ke kantor mereka pada hari Rabu – hari pertama kembali bekerja setelah liburan seminggu di Argentina – tetapi menyerah ketika manajer mengancam akan memanggil polisi.

“Rencana saya sekarang hanyalah berjuang untuk pekerjaan saya karena ini tidak adil,” katanya. Baik dia maupun rekan-rekannya tidak menerima pemberitahuan pemutusan hubungan kerja resmi.

Meskipun adu jotos terbatas dengan petugas, protes hari Rabu sebagian besar berlangsung damai. Polisi turun tangan di pusat kota, sebagai pengingat dari janji pemerintah untuk membatasi demonstrasi yang mengganggu.

MEMBACA  Klip tsunami Jepang 2011 salah dibagikan sebagai kerusakan dari gempa Tahun Baru

Mereka yang masuk ke gedung-gedung publik, kata juru bicara Adorni, “akan menderita akibatnya.”

Serikat dagang Argentina – salah satu sektor yang paling terdampak oleh restrukturisasi Milei – tampaknya tak gentar. Pejabat serikat berjanji akan melakukan mogok besar-besaran. Pekerja yang dipecat bersumpah akan terus muncul di kantor mereka.

“Kami akan terus bergerak,” kata Cabezas. “Pertarungan kami baru saja dimulai.”