Ledakan dan kebakaran di pabrik persenjataan di Polandia menewaskan 1 orang dan melukai yang lain

WARSAW, Poland (AP) — Sebuah ledakan di pabrik persenjataan di Polandia pada hari Senin menyebabkan kebakaran yang menewaskan seorang pria berusia 59 tahun yang bekerja di sana dan melukai orang lain, para pejabat mengatakan.

Perdana Menteri Donald Tusk mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk mengasumsikan bahwa ada “kekuatan eksternal” di balik ledakan hari Senin di pabrik Mesko.

Polandia baru-baru ini menjadi saksi serangkaian kebakaran, dan para pejabat telah menyelidiki apakah ini bisa menjadi hasil sabotase oleh layanan rahasia Rusia atau Belarusia sebagai reaksi terhadap dukungan Polandia untuk Ukraina.

Letusan terjadi di pabrik Mesko di kota Skarzysko-Kamienna, menurut pernyataan yang diterbitkan oleh Polska Grupa Zbrojeniowa (Grup Persenjataan Polandia), sebuah kelompok holding negara yang menyatukan perusahaan manufaktur senjata.

“Ini adalah tragedi besar untuk seluruh Grup Persenjataan Polandia,” kelompok itu mengatakan di situs webnya. Mereka mengatakan sedang dilakukan penyelidikan.

Pabrik ini adalah produsen amunisi, termasuk rudal. Skarzysko-Kamienna berjarak sekitar 135 kilometer (85 mil) di selatan ibu kota Polandia, Warsawa.

MEMBACA  Sony Bravia ini adalah salah satu rahasia terbaik dalam TV - dan sekarang diskon hingga $1,000