Keanggotaan Ukraina akan “mengambil tahun, bukan dekade”

Pertama-tama, saya ingin menyampaikan kepada Anda bahwa bergabungnya Ukraina ke anggota UE akan memakan waktu bertahun-tahun daripada dekade, demikian dikatakan oleh Vera Jourova, wakil presiden Komisi UE, kepada media Ceko Novinky dalam wawancara yang diterbitkan pada tanggal 30 Desember.

“Ukraina sedang melakukan pekerjaan luar biasa dalam mengimplementasikan reformasi yang diperlukan dan diinginkannya di tengah-tengah perang,” katanya.

Dewan Eropa telah setuju untuk membuka pembicaraan aksesi dengan Ukraina dan Moldova pada tanggal 14 Desember.

Ukraina dan Moldova diberikan status calon pada bulan Juni lalu, setelah itu Kyiv diberikan tujuh kriteria yang harus dipenuhi untuk memulai pembicaraan aksesi dengan UE.

Komisi Eropa mengeluarkan penilaian yang menguntungkan atas kemajuan Ukraina pada bulan November dan merekomendasikan dimulainya pembicaraan aksesi.

Berdasarkan laporan Komisi tanggal 8 November, Kyiv telah memenuhi empat dari tujuh kriteria yang terkait dengan dua reformasi peradilan, penyelarasan legislasi anti pencucian uang, dan reformasi media.

UE meminta dua undang-undang anti korupsi, satu undang-undang anti pengaruh, dan satu undang-undang terkait minoritas sebagai bagian dari persyaratan untuk masuk ke UE, namun ditambahkan bahwa setelah pembukaan pembicaraan aksesi, akan dimulai lebih banyak pekerjaan dan semua undang-undang Ukraina harus disesuaikan dengan legislasi Eropa.

“Ini adalah awal dari proses yang sangat sulit, dan orang-orang Ukraina melaporkan bahwa mereka siap untuk itu,” katanya.

Ia mengatakan bahwa akan sulit untuk mengkondisikan pembicaraan aksesi Ukraina dengan negara tersebut mendapatkan kembali semua wilayahnya.

Jourova juga mengatakan bahwa sistem “keanggotaan penuh atau tidak ada keanggotaan” tidak lagi ada, Ukraina dapat mendekat ke UE tanpa menjadi anggota dan mendapatkan akses ke pasar Eropa, meskipun dengan pembatasan.

MEMBACA  Exponent Akan Mengumumkan Hasil Kuartal Pertama Tahun Fiskal 2024 dan Mengadakan Panggilan Konferensi Triwulanan pada 25 April 2024 oleh Investing.com

“Ukraina dapat memperoleh semua ini sebelum menjadi negara anggota,” katanya.

Kami telah bekerja keras untuk memberikan berita independen dan setempat dari Ukraina. Pertimbangkan untuk mendukung Kyiv Independent.