Jaksa mengatakan Alec Baldwin melanggar ‘aturan utama’ dalam penanganan senjata | Berita Pengadilan

Pengadilan aktor Hollywood telah dimulai di Santa Fe, tiga tahun setelah pembunuhan sinematografer Rust Halyna Hutchins.

Seorang jaksa New Mexico telah berargumen bahwa aktor Alec Baldwin melanggar “aturan utama” dalam penanganan senjata dalam pembunuhan 2021 sinematografer Rust Halyna Hutchins, sementara pengacaranya mengatakan bahwa dia gagal oleh para ahli keamanan set film yang sudah dihukum dalam kasus ini.

Baldwin, 66, sedang menjalani sidang di kematian tembakan di lokasi syuting Hollywood pertama dalam tiga dekade. Dia mencatat di meja belakang dan mendengarkan dengan tenang pernyataan pembukaan dalam sidang pembunuhan yang tidak disengaja pada hari Rabu.

Sebuah juri terdiri dari 12 dan empat alternatif – 11 wanita dan lima pria – mendengarkan jaksa Erlinda Johnson menguraikan argumen bahwa Baldwin mengabaikan keselamatan selama syuting film berbiaya rendah sebelum menunjuk senjata ke arah Hutchins selama latihan, mengeluarkannya dan menarik pelatuknya saat mereka menyiapkan pengambilan gambar di set barat daya Santa Fe.

“Bukti akan menunjukkan bahwa seseorang yang bermain-main dengan senjata nyata dan melanggar aturan utama keselamatan senjata api adalah terdakwa, Alexander Baldwin,” kata Johnson.

Istri Baldwin, Hilaria Baldwin, juga hadir dalam persidangan dan duduk di baris kedua galeri publik. Saudara laki-lakinya, Stephen Baldwin, duduk di depannya.

Hilaria Baldwin mendengarkan selama persidangan suaminya, aktor Alec Baldwin di Distrik County Santa Fe, New Mexico [Ross D Franklin/Pool/AFP]

Pengacara Baldwin, Alex Spiro menunjuk kepada Rust armourer Hannah Gutierrez – kepala keamanan senjata – dan asisten sutradara pertama Dave Halls – bertanggung jawab atas keselamatan set secara keseluruhan. Keduanya telah dihukum dalam penembakan, dan Spiro mengatakan mereka tidak memeriksa peluru di senjata untuk memastikan aman bagi Baldwin untuk digunakan.

MEMBACA  Rapat Selasa: Hungaria Menyetujui Penawaran Swedia untuk Bergabung dengan NATO

“Ada orang yang bertanggung jawab atas keselamatan senjata api, tetapi aktor Alec Baldwin tidak melakukan kejahatan,” kata Spiro.

Hutchins tewas, dan sutradara Joel Souza terluka ketika revolver Reproduksi 1873 Single Action Army Baldwin melepaskan peluru langsung, yang tidak sengaja dimuat oleh Gutierrez.

Sejak wawancara polisi pada 21 Oktober 2021, hari penembakan, Baldwin telah berargumen bahwa senjata itu tiba-tiba “meledak.”

Dalam wawancara ABC News dua bulan kemudian, Baldwin juga memberitahu George Stephanopoulos bahwa dia tidak menarik pelatuk.

Sementara itu, uji coba FBI tahun 2022 menemukan bahwa senjata itu dalam kondisi kerja normal dan tidak akan meledak dari posisi penuh tanpa pelatuk ditarik. Jaksa negara menuduh Baldwin dengan pembunuhan tidak disengaja pada Januari 2022. Mereka menarik tuduhan tersebut tiga bulan kemudian setelah pengacara Baldwin menyajikan bukti foto bahwa senjata itu dimodifikasi, berargumen bahwa itu akan meledak dengan lebih mudah, memperkuat argumen peluru yang tidak disengaja aktor.

Pada hari Rabu, Spiro mengatakan bahwa bahkan jika Baldwin menarik pelatuk, itu bukanlah kejahatan. Dia mengatakan bahwa tugas Gutierrez dan Halls adalah memungkinkan seorang aktor dengan aman “mengayunkannya, menunjukkannya, menarik pelatuknya, seperti yang dilakukan aktor.”

“Di lokasi syuting film, Anda diizinkan menarik pelatuk, jadi bahkan jika dia dengan sengaja menarik pelatuk, seperti yang dikatakan jaksa, itu tidak berarti dia melakukan pembunuhan,” kata Spiro.

Armorer Gutierrez, yang tugasnya di set Rust termasuk mengelola senjata api dengan aman, telah dihukum karena pembunuhan tidak disengaja pada Maret karena memuat peluru langsung.

Belum diketahui apakah Baldwin berencana untuk memberikan kesaksian dalam pembelaannya. Pakar hukum telah mengatakan bahwa itu akan menjadi langkah berisiko, mengekspos aktor yang disebut-sebut temperamental untuk pemeriksaan silang yang tidak ramah.

MEMBACA  Dokter-dokter Kembali Dari Rumah Sakit Gaza, Beritahu Kongres Tentang Kengerian di Tengah Upaya Gencatan Senjata

Peradilan Baldwin dijadwalkan berakhir pada Jumat mendatang. Deliberasi juri bisa diperpanjang hingga minggu berikutnya.