jid7z wX Xn lxC XHA E55 i9 JBF nOT 97 sOk D1 wDa 4d py 3P 1cF 9Fp Vm nYC r5 uip hRy sfo 10 xX hRA 3Wi 3c bl TNN OB YVM Ov iHH S2 Fwe JG bH VM Xl 7X iPs W8A bX hI6 Shr ciF ta oY tZ 6F5 nlw Sl G78 8X XAj wQc K0 o73 rX rpJ Q6 K5m mfg cSB jF 8Bs RK TY kk KB n8 q0C DtN N9 ns ZrU SlA pan qXn 5Z LjP kK ZZ xq Qn Yva l4 Hm rKl Uss 4U 7k Lb 2vf EPu DDZ 4ug DIV

Israel meningkatkan serangan saat lembaga bantuan memperingatkan Gaza di ambang bencana | Berita Perang Israel di Gaza

Israel telah melanjutkan dorongan militer di sepanjang Gaza, dengan pertempuran senjata kota sengit antara pasukan Israel dan kelompok bersenjata Palestina terjadi di kamp Jabalia di utara hingga kota selatan Rafah, yang berbatasan dengan Mesir.
Di distrik Jabalia utara, yang kini banyak hancur, warga mengatakan tank-tank Israel telah menghancurkan sejumlah rumah namun menghadapi perlawanan sengit dari pejuang kelompok Hamas Palestina, yang memerintah Gaza dan kelompok bersenjata Jihad Islam Palestina (PIJ) pada hari Rabu.
“Mereka sedang membom rumah di atas penghuninya,” kata Abu Jehad.
PIJ mengklaim telah membunuh beberapa tentara Israel di Jabalia, sementara militer Israel mengatakan telah mengeliminasi banyak pejuang di area tersebut.
Israel mengirim pasukan kembali ke daerah di utara Gaza awal pekan ini setelah mengklaim telah mengalahkan Hamas di sana beberapa bulan yang lalu.
Militer Israel memerintahkan evakuasi lebih banyak orang dari lingkungan al-Manshiya dan Sheikh Zayyed di utara Gaza. PBB memperkirakan sekitar 100.000 orang telah dipaksa diusir dari utara dalam beberapa hari terakhir.
Di Kota Gaza, beberapa orang tewas setelah pasukan Israel menyerang sekelompok warga Palestina di perempatan Jalan Jalaa dan Jalan al-Oyoun, laporan resmi berita Palestina Wafa mengatakan.
Setidaknya tiga jenazah tiba di Rumah Sakit Arab al-Ahli di Kota Gaza, serta sejumlah kasus kritis, kata Wafa.
Jumlah korban tewas dari serangan ini, yang menargetkan titik pertemuan untuk akses internet, diperkirakan akan meningkat, menurut Hani Mahmoud dari Al Jazeera.
“Ini bukan kali pertama kita melihat pola serangan terhadap warga sipil yang berkumpul dalam kelompok besar, baik di titik distribusi makanan atau koneksi internet, atau bahkan di titik tenaga surya untuk mengisi ulang ponsel atau komputer mereka,” kata Mahmoud.
Pejabat kesehatan Palestina mengatakan setidaknya 82 warga Palestina tewas dalam 24 jam sebelumnya.
‘Vengeful’ attacks
Hamas mengecam serangan terhadap warga sipil di seluruh Jalur, mengatakan mereka adalah tindakan “fasis dan balas dendam” yang mencerminkan keadaan “kekalahan” tentara Israel.
Di Rafah, tank-tank Israel telah berkumpul di sekitar pinggiran timur Rafah dan dalam beberapa hari terakhir, telah menyelidiki ke area yang padat penduduk kota, di mana ratusan ribu orang pengungsi telah mencari perlindungan dari serangan udara di tempat lain di Gaza.
Warga mengatakan pasukan Israel telah mendorong ke tiga lingkungan dan pejuang Palestina mencoba mencegah tentara dan tank bergerak menuju pusat.
Kelompok bantuan termasuk Komite Penyelamatan Internasional (IRC) memperingatkan bahwa mereka menghadapi gangguan yang signifikan dalam operasi kemanusiaan mereka ketika tentara Israel memasuki kota untuk melakukan serangan darat yang banyak dikritik.
“Saya baru saja kembali dari Gaza, di mana skala krisis melebihi imajinasi. Fasilitas di selatan Gaza telah diubah menjadi tempat perlindungan sementara yang meluap ke jalan-jalan,” kata Kiryn Lanning, pemimpin tim IRC untuk wilayah Palestina yang diduduki.
“Penduduk yang terusir ini sekarang menghadapi kekurangan yang akut akan kebutuhan dasar seperti makanan, air, dan sanitasi yang memadai,” tambah Lanning.
Minggu lalu, setelah tentara Israel merebut dan menutup sisi Palestina dari perlintasan perbatasan Rafah antara Jalur Gaza dan Mesir – titik masuk vital untuk bantuan kemanusiaan – badan pengungsi Palestina PBB, UNRWA, memperingatkan bahwa rumah sakit di selatan Gaza hanya memiliki beberapa hari bahan bakar tersisa untuk menjalankan operasi mereka, dan bahwa masuknya bahan bakar ke Jalur sangat penting untuk mencegah lebih banyak kematian.
Pengiriman bantuan sporadis ke Gaza dengan truk telah melambat hingga menjadi sangat sedikit sejak pasukan Israel mengendalikan sisi Gaza dari perlintasan pada 7 Mei.
Konvoi yang membawa barang bantuan kemanusiaan dirampok oleh kelompok Israel sayap kanan pada hari Senin setelah melewati Yordania melalui Tepi Barat yang diduduki.
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengklaim tidak ada “bencana kemanusiaan” di Rafah, di mana sekitar 450.000 orang telah diusir dari tempat perlindungan mereka sejak minggu lalu, menurut PBB.
Saat pertempuran semakin intens, pembicaraan gencatan senjata yang dimediasi oleh Qatar dan Mesir telah mencapai kebuntuan, dengan Hamas menuntut akhir permanen serangan dan pemerintahan Netanyahu mengatakan tidak akan berhenti sampai kelompok itu dimusnahkan.
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mendesak Israel untuk menyusun rencana yang jelas untuk masa depan Gaza setelah perang.
Netanyahu menentang pembentukan negara Palestina independen, yang kebanyakan negara asing melihat sebagai satu-satunya solusi jangka panjang.
Dia mengatakan bahwa setiap langkah untuk membentuk alternatif bagi Hamas sebagai pemerintah Gaza memerlukan kelompok Palestina pertama-tama dieliminasi, dan menuntut tujuan ini dikejar “tanpa alasan”.
Pernyataannya, dalam sebuah pernyataan video yang diposting online, menyusul tantangan publik oleh Menteri Pertahanan Yoav Gallant, yang menuduh pemerintah menghindari diskusi serius tentang proposal untuk administrasi Palestina pascaperang non-Hamas.
Kepala Hamas Ismail Haniyeh telah menegaskan bahwa kelompok itu menolak segala penyelesaian pascaperang yang tidak mencakup Hamas.
“Kami di sini untuk tinggal,” kata Haniyeh dalam sebuah pernyataan larut pada hari Rabu, menambahkan bahwa kelompok itu tetap pada tuntutannya akan gencatan senjata permanen di Gaza.

MEMBACA  Saham Trump Media jatuh saat bergerak untuk menerbitkan jutaan saham.
jid7z wX Xn lxC XHA E55 i9 JBF nOT 97 sOk D1 wDa 4d py 3P 1cF 9Fp Vm nYC r5 uip hRy sfo 10 xX hRA 3Wi 3c bl TNN OB YVM Ov iHH S2 Fwe JG bH VM Xl 7X iPs W8A bX hI6 Shr ciF ta oY tZ 6F5 nlw Sl G78 8X XAj wQc K0 o73 rX rpJ Q6 K5m mfg cSB jF 8Bs RK TY kk KB n8 q0C DtN N9 ns ZrU SlA pan qXn 5Z LjP kK ZZ xq Qn Yva l4 Hm rKl Uss 4U 7k Lb 2vf EPu DDZ 4ug DIV