goY sNt 2Go aDD Mju djj EfP sb YkG RU

EU menyetujui langkah pertama untuk menggunakan aset beku Rusia demi kepentingan Ukraina

Dewan Uni Eropa Mengadopsi Keputusan Mendekatkan Mekanisme Penggunaan Kelebihan Laba dari Aset Beku Rusia di UE untuk Mendukung Ukraina

Dewan Uni Eropa telah mengadopsi keputusan yang mendekatkan pembentukan mekanisme penggunaan kelebihan laba dari aset Rusia yang dibekukan di UE demi kepentingan Ukraina.

Sumber: European Pravda dengan referensi dari Dewan Uni Eropa

Detail: Menyusul keputusan perwakilan tetap Uni Eropa pada akhir Januari, Dewan Uni Eropa mengadopsi aturan yang menentukan status hukum kelebihan laba dari aset yang tidak dapat dipindahkan milik Federasi Rusia di wilayah asosiasi, serta mensyaratkan agar aset tersebut disimpan dalam rekening terpisah.

Kutipan: “Dewan memutuskan secara khusus bahwa perusahaan penitipan efek sentral yang memiliki lebih dari €1 juta aset Bank Sentral Rusia harus melaporkan saldo kas luar biasa yang terakumulasi akibat langkah pembatasan UE secara terpisah dan juga harus menyimpan pendapatan yang sesuai secara terpisah. Selain itu, perusahaan penitipan efek sentral dilarang untuk membuang keuntungan bersih yang dihasilkan,” kata Dewan.

Dewan Uni Eropa menjelaskan bahwa perusahaan penitipan tidak boleh membuang keuntungan dari aset Rusia tersebut. Namun, atas permintaan penitip, otoritas pengawas di setiap negara dapat mengambil keputusan individual tentang “membuang keuntungan bersih yang dihasilkan”.

“Keputusan ini membuka jalan bagi Dewan untuk memutuskan kemungkinan pembentukan kontribusi keuangan ke anggaran UE yang diperoleh dari keuntungan bersih ini untuk mendukung Ukraina dan pemulihannya serta rekonstruksinya pada tahap selanjutnya,” demikian bunyi keputusan tersebut.

Menurut data resmi, sanksi terhadap Rusia yang diberlakukan oleh UE, Australia, dan negara-negara Grup Tujuh telah membekukan sekitar €260 miliar aset Bank Sentral Federasi Rusia, dengan UE menyumbang lebih dari dua pertiga dari total tersebut.

MEMBACA  Perang Mata-mata: Bagaimana C.I.A. Diam-diam Membantu Ukraina Melawan Putin

Bulan lalu, Josep Borrell, Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan, mengatakan bahwa telah dicapai kesepakatan politik antara negara-negara anggota UE mengenai penggunaan hasil dari aset Rusia yang dibekukan.

Dukung UP atau jadilah patron kami!