Ekonomi Brasil tumbuh 2.9% pada tahun pertama Lula, melampaui ekspektasi

Ekonomi Brasil tumbuh 2,9% pada tahun 2023, melampaui ekspektasi di tahun pertama pemerintahan Presiden Luiz Inácio Lula da Silva, menurut lembaga statistik pemerintah Jumat.

Angka yang diumumkan oleh IBGE mengesankan banyak ekonom, yang perkiraan keseluruhannya awal tahun lalu adalah pertumbuhan hanya 0,8% pada tahun 2023.

Ekonomi Brasil tumbuh 3% pada tahun 2022, sebagian karena program pengeluaran pemerintah yang didorong oleh Presiden Jair Bolsonaro saat mencoba untuk maju kembali.

Badan peringkat kredit Austin Ratings mengatakan ekonomi Brasil kini menjadi yang kesembilan terbesar di dunia, berdasarkan angka produk domestik bruto preliminer yang diumumkan Jumat. Mencapai $2,17 triliun dalam PDB tahun lalu membuat negara Amerika Selatan ini melampaui Kanada dan Rusia, katanya.

Badan statistik Brasil mengatakan produksi kedelai dan jagung rekor Brasil membantu hasil keseluruhan.

“Pertanian mewakili sekitar sepertiga dari seluruh pertumbuhan ekonomi Brasil tahun lalu,” kata Rebeca Palis, seorang koordinator di IBGE, dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah mengatakan setelah hasil tersebut bahwa mereka memperkirakan pertumbuhan tahun 2024 akan mencapai 2,2%, yang sekali lagi melebihi harapan pasar. Lula telah mengatakan dalam forum publik bahwa ia ingin mendorong angka tersebut di atas 3% tahun ini dengan menarik lebih banyak investasi asing ke Brasil.

MEMBACA  Musim Pajak 2024: Apakah Penerima SSI Wajib Melaporkan Pajak Tahun Ini? Apa yang Harus Diketahui