CCTV baru menunjukkan presenter TV di dekat lokasi penemuan mayat

9 menit yang lalu

Oleh Nikos Papanikolaou, Kathryn Armstrong, Berita BBC

Billie Charity

Dr Mosley adalah seorang pembawa acara TV yang dikenal karena populer dengan diet 5:2

Rekaman CCTV tampaknya menunjukkan pembawa acara TV Dr Michael Mosley menghilang dari pandangan saat ia turun bukit dekat dengan tempat dimana tubuhnya ditemukan, kata BBC.

Pemeriksaan post-mortem dijadwalkan berlangsung pada hari Senin setelah tubuh Dr Mosley ditemukan empat hari setelah dia hilang di pulau Yunani Symi.

Diketahui bahwa koroner tidak dapat menentukan dari awal apakah Dr Mosley jatuh karena kondisi tubuhnya.

Koroner – yang telah tiba di pulau tetangga Rhodes di mana pemeriksaan post-mortem akan dilakukan – diyakini telah menyingkirkan kemungkinan perbuatan jahat.

Tubuh Dr Mosley ditemukan di lereng bukit dekat bar pantai Agia Marina pada hari Minggu.

Rekaman yang diambil di dekatnya, yang telah diberitahu kepada BBC tetapi tidak dilihat, katanya menunjukkan momen terakhir Dr Mosley, saat ia turun bukit sebelum menghilang di balik dinding.

Ayah empat anak berusia 67 tahun itu hilang pada hari Rabu setelah berangkat berjalan dari pantai Agios Nikolaos.

Reporter BBC menunjukkan area di mana tubuh ditemukan

Mantan wakil pemimpin Partai Buruh, Lord Tom Watson, termasuk di antara mereka yang memberikan penghormatan kepada Dr Mosley.

\”Dia benar-benar mengubah hidup saya. Dia memberi saya ide bahwa saya tidak rusak,\” kata Mr Watson, yang mengatakan pada tahun 2018 bahwa dia telah \”membalik\” diabetes tipe 2-nya melalui diet dan olahraga, kepada program Today BBC Radio 4.

Istri Dr Mosley, Dr Clare Bailey Mosley, pada hari Minggu memberikan penghormatan kepada suaminya yang \”mengagumkan, lucu, baik, dan brilian\” setelah berita \”menghancurkan\” bahwa tubuhnya telah ditemukan.

MEMBACA  Kerugian dari Gugatan PFAS Dapat Melebihi Asbes, Pengacara Industri Membuat Peringatan

Dr Bailey Mosley mengatakan: \”Kami memiliki kehidupan yang sangat beruntung bersama.

\”Kami sangat mencintai satu sama lain dan sangat bahagia bersama.\”

Rekaman CCTV menunjukkan Dr Mosley telah berjalan ke sisi lain teluk dalam panas terik dan melintasi medan berbatu.

\”Kami mengambil hiburan dari kenyataan bahwa dia hampir berhasil,\” kata istrinya dalam pernyataannya.

\”Dia melakukan pendakian yang luar biasa, mengambil rute yang salah, dan roboh di tempat di mana dia tidak bisa dengan mudah dilihat oleh tim pencarian yang luas.\”

Dr Mosley belajar kedokteran di London dan lulus sebagai dokter, dan selama dua dekade terakhir bekerja sebagai pembawa acara, pembuat dokumenter, jurnalis, dan penulis.

Dia dikenal karena program TV-nya termasuk Trust Me, I\’m a Doctor, dan podcast Just One Thing BBC Radio 4. Dia juga menulis kolom untuk Daily Mail.

Mr Mosley dilaporkan hilang setelah ia meninggalkan pantai Agios Nikolaos untuk berjalan sekitar pukul 13:30 waktu setempat (11:30 BST) pada hari Rabu.

Rekaman CCTV menunjukkan bahwa ia telah berjalan ke sisi lain teluk dalam panas terik dan melintasi medan berbatu.

Otoritas Yunani melakukan pencarian yang luas untuk Dr Mosley di tengah suhu tinggi. Tubuhnya ditemukan pada hari Minggu saat tim sedang mencari di sepanjang garis pantai.

Sumber polisi memberitahu Berita BBC bahwa almarhum telah meninggal \”selama beberapa hari\”.

Tubuh ditemukan beberapa meter dari pantai Agia Marina

Dr Saleyha Ahsan, yang memandu Trust Me, I’m a Doctor bersama Dr Mosley, mengatakan dalam program Breakfast BBC bahwa awalnya ia \”ketakutan\” untuk mengemban peran tersebut tetapi bahwa dia \”meredakan kekhawatiran saya hampir seketika\”.

Dia menambahkan: “Sosok yang sangat ramah, mudah diakses [yang] terlihat di televisi, itulah persisnya seperti apa dia dalam kehidupan nyata.

MEMBACA  Tolak Undang-Undang Rusia! Para Demonstran Georgia Menuntut 'Masa Depan Eropa' | Berita Protes

“Dia melakukan hal-hal luar biasa untuk kedokteran dan kesehatan masyarakat dengan cara yang menurut saya sedikit orang lain yang melakukannya.”

Lord Watson mengingat kembali momen ketika ia pertama kali membaca buku oleh Dr Mosley, mengatakan bahwa itu \”seperti lampu menyala dalam hidup saya\”.

\”Saya benar-benar menjadi penggemar karya-karya beliau dan, selama bertahun-tahun, dia telah membantu saya mempertahankannya dan membantu jutaan orang lain,\” katanya.

\”Dan itulah kehebatan jurnalisme yang sejati: dia menjelaskan ide-ide ilmiah yang sangat kompleks dengan cara yang sangat sederhana.\”

Broadcaster ilmiah Dr Chris van Tulleken, yang juga bekerja dengan Dr Mosley, mengatakan mantan rekannya itu telah menciptakan “seluruh genre penyiaran” selama karirnya.

Dia menambahkan bahwa karya Dr Mosley “dengan diam-diam mengubah praktik sehari-harinya”, dari menggosok gigi sambil berdiri dengan satu kaki hingga kadang-kadang berpuasa.

“Dia memberi orang alat yang bisa mereka gunakan yang dapat dijangkau oleh semua orang,” katanya kepada program Today BBC Radio 4.