Anggota parlemen Jerman sayap kanan menolak tuduhan campur tangan Rusia

Seorang anggota parlemen dari partai jauh kanan Alternative for Germany (AfD), Petr Bystron, telah diminta oleh partainya untuk menanggapi tuduhan dalam surat kabar Ceko yang menghubungkannya dengan kampanye propaganda dan disinformasi Rusia.

Surat kabar Ceko Denik N melaporkan, mengutip sumber intelijen, bahwa Bystron diduga telah berhubungan dengan platform propaganda pro-Rusia “Voice of Europe,” yang diduga memiliki keterkaitan dengan badan intelijen Rusia. Laporan tersebut menyebutkan bahwa ia mungkin juga menerima uang.

Surat kabar melaporkan adanya rekaman audio yang diduga mencurigakan Bystron, dan juga bahwa nama Bystron dibahas dalam pertemuan menteri Kabinet Ceko pekan lalu di mana platform yang terdaftar di Ceko dan pendukungnya dikenai sanksi, dengan mengutip beberapa menteri sebagai sumber.

Bystron adalah anggota parlemen Jerman. Ia juga menempati posisi kedua dalam daftar calon AfD untuk pemilihan Parlemen Eropa yang akan datang.

“Rapor-rapor tersebut hanyalah ‘tuduhan dan dakwaan yang belum terbukti,'” kata Bystron kepada dpa pada hari Rabu.

Ia menambahkan: “Layanan rahasia Ceko seharusnya segera merilis rekaman yang diduga agar ada kejelasan.”

Bystron diminta oleh ketua-ketua nasional AfD untuk mengirimkan pernyataan tertulis tentang tuduhan tersebut pada hari Kamis.

Surat kabar mengutip seorang menteri pemerintah Ceko yang tidak disebutkan namanya mengatakan: “Kami diberi informasi bahwa Bystron adalah tersangka. Dan buktinya seharusnya berupa rekaman audio.”

Anggota pemerintah lainnya, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan kepada surat kabar tersebut bahwa kepala Badan Intelijen Dalam Negeri Ceko, Michal Koudelka, mengkonfirmasi bahwa mereka telah mendokumentasikan Bystron.

Pejabat pemerintah yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan bahwa rekaman tersebut tidak diputar dalam pertemuan, tetapi Koudelka memberitahu para menteri, “Ini tentang suara. Anda dapat membuktikan penyerahan uang dalam bentuk audio.”

MEMBACA  Franz Beckenbauer: Legenda sepak bola Jerman meninggal pada usia 78 tahun.

Oligark pro-Rusia Ukraina Viktor Medvedchuk, seorang rekan Presiden Rusia Vladimir Putin, diduga terlibat dalam skema “Voice of Europe.”

Di antara hal lainnya, situs web “Voice of Europe” telah mendistribusikan wawancara dengan Bystron serta Maximilian Krah, kandidat teratas AfD dalam kampanye pemilihan Parlemen Eropa.

Bystron mengatakan kepada dpa bahwa wajar dan benar bagi rekan-rekan AfD-nya untuk meminta informasi langsung mengingat laporan media.

Bystron mengatakan kepada dpa bahwa ia berharap akan bertemu dengan pimpinan AfD dalam waktu dekat “dengan damai dan tenang untuk mendiskusikan segalanya.”

Bystron menegaskan: “Saya tidak memiliki sesuatu untuk menyalahkan diri saya sendiri.”