Cara menyaring panggilan di ponsel Android Anda dan menghentikan banjir spam

Jack Wallen/ZDNET

Dahulu saya sering mendapatkan panggilan spam. Setiap hari, saya bisa mengandalkan minimal tiga atau empat panggilan tersebut mengganggu hari saya. Karena panggilan-panggilan tersebut, saya memutuskan untuk tidak menjawab telepon kecuali jika pemanggil adalah bisnis yang sah atau kontak yang sudah disimpan. Hal tersebut menyebabkan banyak pesan suara, tetapi berkat transkripsi otomatis Android, saya bisa dengan mudah memverifikasi apakah pemanggil tersebut termasuk spam atau tidak.

Jadi, ketika Google memperkenalkan fitur Call Screen pada Android, itu benar-benar mengubah segalanya. Saya bahkan berani mengatakan bahwa fitur tersebut mungkin menjadi tambahan favorit saya pada platform tersebut. Tidak hanya membantu saya menghindari 99% panggilan spam yang saya terima, tetapi juga secara dramatis mengurangi jumlah panggilan spam yang saya terima.

Bagaimana caranya? Salah satu fitur dari Call Screen Android adalah kemampuan untuk memberitahu pemanggil untuk menghapus saya dari daftar mereka, tanpa harus berbicara dengan mereka. Dan itu berhasil! Menggabungkan layar panggilan dengan fitur “meminta untuk menghapus nomor saya dari daftar panggilan” telah mengurangi jumlah panggilan spam yang saya terima menjadi hampir nol. Saya tidak bisa mengingat kapan terakhir kali saya menerima panggilan spam.

Ya, fitur tersebut sangat efektif.

Call Screen juga mudah digunakan dan diaktifkan secara default, jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah duduk tenang dan biarkan Android menangani segalanya.

Tentu saja, ada opsi. Iterasi terbaru Android dilengkapi dengan panggilan otomatis yang diaktifkan. Penyaringan panggilan terjadi di latar belakang, tanpa interaksi Anda. Jika Anda khawatir itu akan membuat Anda melewatkan panggilan tertentu, Anda bisa menonaktifkannya dan mengurus penyaringan panggilan secara manual, yang hanya perlu mengetuk Layar Panggilan ketika panggilan yang mencurigakan masuk. Jika tidak, Anda tidak melakukan apa-apa. Catatan untuk opsi manual adalah bahwa tidak tersedia untuk setiap perangkat. Jadi, jika ponsel Android Anda tidak menawarkan penyaringan panggilan manual, Anda harus tetap menggunakan opsi otomatis.

MEMBACA  Apa yang Kita Dapatkan (dan Kehilangan) Ketika Putri Kita Mematikan Gawai Selama Satu Tahun Sekolah

Sebelum saya menunjukkan cara mengubahnya, ketahui bahwa Call Screen hanya tersedia di negara-negara berikut:

AustraliaKanadaPrancisJermanIrlandiaItaliaJepangSpanyolInggrisAS

Penyaringan panggilan manual hanya tersedia di AS dan Kanada, pada perangkat Android terpilih, dan dengan kartu SIM dari negara-negara di mana Call Screen tersedia.

Dengan itu diingat, biarkan saya tunjukkan cara mengonfigurasi Android Call Screen.

Cara menyaring panggilan Anda di Android

Mengonfigurasi fitur Call Screen Android

Apa yang Anda butuhkan: Satu-satunya yang Anda butuhkan adalah perangkat Android yang didukung di negara di mana fitur ini tersedia. Itu saja. Mari kita mulai konfigurasi.

Pertama-tama, buka aplikasi Telepon Android. Setelah terbuka, ketuk tombol menu tiga titik di bagian kanan atas jendela dan kemudian ketuk Pengaturan.

Pada halaman yang muncul, ketuk Call Screen untuk mengakses pengaturan.

Opsi Call Screen seharusnya berada di dekat bagian atas.

Screenshot oleh Jack Wallen/ZDNET

Jika perangkat Anda mendukung penyaringan manual (seperti Pixel 8 Pro saya), Anda akan melihat penggeser On/Off untuk Otomatis Penyaringan Panggilan. Jika Anda ingin mengurus penyaringan sendiri, ketuk untuk menonaktifkan fitur tersebut. Jika Anda ingin melanjutkan menggunakan opsi otomatis, biarkan tetap aktif. Dengan penyaringan otomatis diaktifkan, Anda bisa memilih di antara tiga opsi:

Perlindungan maksimum: Menyaring semua nomor yang tidak ada di daftar kontak Anda dan secara otomatis menolak spam.Perlindungan menengah: Menyaring panggilan yang mencurigakan dan secara otomatis menolak spam.Perlindungan dasar: Secara otomatis menolak spam yang sudah dikenal.

Pengaturan default adalah Perlindungan dasar, yang telah melayani saya dengan baik. Saya lebih suka opsi ini karena – jika panggilan masuk bukan spam yang dikenal – saya bisa menyaring panggilan secara manual. Dengan cara ini, saya tahu panggilan telepon yang saya harapkan (dari nomor yang tidak dikenal, seperti bisnis atau layanan yang mencoba menghubungi saya) tidak akan secara otomatis disaring dan diblokir.

MEMBACA  Belajar Menggunakan Airchat: Posting Dengan Suara Anda

Perlindungan dasar seharusnya menjadi opsi otomatis terbaik untuk sebagian besar pengguna.

Screenshot oleh Jack Wallen/ZDNET

Dan itulah yang perlu Anda lakukan untuk menyaring panggilan di perangkat Android Anda. Seperti yang saya katakan sebelumnya, fitur ini telah secara dramatis mengurangi jumlah panggilan spam yang saya terima, yang berarti (bagi saya) fitur ini sangat penting.

\”