Wafat: Drummer awal rock ‘n’ roll Jimmy Van Eaton, bermain di Sun Records.

J.M. “Jimmy” Van Eaton, seorang drummer rock ‘n’ roll yang berpengalaman dan pernah bermain di belakang musisi-musisi seperti Jerry Lee Lewis dan Billy Lee Riley di Sun Records di Memphis, Tennessee, meninggal pada Jumat lalu pada usia 86 tahun, kata seorang anggota keluarga.

Van Eaton, seorang penduduk asli Memphis yang datang ke label rekaman terkenal tersebut saat masih remaja, meninggal di rumahnya di Alabama setelah menghadapi masalah kesehatan selama setahun terakhir, melaporkan The Commercial Appeal of Memphis, dengan anak perempuannya, Terri Van Eaton Downing, yang mengkonfirmasi kematiannya.

Van Eaton dikenal dengan gaya bermain bluesy yang katanya memberikan kekuatan pada hits klasik awal rock di Sun seperti “Whole Lotta Shakin’ Goin’ On” oleh Lewis dan “Red Hot” oleh Riley. Ia juga bermain dengan Bill Justis dan Charlie Rich.

James Mack Van Eaton awalnya mulai bermain trumpet di band sekolah, tetapi ia segera beralih ke drum, mengatakan dalam wawancara tahun 2015 bahwa “itu adalah alat musik yang menarik bagi saya.”

Van Eaton memiliki band rock ‘n’ roll sendiri bernama The Echoes yang merekam demo di studio rekaman yang dioperasikan oleh Sam Phillips. Kerjanya di sana membawanya berhubungan dengan Riley dan kemudian Lewis.

“Orang yang paling sulit untuk dimainkan bersamanya di dunia adalah Jerry Lee. Saya memberi tahu setiap musisi untuk menjauhi pria ini,” kata Phillips kepada The Commercial Appeal pada tahun 2000. “Satu-satunya pengecualian adalah JM Van Eaton.”

Van Eaton menjadi inti dari musisi-musisi yang tampil di Sun selama tahun 1950-an, melaporkan surat kabar tersebut.

Van Eaton menjauh dari bisnis musik pada tahun 1960-an, tetapi ia mulai tampil lagi pada tahun 1970-an, terutama ketika minat terhadap rockabilly meningkat setelah kematian Elvis Presley.

MEMBACA  Saham AS turun setelah inflasi melambat lebih sedikit dari yang diantisipasi

Pada awal tahun 1980-an, Van Eaton memulai empat dekade bekerja di bisnis obligasi komunal. Tetapi ia juga merupakan bagian dari tim yang memainkan musik untuk film “Great Balls of Fire,” tentang Lewis, dan ia merilis album solo pada akhir tahun 1990-an. Ia merupakan anggota Rockabilly Hall of Fame dan Memphis Music Hall of Fame. Beberapa tahun yang lalu, ia pindah dari Tennessee ke Alabama.

Para keluarga yang selamat dari Van Eaton termasuk seorang putri lain, dua putra, dan seorang putra tiri. Mantan istrinya, Deborah, mengatakan bahwa upacara pribadi akan dilakukan dalam seminggu mendatang, kata surat kabar tersebut.

Subscribe to the CEO Daily newsletter to get the CEO perspective on the biggest headlines in business. Sign up for free.