Trump dan Haley bersaing di Washington, D.C., pemilihan primer Republik oleh Reuters

Oleh Gram Slattery

WASHINGTON (Reuters) – Pendatang presiden Donald Trump dan Nikki Haley akan bersaing dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik di Washington, D.C., pada hari Minggu, sebuah kontes dengan taruhan kecil yang bisa menjadi salah satu kesempatan terbaik Haley untuk meraih kemenangan atas mantan presiden itu.

Ibu kota Amerika Serikat hanya mengirimkan 19 dari 2.429 delegasi ke Konvensi Nasional Republik pada bulan Juli, di mana calon secara resmi dipilih. Hasil Minggu kemungkinan tidak akan mengubah jalannya perlombaan yang tampaknya sudah dimenangkan Trump, setelah memenangkan semua kontes nominasi sebelumnya.

Namun, District of Columbia, atau D.C. sebagaimana namanya, bisa menjadi wilayah yang tidak biasa subur bagi Haley, kata pejabat tinggi di SFA Fund, super PAC utama yang mendukung kampanye Haley.

Selama kontes nominasi Republik terakhir yang kompetitif di D.C. pada tahun 2016, Trump hanya mendapatkan kurang dari 14% suara dan tidak mendapatkan delegasi, meskipun kemudian memenangkan nominasi secara nasional.

Stasiun pemungutan suara partai lokal yang berlokasi di sebuah hotel pusat kota telah dibuka sejak Jumat pagi dan akan ditutup untuk terakhir kalinya pada hari Minggu pukul 7 malam (0000 GMT), setelah itu suara akan dihitung.

Kota ini 100% perkotaan, dan proporsi penduduk yang memiliki gelar sarjana relatif tinggi. Basis Trump cenderung pedesaan, dan ia khususnya kuat di daerah-daerah dengan tingkat pendidikan rendah.

Jika Trump menang, itu akan menggambarkan bagaimana ia mempertahankan kelompok pendukung inti di setiap lapisan demografis dan geografis Partai Republik.

Ketidakadanya jajak pendapat lokal dan jumlah Republikan yang sangat terbatas di kota telah menciptakan tingkat ketidakpastian tentang hasil pemilihan pendahuluan.

Haley berkampanye di D.C. pada hari Jumat, mengadakan acara di hotel yang sama tempat stasiun pemungutan suara berada. Kampanye Trump sebagian besar absen di kota tersebut, kecuali mengirimkan pesan teks kepada pendukung lokal untuk memberikan suara.

MEMBACA  Temuan Survei Afrika Selatan Menemukan Dukungan Pemilihan ANC Turun di Bawah 40%

Pemilihan pendahuluan Demokrat di Washington akan diadakan pada bulan Juni.

Pada hari Selasa, pemilih di 15 negara bagian dan satu wilayah Amerika Serikat akan melakukan kaukus atau pergi ke tempat pemungutan suara pada hari terbesar kontes nominasi dalam pemilihan presiden. Dikenal sebagai Super Selasa, 874 delegasi Republik akan diperebutkan.