PwC menunda kenaikan jabatan lulusan saat permintaan dan perekrutan konsultan menurun.

Pemecatan massal di sejumlah perusahaan teknologi telah memperlihatkan realitas yang keras yang dihadapi bisnis saat menyesuaikan diri setelah ledakan perekrutan akibat COVID-19. Ruang konsultasi menghadapi kenyataan serupa karena bisnis yang melambat dan jumlah karyawan yang terlalu banyak mulai terasa bagi beberapa perusahaan besar di industri ini.

Masing-masing dari “Empat Besar” perusahaan konsultasi – EY, KPMG, PwC, dan Deloitte mengumumkan pemecatan di Inggris tahun lalu, yang mempengaruhi ratusan staf, mencerminkan upaya pemangkasan biaya yang dilakukan perusahaan dalam menanggapi penurunan bisnis.

Sekarang, sebagai respons terhadap perlambatan yang berkelanjutan, PwC Inggris berencana untuk memperpanjang program sarjana mereka—daripada mempromosikan mereka yang tergabung dalam program tersebut, seperti biasanya—karena tidak ada cukup pekerjaan di tingkat senior associate, seperti yang dilaporkan oleh Financial Times pada hari Senin.

Minggu lalu, PwC memberitahu hampir 100 lulusan bahwa mereka tidak akan dipromosikan pada bulan Juli, melainkan akan tetap menjadi bagian dari program sarjana selama enam bulan tambahan hingga bulan Januari mendatang, seperti yang dilaporkan oleh outlet tersebut. Alasannya? Permintaan yang lesu terhadap layanan konsultasi dan tekanan jumlah karyawan.

Program ini dirancang untuk para profesional awal karir, dan promosi biasanya datang dengan perubahan jabatan dan kenaikan gaji. Langkah PwC ini akan mempengaruhi lulusan yang bergabung dengan divisi konsultasi perusahaan pada musim gugur 2022—khususnya mereka yang merupakan bagian dari kelompok penerimaan pada bulan Oktober dan November tahun tersebut. Mereka yang bergabung sebulan sebelumnya, pada bulan September, memenuhi syarat untuk dipromosikan pada bulan Juli ini.

Seorang perwakilan dari PwC memberitahu Fortune melalui email bahwa perusahaan sedang “menyeimbangkan permintaan bisnis dengan keinginan kami untuk mendukung dan melatih lulusan kami. Penundaan promosi yang singkat jelas mengecewakan bagi mereka yang terkena dampak, tetapi memungkinkan kami untuk mendukung karier mereka dalam jangka panjang.”

MEMBACA  Wakil Gubernur Bank of England Mendorong Penelitian Lebih Lanjut tentang Pemberi Pinjaman Non-Bank

Juru bicara tersebut juga menambahkan bahwa PwC telah “merekrut lebih dari 3.500 lulusan dan siswa baru sejak September 2022—penundaan ini berlaku untuk 90 lulusan dalam praktik konsultasi kami.”

Masalah dalam konsultasi

Keputusan untuk memperpanjang program sarjana dan menunda promosi merupakan langkah terbaru yang diambil oleh industri konsultasi yang luas, yang telah mundur selama beberapa bulan terakhir. Konsultasi terkena dampak “Resignasi Besar” selama puncak pandemi COVID-19, tetapi situasinya kini berbalik drastis saat perusahaan-perusahaan tersebut berjuang menghadapi biaya yang meningkat dan permintaan yang merosot terhadap layanan mereka.

Jasa profesional seperti konsultasi adalah salah satu perekrut terbesar lulusan baru di Inggris pada tahun 2023, menurut perusahaan riset pasar High Fliers. Kini, para raksasa industri ini telah membekukan gaji dan melakukan pemecatan sebagai respons terhadap tren yang merugikan konsultasi, yang mengakibatkan karyawan tetap mempertahankan pekerjaan mereka—berbeda dengan beberapa tahun yang lalu ketika banyak yang berhenti mencari gaji dan kondisi kerja yang lebih baik. Hal ini juga mengakibatkan jumlah lowongan pekerjaan dalam bidang konsultasi yang lebih sedikit, seperti yang dilaporkan Bloomberg pada bulan September.

Mitra PwC Inggris dibayar rata-rata £906.000 ($1,14 juta) dalam tahun hingga Juni, turun dari £1,03 juta tahun sebelumnya, sementara laba grup untuk tahun keuangan tersebut adalah £1,3 miliar. PwC mencatat dalam laporan tahunannya bahwa praktik konsultasinya tumbuh 30%, berkat permintaan tinggi dari proyek minyak dan energi Timur Tengah.

Langganan newsletter baru Fortune CEO Weekly Europe untuk mendapatkan wawasan dari kantor direktur tentang berita bisnis terbesar di Eropa. Daftar secara gratis.