Kepala bank sentral Prancis memperingatkan tentang ‘kejutan’ ketidakpastian politik

Unlock the Editor’s Digest secara gratis

Gubernur Bank Sentral Prancis telah memperingatkan tentang “kejutan” ketidakpastian politik dan mengatakan bahwa para pemimpin bisnis melambat dalam investasi dan perekrutan saat mereka melindungi diri dari kemungkinan kenaikan pajak.

“Para pemimpin bisnis memberi tahu kami bahwa mereka khawatir tentang pendekatan ‘tunggu dan lihat’ dari pelanggan mereka yang memilih untuk menabung daripada menghabiskan, tentang penundaan investasi, dan tentang pembekuan perekrutan,” François Villeroy de Galhau mengatakan kepada radio France Info pada hari Kamis.

Pemilihan parlementer dadakan yang dipanggil oleh Presiden Emmanuel Macron menghasilkan majelis yang terpecah belah di mana tidak ada partai atau aliansi yang memiliki jalan yang jelas untuk berkuasa, meningkatkan kekhawatiran tentang defisit publik Prancis yang terus meluas tanpa dikendalikan dalam waktu dekat.

“Ada aturan emas kedua yang berkaitan dengan defisit, yaitu bahwa kita tidak boleh membuat defisit semakin dalam. Mereka memberatkan kedaulatan kita dan semakin mahal untuk dibiayai,” Villeroy de Galhau mengatakan.

Petugas bank sentral menekankan pentingnya untuk tidak menghambat perusahaan yang terkena inflasi, saat partai dari berbagai spektrum politik berusaha memimpin pemerintahan selanjutnya, termasuk aliansi kiri Nouveau Front Populaire (NFP) dengan program pengeluaran tinggi dan pajak besar.

“Di dunia yang kompetitif, bisnis kecil kita tidak boleh dibebani oleh biaya upah yang berlebihan, termasuk pada upah minimum, dan oleh pajak yang terlalu memberatkan,” Villeroy de Galhau mengatakan.

François Villeroy de Galhau mengatakan: ‘Di dunia yang kompetitif, bisnis kecil kita tidak boleh dibebani oleh biaya upah yang berlebihan, termasuk pada upah minimum, dan oleh pajak yang terlalu memberatkan’ © Benjamin Girette/Bloomberg

MEMBACA  Israel mengancam bahwa kesepakatan sandera tidak mungkin terjadi kecuali jika Hamas mengubah sikapnya.

Ia memperingatkan bahwa langkah-langkah tersebut akhirnya dapat menyebabkan pengangguran yang lebih tinggi, yang dalam jangka panjang akan lebih buruk bagi anggaran rumah tangga.

NFP, yang menduduki posisi pertama dalam pemungutan suara Minggu lalu, mengatakan bahwa mereka ingin meningkatkan upah minimum bersih menjadi €1.600 per bulan dari sekitar €1.400 jika mereka memerintah, serta mengembalikan bentuk pajak kekayaan yang telah diubah oleh Macron menjadi pajak properti. Aliansi kiri juga ingin membatalkan reformasi pensiun Macron yang menaikkan usia pensiun dua tahun menjadi 64 tahun.

Setelah memperoleh 180 kursi dalam majelis 577 anggota, mengungguli aliansi Ensemble Macron dan Rassemblement National kanan jauh Marine Le Pen, NFP telah mencoba untuk menamai perdana menteri berikutnya, dan mungkin akan mencalonkan kandidat secepat Kamis.

Pada hari Rabu, Macron menyiratkan bahwa ia tidak ingin menunjuk perdana menteri dari NFP kiri karena bagian penting dari aliansi tersebut termasuk partai kiri jauh, La France Insoumise, yang menurutnya memegang posisi yang bertentangan dengan norma demokratis.

Ia meminta pakta pemerintahan luas dari partai-partai mayoritas untuk mengakhiri kebuntuan, tetapi masih belum jelas bagaimana formula tersebut akan ditemukan. Pemerintahannya yang dipimpin oleh Perdana Menteri Gabriel Attal masih bertahan untuk saat ini.

Partai lain termasuk Les Républicains konservatif dan anggota aliansi Ensemble Macron juga mengatakan bahwa mereka tidak akan membentuk kabinet dengan kiri jauh.

Premi risiko pada utang Prancis benchmark 10 tahun atas Jerman naik menjadi 0,85 poin persentase menjelang putaran pertama pemungutan suara untuk pemilihan legislatif Prancis, level tertinggi sejak krisis euro dan naik dari sekitar 0,5 poin persentase sebelum pemilihan dipanggil.

Namun, investor dijamin bahwa baik RN kanan jauh maupun aliansi kiri tidak memenangkan mayoritas di parlemen, dengan obligasi Prancis memulihkan sebagian dari kerugiannya karena spread telah turun menjadi 0,64 poin persentase.

MEMBACA  Ketika Nvidia naik - saham global ini cenderung naik juga, kata sejarah

Pemerintahan Macron telah meleset dalam defisit anggaran pada tahun 2023, melampaui targetnya sebesar 4,9 persen dari output dengan margin yang signifikan untuk menyelesaikan tahun tersebut pada 5,5 persen. Mereka menyalahkan keterlambatan itu pada pendapatan pajak yang lebih rendah dari yang diharapkan setelah bertahun-tahun pengeluaran besar termasuk selama pandemi Covid-19.

Hal itu menambah tekanan pada setiap pemerintahan dalam ruang geraknya, mengingat bahwa UE menempatkan Prancis dalam prosedur defisit berlebih yang disebut.

Penyusunan anggaran tahun depan pada musim gugur akan menjadi saat penting, kata Gérard Larcher, presiden konservatif Senat Prancis. Ia menambahkan bahwa setiap pemerintah yang menyajikan rencana yang tidak bertanggung jawab berisiko dijatuhkan.

“Ini akan menjadi saat tanggung jawab bagi semua di parlemen untuk membantu negara menghindari risiko kekacauan keuangan dan ekonomi. Perusahaan sekarang terjebak dalam mode ‘tunggu dan lihat’. Kita perlu memberi mereka lebih banyak kepercayaan diri.”

Menteri Ekonomi Bruno Le Maire mengatakan dalam op-ed pada hari Kamis bahwa Prancis perlu mempertahankan targetnya untuk memotong pengeluaran sebesar €25 miliar pada 2024, di mana sekitar €15 miliar telah dilakukan, untuk menjaga keuangan publik tetap terkendali.

“Selalu ada alternatif politik, yang hanya rakyat yang dapat memutuskannya. Tetapi semua orang harus jelas apa implikasi dari alternatif-alternatif ini,” kata Le Maire.

Penyuntingan tambahan oleh Mary McDougall di London