Georgieva IMF Mengatakan Pertumbuhan Timur Tengah Akan Melambat pada 2024 Akibat Pemotongan Produksi Minyak, Gaza Oleh Reuters

© Reuters. FOTO BERITA: Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva menghadiri pertemuan tahunan ke-54 Forum Ekonomi Dunia, di Davos, Swiss, 17 Januari 2024. REUTERS/Denis Balibouse/Foto Berkas

Oleh Maha El Dahan and Federico Maccioni

DUBAI (Reuters) – Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan pada hari Minggu bahwa ekonomi Timur Tengah tertinggal di bawah proyeksi pertumbuhan karena pemotongan produksi minyak dan konflik Israel-Gaza, meskipun prospek ekonomi global tetap tangguh.

Meskipun ada ketidakpastian, \”ekonomi global ternyata tangguh,\” kata direktur pelaksana IMF Kristalina Georgieva kepada Forum Fiskal Arab di Dubai, sambil memperingatkan potensi dampak yang lebih luas pada ekonomi regional akibat terus berlanjutnya konflik di Gaza.

Pada laporan ekonomi regional bulan lalu, IMF menurunkan proyeksi pertumbuhan PDB untuk Timur Tengah dan Afrika Utara menjadi 2,9% tahun ini, tertinggal di bawah proyeksi Oktober, karena pemotongan produksi minyak jangka pendek dan konflik di Gaza.

IMF bulan lalu meningkatkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global, meningkatkan prospek baik untuk Amerika Serikat maupun Tiongkok dan menyebutkan inflasi yang melunak lebih cepat dari yang diperkirakan.

Georgieva mengatakan ekonomi yang berdekatan dengan Israel dan wilayah Palestina melihat konflik tersebut berdampak pada pendapatan pariwisata, sementara serangan di Laut Merah mempengaruhi biaya pengangkutan secara global.

Faktor-faktor tersebut memperparah \”tantangan ekonomi yang masih pulih dari guncangan sebelumnya,\” katanya kepada forum tersebut di sela-sela World Governments Summit di Dubai.

Gerakan Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman telah menargetkan kapal-kapal komersial dengan menggunakan drone dan rudal di Laut Merah sejak pertengahan November, dan mengatakan serangan mereka adalah solidaritas dengan Palestina ketika Israel menyerang militan Hamas di Gaza. Namun Amerika Serikat dan sekutunya menggambarkannya sebagai serangan sembarangan dan ancaman bagi perdagangan global.

MEMBACA  Serangan Houthi dan Serangan yang Dipimpin oleh AS Membubarkan Harapan akan Kesepakatan Damai Yaman yang Cepat.

Beberapa perusahaan pengiriman global telah mengalihkan lalu lintas ke Tanjung Harapan Baik, rute yang lebih jauh daripada melalui Terusan Suez di Mesir.

Menteri Keuangan Mesir Mohamed Maait mengatakan kepada Reuters di sela-sela pertemuan bahwa sebagian dari dampak pengalihan tersebut terhadap pendapatan Terusan Suez dapat ditanggulangi karena pertumbuhan yang baik \”sebelum peristiwa tersebut.\”

TSUNAMI KECERDASAN BUATAN

IMF akan menerbitkan sebuah makalah pada hari Senin yang menunjukkan bahwa penghapusan subsidi energi dapat menghemat $336 miliar di Timur Tengah, setara dengan ekonomi Irak dan Libya yang digabungkan, kata Georgieva.

Georgieva mengatakan bahwa penghapusan subsidi energi yang regresif juga \”mengurangi polusi, dan membantu meningkatkan pengeluaran sosial.\”

Di Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA), subsidi bahan bakar fosil mencapai 19% dari PDB pada tahun 2022, menurut IMF.

IMF telah merekomendasikan pengurangan bertahap subsidi energi bagi ekonomi di wilayah tersebut, termasuk eksportir minyak, dan menyarankan dukungan yang ditargetkan sebagai alternatif.

Teknologi canggih, termasuk Kecerdasan Buatan, adalah tema penting dalam Fokus World Governments Summit, dengan beberapa eksekutif puncak dari perusahaan teknologi global besar dijadwalkan berbicara, termasuk Sam Altman, CEO OpenAI.

Georgieva mengatakan secara global, 40% pekerjaan terpapar AI, dan negara-negara yang kurang memiliki infrastruktur dan tenaga kerja terampil untuk berinvestasi dapat tertinggal.

Ekonomi regional seperti Uni Emirat Arab dan Arab Saudi telah meningkatkan investasi mereka secara signifikan dalam bidang AI sebagai bagian dari strategi untuk mendiversifikasi sumber pendapatan.