Diamondback Energy dan Endeavor Energy mengakhiri penggabungan untuk menciptakan perusahaan senilai $50 miliar.

Mentone, Texas, AS – Persaingan antara Diamondback Energy dan Endeavor Energy Resources di wilayah Permian Basin hampir mencapai kesepakatan merger yang akan menciptakan perusahaan minyak dan gas yang nilainya bisa mencapai lebih dari $50 miliar, dilaporkan oleh Wall Street Journal pada hari Minggu.

Menurut laporan tersebut, kesepakatan ini dapat diumumkan oleh Diamondback dengan Endeavor, yang merupakan perusahaan milik sendiri, secepatnya pada hari Senin. Diamondback berhasil mengalahkan persaingan dari pihak lain termasuk ConocoPhillips dalam mencapai kesepakatan tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, Endeavor dan Diamondback belum memberikan tanggapan terhadap permintaan komentar dari Reuters.

Pada bulan Desember lalu, Reuters melaporkan bahwa Endeavor Energy Partners sedang menjajaki kemungkinan penjualan yang dapat menghargai produsen minyak dan gas swasta terbesar di wilayah Permian Basin ini antara $25 miliar hingga $30 miliar.

Penjualan ini akan terjadi hampir 45 tahun setelah pengusaha minyak Texas, Autry Stephens, memulai perusahaan yang kemudian menjadi Endeavor.

Operasi Endeavor meliputi 350.000 acre (1.416 kilometer persegi) di bagian Midland dari cekungan shale Permian yang melintasi Texas Barat dan New Mexico timur.

MEMBACA  Ford dan UAW mencapai kesepakatan tenaga kerja lokal untuk menghindari mogok di pabrik Kentucky.