Broadcom adalah saham selanjutnya yang bisa masuk ke klub triliun dolar, menurut Bank of America.

Reuters

Broadcom bisa menjadi saham berikutnya yang mencapai kapitalisasi pasar triliun dolar, kata Bank of America.

Saham produsen chip ini melonjak setelah pendapatan kuartalannya melebihi perkiraan.

Penjualan yang kuat, pembayaran utang, dan akuisisi menguntungkan diharapkan dapat menjaga momentum perusahaan, kata BofA.

Produsen chip Broadcom terlihat sebagai kandidat untuk menjadi anggota berikutnya dari klub triliun dolar di pasar saham, kata Bank of America pada hari Kamis.

Investor memberikan sambutan meriah kepada produsen semikonduktor tersebut dalam perdagangan hari Kamis setelah mengumumkan pendapatan yang melebihi perkiraan dan mengumumkan pembagian saham 10 banding 1. Sahamnya melonjak, mencapai rekor tertinggi sebesar $1.696 sekitar pukul 11 pagi ET.

Bank of America berpikir bahwa Broadcom memiliki potensi yang lebih besar bahkan setelah laporan kuartal besar. Dalam sebuah catatan yang diterbitkan pada hari Kamis, analis-analis meningkatkan target harga perusahaan menjadi $2.000, menunjukkan kenaikan sekitar 18% dari level saat ini.

\”Kami mengulangi Rekomendasi Beli, menganggapnya sebagai pilihan AI teratas (bersama NVDA) karena AVGO tampaknya memiliki posisi yang unik untuk tumbuh dalam: 1) chip AI kustom (pelengkap untuk akselerator merchant NVDA), 2) jaringan Ethernet (terkait dengan kluster AI yang berkembang eksponensial), dan 3) penjualan tambahan VMware (memungkinkan perusahaan untuk menerapkan AI di lokasi),\” kata bank tersebut.

Broadcom termasuk dalam kelompok produsen semikonduktor yang telah didorong oleh kegilaan kecerdasan buatan, karena chip mereka digunakan untuk menggerakkan perangkat lunak yang mendasarinya. $3,1 miliar penjualan selama kuartal kedua tahun fiskal terkait dengan produk AI, kata perusahaan tersebut.

Pandangan penjualan yang kuat juga membantu Broadcom melonjak pada hari Kamis, karena perusahaan tersebut memperkirakan penjualan sebesar $51 miliar tahun fiskal ini, sedikit di atas konsensus.

MEMBACA  Saham Broadcom Menguat Berkat Klien Baru Chip AI

Bank of America melihat momentum ini akan terus berlanjut. Untuk tahun fiskal 2025, bank tersebut meningkatkan proyeksi penjualannya menjadi $59,9 miliar, atau kenaikan 16% dibanding tahun sebelumnya. Pendorong kenaikan akan menjadi penjualan semikonduktor dan VMWare milik Broadcom, sebuah perusahaan perangkat lunak yang diakuisisi tahun lalu.

\”Kedua, kami mencatat pembayaran utang AVGO ($8 miliar+ setiap tahun) yang dapat menciptakan lebih banyak ruang untuk akuisisi lebih lanjut tahun depan. Ketiga, pertumbuhan FCF dua digit pada FY24 dapat memungkinkan kenaikan dividen sebesar 10% lagi menjelang akhir FY,\” tulis para analis.

Jika target harga Bank of America tercapai, itu akan menempatkan Broadcom di antara kelompok saham eksklusif dengan kapitalisasi pasar triliun dolar. Anggota terbaru dari klub tersebut adalah Nvidia, pemimpin semikonduktor yang terangkat ke valuasi yang sangat tinggi, berkat peran sentralnya dalam gelombang AI.

Nvidia telah melesat lebih tinggi belakangan ini, bergabung dengan Microsoft dan Apple di level $3 triliun.

Baca artikel asli di Business Insider