Perang Rusia-Ukraina: Daftar peristiwa kunci, hari 840 | Berita Perang Rusia-Ukraina

Saat perang memasuki hari ke-840, inilah perkembangan utamanya.

Ini situasinya pada hari Jumat, 14 Juni 2024.

Pertempuran

Militer Ukraina mengatakan pasukannya sedang bertempur sengit di dekat Chasiv Yar, permukiman bukit strategis di Donetsk, dan situasinya \”tegang\”. Seorang warga sipil tewas lebih jauh di selatan di garis depan dekat Pokrovsk, sementara seorang pria lain tewas ditembak oleh pasukan Rusia di wilayah Kherson selatan.
Jurnalis Rusia Valery Kozhin, yang bekerja untuk saluran televisi NTV milik negara Rusia, tewas dalam pengeboman Ukraina di sebuah desa yang diduduki Rusia di wilayah Donetsk, lapor agensi berita Rusia, mengutip wali kota kota Horlivka di dekat tempat kejadian. NTV sebelumnya melaporkan bahwa tiga stafnya, termasuk Kozhin, terluka dan dibawa ke rumah sakit.
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan kemajuan Rusia di wilayah Kharkiv timur Ukraina melambat dan garis depan stabil setelah beberapa sekutu mengangkat batasan terhadap penggunaan senjata yang didonasikan oleh Kyiv di dalam wilayah Rusia.

Politik dan diplomasi

Kelompok Tujuh (G7) negara yang berkumpul di Italia setuju untuk memberikan dukungan keuangan sebesar $50 miliar kepada Ukraina pada akhir tahun, kata Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni. Kesepakatan tersebut akan didanai dari keuntungan aset Rusia yang dibekukan.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menandatangani perjanjian keamanan bilateral 10 tahun yang bertujuan untuk memperkuat pertahanan Ukraina terhadap invasi Rusia dan mendekatkan Ukraina ke keanggotaan NATO.
Ukraina juga menandatangani perjanjian keamanan 10 tahun dengan Jepang. “Pada 2024, Jepang akan memberikan Ukraina $4,5 miliar dan akan terus mendukung kami selama 10 tahun penuh perjanjian ini,” kata Zelenskyy pada X. Kesepakatan ini, tambahnya, memperkirakan bantuan keamanan dan pertahanan, bantuan kemanusiaan, kerja sama teknis dan keuangan.
Badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa UNHCR mengatakan dalam laporan tahunannya bahwa sekitar 750.000 orang menjadi pengungsi baru di dalam Ukraina tahun lalu akibat invasi penuh skala Rusia, dengan total 3,7 juta orang yang terdaftar sebagai pengungsi internal hingga akhir 2023. Jumlah pengungsi dan pencari suaka Ukraina meningkat lebih dari 275.000 menjadi enam juta, katanya.
Organisasi hak asasi manusia Global Rights Compliance mengatakan dalam laporan bahwa pasukan Rusia dengan sengaja menggunakan kelaparan warga sipil sebagai taktik militer selama pengepungan 85 hari terhadap kota Ukraina Mariupol pada tahun 2022. Laporan tersebut menemukan pasukan Rusia “secara sistematis menyerang objek yang sangat penting untuk kelangsungan hidup penduduk sipil” seperti makanan, air, energi, dan akses ke layanan kesehatan, dan juga memotong jalur evakuasi dan menghalangi bantuan kemanusiaan masuk.
Jaksa Rusia mengatakan mereka akan mengirimkan Evan Gershkovich, seorang reporter Wall Street Journal yang ditahan pada Maret 2023, untuk diadili, menuduh pria 32 tahun itu mengumpulkan informasi untuk CIA AS tentang pabrik tank Rusia. Gershkovich, yang ditahan dalam tahanan, telah membantah melakukan kesalahan. Majikannya mengatakan tuduhan itu “palsu dan tanpa dasar” dan dibangun di atas kebohongan. Biden menyebut penahannya “benar-benar ilegal”. Jaksa tidak mengatakan kapan persidangan akan dimulai.

MEMBACA  Donald Trump akan mendapatkan bonus saham Trump Media senilai $1.3 miliar jika saham tidak turun hari ini

Hakim dalam persidangan sutradara Zhenya Berkovich dan penulis drama Svetlana Petriychuk, dua tokoh utama teater Rusia, menyetujui permintaan jaksa untuk menutup persidangan kepada publik dan media atas “ancaman” yang tidak ditentukan kepada saksi. Kedua orang itu ditangkap pada Mei tahun lalu dan dituduh “membenarkan terorisme” atas produksi mereka dari sebuah drama yang memenangkan penghargaan tentang wanita Rusia yang menikahi pejuang Negara Islam. Wanita-wanita itu mengaku tidak bersalah dan mengatakan drama tersebut tentang mencegah terorisme.

German Moyzhes, seorang pengacara berusia 39 tahun dengan kewarganegaraan ganda Jerman-Rusia, ditahan di Saint Petersburg dengan beberapa media independen Rusia melaporkan bahwa dia dicurigai melakukan pengkhianatan. Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan kepada agensi berita Reuters bahwa kedutaan besarnya di Moskow berada dalam kontak dengan keluarga Moyzhes. Tidak ada kabar resmi dari Rusia tentang penahanan tersebut.

Frigat Admiral Gorshkov Rusia dan kapal selam tenaga nuklir Kazan, yang didampingi oleh sebuah kapal derek dan kapal bahan bakar, tiba di Kuba untuk kunjungan lima hari yang dianggap sebagai pertunjukan kekuatan oleh Moskow di tengah meningkatnya ketegangan akibat invasi Ukraina.

Senjata

Zelenskyy mengatakan dalam konferensi pers di Italia bahwa Presiden Tiongkok Xi Jinping memberinya jaminan melalui panggilan telepon bahwa Tiongkok tidak akan menjual senjata ke Rusia. Berbicara dalam bahasa Inggris, Zelenskyy mengatakan Xi telah memberitahunya bahwa “dia tidak akan menjual senjata ke Rusia”. Zelenskyy tidak mengatakan kapan percakapan itu terjadi. Panggilan telepon terakhir yang diketahui publik antara Zelenskyy dan Xi adalah pada April 2023.
Kementerian Pertahanan Belanda mengatakan sekutu Kyiv akan mengirimkan sekitar 350 juta euro ($376,74 juta) senilai peluru 152mm ke Ukraina.
Menteri Pertahanan Kanada Bill Blair mengatakan negara itu akan mulai mengirimkan total sekitar 2.000 roket tak bersenjata berlebih ke Ukraina serta sejumlah senjata lainnya.

MEMBACA  Doa Tenggerese Indonesia untuk hujan saat perubahan iklim mengancam tanaman | Berita Krisis Iklim