Bagaimana Taman Sains Hsinchu menjadi pusat industri chip global

Jika Anda mengemudi sekitar satu jam ke selatan Taipei, Anda akan menemui salah satu lahan paling penting bagi ekonomi global. Gedung-gedung besar tersebar di Hsinchu Science Park seluas 1.400 hektar, dengan logo-logo produsen chip terbesar dan paling canggih di dunia: Taiwan Semiconductor Manufacturing Company, United Microelectronics Corporation, MediaTek. Mereka hanya beberapa dari sekitar 500 perusahaan teknologi yang menempati Park ini.

Pada tahun 1980-an, pemerintah Taiwan ingin mendirikan zona khusus yang mengkhususkan diri dalam manufaktur dan penelitian dan pengembangan untuk industri teknologi. Hsinchu Science Park awalnya menjadi pusat produksi komputer, dengan pemerintah memberikan insentif pajak dan lahan untuk menarik perusahaan-perusahaan mendirikan toko di sana. Namun, sepuluh tahun kemudian, taman ilmu pengetahuan ini berubah menjadi sesuatu yang lain: Tempat produksi semikonduktor kelas atas.

“Taman ini telah menjadi pusat upaya Taiwan untuk pertama-tama membangun kapasitas teknologi untuk memiliki industri utama, kedua melatih tenaga kerja yang dibutuhkan industri ini, dan ketiga menumbuhkan sebagian besar perusahaan kunci yang muncul di Taiwan,” kata Chris Miller, penulis Chip War: The Fight for the World’s Most Critical Technology. “Ini adalah kombinasi pendidikan dan program pelatihan yang sangat menarik dan berhasil di mana perusahaan dengan mudah bisa mendirikan diri, menemukan mitra dan tenaga kerja terampil.”

Perusahaan-perusahaan Taiwan, seperti yang berbasis di Hsinchu, memiliki pegangan erat dalam industri semikonduktor dunia. Perusahaan pembuatan chip seperti TSMC dan UMC sekarang memiliki Apple, Nvidia, dan Qualcomm sebagai pelanggan.

Pemerintah lain sekarang mencoba meniru kesuksesan itu. Baik Amerika Serikat maupun Jepang, mantan kekuatan chip, sekarang menawarkan miliaran dolar subsidi untuk manufaktur chip domestik, baik di Arizona, Ohio, atau Prefektur Kumamoto Jepang.

MEMBACA  Langkah 'tidak biasa' Reddit untuk memberikan imbalan kepada pengguna setia dalam IPO-nya bisa menguntungkan bagi Redditors

Berjalan-jalan di sekitar Hsinchu Science Park, Anda akan melihat nama-nama terbesar dalam pembuatan chip.

Ada Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), produsen chip canggih terkemuka di dunia dan perusahaan paling berharga di Asia.

Ada United Microelectronics Corporation (UMC), perusahaan semikonduktor Taiwan pertama dan salah satu produsen chip kontrak teratas di dunia.

Dan ada MediaTek, perusahaan semikonduktor ternama yang merancang chip untuk perangkat mobile dan sistem hiburan rumah.

“Jika bukan karena taman ilmu pengetahuan yang menawarkan semua infrastruktur dan lahan, banyak perusahaan teknologi mungkin tidak mungkin ada saat ini,” kata Morris Chang, pendiri TSMC, dalam acara perayaan ulang tahun ke-40 Park pada Desember 2020.

Pelatihan juga kunci kesuksesan Park ini. Park ini dekat dengan institusi yang berfokus pada industri seperti Industrial Technology Research Institute atau lembaga akademik seperti National Tsinghua University.

Hsinchu Park sekarang menyumbang sebagian besar ekonomi Taiwan. Perusahaan sirkuit terpadu melaporkan pendapatan 11,3 triliun dolar Taiwan ($363 miliar) pada tahun 2022, lebih dari 75% dari total yang dihasilkan oleh 500-an perusahaan Park. (Dalam perbandingan, total PDB Taiwan pada tahun 2022 sekitar $720 miliar).

Butuh waktu untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Park ini dikenal secara informal sebagai “chu-ker,” bentuk singkat dari “Hsinchu Science Park” dalam bahasa Mandarin. Tetapi mereka yang bekerja di sana menyebutnya dengan sebutan lain: “monga-bo,” atau kuburan dalam bahasa Taiwan.

“Jika Anda melihat ke belakang 20 tahun lalu, tidak ada pusat perbelanjaan, tidak ada bioskop. Tidak ada apa-apa di sana,” kata Lucy Chen, wakil presiden pemasaran di Isaiah Research, sebuah konsultan teknologi berbasis di Taipei.

Chen mulai bekerja di industri semikonduktor setelah mendapatkan gelar Master pada tahun 1996, sebagian besar di Lam Research, perusahaan fabrikasi wafer Amerika Serikat. Dia menghabiskan dua dekade di Hsinchu Science Park, dimulai pada akhir 1990-an. Bahkan pada saat itu, dia ingat melihat petani dalam perjalanan menuju tempat kerja.

MEMBACA  Rusia menggelar serangan udara yang mungkin menjadi salah satu yang terbesar terhadap Ukraina, kata Zelenskyy.

Dia mencatat bahwa memiliki banyak perusahaan chip begitu dekat satu sama lain adalah aset. “Setiap detik adalah uang dalam manufaktur. Jika Anda kehilangan waktu, Anda kehilangan uang,” kata Chen.

Pabrik perlu memiliki perusahaan pendukung yang dekat agar perbaikan dapat dilakukan sewaktu-waktu. Kurangnya infrastruktur transportasi berarti bahwa perusahaan, pemasok, dan perusahaan lain dalam ekosistem chip semuanya harus berada di lokasi yang sama.

Pemerintah lain berusaha menciptakan daerah semikonduktor mereka sendiri: pemerintah Amerika Serikat, Tiongkok daratan, dan Jepang, hanya untuk beberapa nama, sedang menginvestasikan secara besar-besaran dalam manufaktur semikonduktor domestik. Pemerintah Taiwan juga berusaha meniru model taman industri di seluruh pulau; investasi terbaru TSMC dalam manufaktur chip canggih berada di bagian tengah dan selatan pulau.

Namun, Hsinchu tetap menjadi pusat industri chip Taiwan dan dunia.

“Keberhasilan melahirkan keberhasilan,” kata Miller. “Semakin besar dan dalam ekosistemnya, semakin mudah bagi perusahaan untuk berhasil.”