Atos memilih rencana restrukturisasi Onepoint sebagai pukulan bagi Daniel Křetínský

Membuka Editor’s Digest secara gratis

Perusahaan layanan IT asal Perancis yang bermasalah, Atos, telah memilih rencana restrukturisasi yang dipimpin oleh pemegang saham terbesarnya, Onepoint, daripada proposal saingan dari miliarder Ceko Daniel Křetínský.

Grup yang terdaftar di Paris mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka akan bekerja dengan konsorsium yang dipimpin oleh Onepoint, sebuah konsultan IT yang didirikan oleh David Layani, dan seorang mediator yang ditunjuk oleh pengadilan untuk menyelesaikan kesepakatan pada bulan depan.

Layani dan Křetínský telah berbulan-bulan bersaing untuk mengendalikan Atos, mantan bintang industri teknologi Perancis yang telah kesulitan bertahan di bawah beban utang €4,8 miliar. Saham grup tersebut telah ambruk selama tiga tahun terakhir.

Dalam proposal dari konsorsium Onepoint, sekitar €2,9 miliar utang akan dikonversi menjadi ekuitas sementara €250 juta dana baru juga akan disuntikkan ke perusahaan. Sekitar €1,5 miliar utang baru juga akan disediakan, termasuk €300 juta jaminan bank.

Menjelaskan keputusannya untuk mengejar proposal Onepoint, Atos mengatakan bahwa mereka mendapat dukungan dari kreditornya dan “karenanya memberikan keyakinan yang lebih besar bahwa kesepakatan restrukturisasi keuangan yang definitif akan dicapai”.

“Hari ini adalah tonggak penting dalam proses restrukturisasi keuangan kami. Sebuah solusi telah muncul, yang sejalan dengan kepentingan para pemangku kepentingan perusahaan, terutama karyawan dan klien kami,” kata Ketua Atos Jean-Pierre Mustier.

MEMBACA  Pembukaan box office 'Bagian Dua' memicu minat pada 'Bagian Tiga'