goY sNt 2Go aDD Mju djj EfP sb YkG RU

Asisten keamanan nasional Biden, John Kirby, mendapatkan peran yang lebih luas Menurut Reuters

© Reuters. White House National Security Council Strategic Communications Coordinator John Kirby berbicara dalam konferensi pers di Gedung Putih, Washington, AS, 28 November 2022. REUTERS/Kevin Lamarque/File Photo

Oleh Steve Holland

WASHINGTON (Reuters) – John Kirby, juru bicara keamanan nasional teratas Presiden Joe Biden, akan mendapatkan promosi dan peran yang diperluas di Gedung Putih, kata seorang pejabat AS kepada Reuters pada hari Minggu.

Kirby, yang dalam beberapa tahun terakhir telah bertugas sebagai juru bicara teratas di Pentagon dan Departemen Luar Negeri, akan mendapatkan gelar baru – penasihat komunikasi keamanan nasional Gedung Putih – dan akan dinaikkan pangkatnya menjadi asisten presiden dari asisten deputi.

Ia akan bertanggung jawab atas koordinasi komunikasi keamanan nasional di berbagai lembaga, kata pejabat tersebut.

Kirby akan mengawasi tim terpisah dari kantor pers Dewan Keamanan Nasional, yang akan melanjutkan operasi konferensi pers harian seperti biasa. Tim tersebut dipimpin oleh juru bicara utama Adrienne Watson.

Kirby telah menjadi salah satu wajah paling terlihat dari Gedung Putih Biden, sering kali bergabung dengan podium untuk memberikan briefing bersama juru bicara Karine Jean-Pierre tentang masalah keamanan nasional, terutama sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober dan serangan Israel terhadap Gaza yang kemudian terjadi.

Penampilannya di ruang briefing akan terus berlanjut, sejalan dengan dominasi isu keamanan nasional pada hari itu, kata pejabat tersebut.

Anita Dunn, seorang penasihat senior Biden, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pengalaman keamanan nasional tingkat tinggi selama beberapa dekade dan wawasan strategis yang jelas membuat Kirby menjadi seorang komunikator dan penasihat yang sangat berharga dalam tim ini.

“Presiden Biden bangga memiliki John yang memimpin koordinasi pesan keamanan nasional di seluruh pemerintahan saat kami terus membuat kasus yang kuat untuk kepentingan keamanan nasional kita di dalam negeri dan di dunia,” kata Dunn.

MEMBACA  Menghabiskan Uang Lebih Banyak pada Kepolisian Tidak Menunjukkan Hubungan yang Jelas dengan Tingkat Kejahatan yang Lebih Rendah

Kirby, seorang laksamana pensiunan Angkatan Laut AS, telah menjadi koordinator komunikasi strategis Dewan Keamanan Nasional sejak ia dipindahkan dari Pentagon pada tahun 2022.

Dalam struktur baru ini, ia akan merekrut staf kecil yang bertugas membantunya menyelaraskan pesan pemerintahan tentang isu keamanan nasional.